Hari Dharma Samudera – 15 Januari – Mengenang Pertempuran Laut Aru

5/5 - (2 votes)

Hari Dharma Samudera – 15 Januari menjadi salah satu hari penting bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi para pemerhati sejarah kemaritiman. 15 Januari merupakan peringatan kepahlawanan, yaitu Hari Dharma Samudera.

Sebagian besar masyarakat pasti awam dengan peringatan ini, namun ternyata asal mula peringatan Dharma Samudera berkaitan dengan sejarah yang penting, yaitu masih ada kaitan dengan tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah Hari Dharma Samudera

Pada tanggal 15 Januari 1962, terjadi pertempuran di perairan Indonesia, tepatnya di kawasan laut Arafuru. Di perbatasan antara lautan Indonesia dengan Filipina tersebut, terjadi pertempuran yang melibatkan 3 kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut.

Ketiga kapal tersebut adalah kapal perang Macan Tutul, kapal perang Harimau, dan kapal perang Macan Kumbang. Sedangkan yang menjadi lawannya adalah kapal perang kerajaan Belanda dengan teknologi yang lebih modern.

Setelah 12 tahun Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pun, Belanda masih berusaha menyerang kedaulatan Indonesia. Para prajurit TNI AL yang cinta tanah air air tidak rela kedaulatan NKRI diganggu. Di bawah komando Komodor Yos Sudarso yang pada saat itu menjabat sebagai Deputi Kasal, prajurit TNI AL dengan gagah berani melawan Belanda.

Namun karena teknologi kapal perang Indonesia yang masih berada di bawah kapal perang kerajaan Belanda, maka beberapa prajurit TNI AL terpaksa harus gugur dalam pertempuran, termasuk Komodor Yos Sudarso. Semua prajurit yang gugur dalam pertempuran ini dikenang sebagai pahlawan kusuma bangsa yang rela dengan sepenuh hati mengorbankan jiwa raga menjaga kedaulatan NKRI.

baca juga:  Hutan Pantai - Pengertian, Ciri, Formasi & Manfaat

Peringatan Hari Dharma Samudera

Untuk menghormati dan mengenang jasa para prajurit TNI AL yang gagah berani berjuang mempertahankan kedaulatan negara pada 15 Januari 1962, maka setiap tahun pada tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Dharma Samudra.

Dharma Samudera rasilnews.com

Hingga kini, prajurit TNI AL memperingati hari tersebut dengan khidmat. Secara rutin diadakan upacara penghormatan serta doa bersama bagi pahlawan yang telah gugur.

Sebagai warga negara yang juga mencintai bangsa, kita juga bisa berpartisipasi memperingati Hari Dharma Samudera dengan mendoakan dan memberi kontribusi penting untuk perkembangan negara di masa yang akan datang. Selain itu, kita juga akan mendapat manfaat berupa pengetahuan akan wawasan nusantara yang lebih luas.