Hari Gunung Internasional – 11 Desember, Jaga Pilar Dunia!

4.2/5 - (4 votes)

Salah satu bentang alam Indonesia adalah gunung, meliputi gunung berapi aktif dan tidak aktif. Berdasarkan data, setidaknya ada 129 gunung aktif dimana 79 diantaranya pernah meletus dimasa lalu. Sedangkan sebanyak 26 buah berada dalam kondisi slofatara dan furmola, serta 21 lainya masuk kategori sulfara karena kepundan gunung tidak jelas.

Berkaitan dengan gunung-gunung di dunia, ada satu peringatan setiap tanggal 11 Desember, yaitu Hari Gunung Internasional. Hari ini diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Majelis Umum PBB tahun 2003.

Dengan diresmikannya Hari Gunung Internasional, setiap 11 Desember PBB mendukung komunitas global dari seluruh level untuk fokus akan pelestarian dan keberlangsungan gunung yang ada di seluruh dunia. Tentu saja Indonesia turut berkontribusi akan kegiatan ini, mengingat wilayah Indonesia merupakan kawasan ring of fire dengan gunung-gunung api aktif diberbagai tempat.

Latar Belakang Hari Gunung Internasional

Kawasan pegunungan adalah tempat tinggal bagi 15% populasi masyarakat dunia dan seperempat satwa dan tumbuhan di muka bumi. Dari pegunungan semua makhluk hidup mendapatkan air bersih setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan dasar, seperti membersihkan diri, minum, memasak, mencuci, dan lain-lain. Konservasi gunung adalah kunci penting dari keberlangsungan hidup dunia.

baca juga:  Pemanasan Global - Pengertian, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasi
hari gunung internasional Twitter @WWF_ID

Sayangnya, kondisi gunung di seluruh dunia saat ini berada dalam ancaman akibat eksploitasi yang berlebihan dan perubahan iklim. Disamping itu, perubahan iklim juga membuat orang-orang yang hidup di pegunungan menghadapi berbagai kesulitan untuk sekedar bertahan hidup.

Naiknya temperatur juga membuat lapisan salju abadi di gunung meleleh dalam level yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini berakibat langsung pada ketersediaan air bersih untuk miliaran manusia.

Isu ini adalah masalah besar yang harus disadari semua warga dunia tanpa terkecuali. Untuk mengatasinya, maka diperlukan peran aktif dari warga dunia secara kolektif. Oleh sebab itu, maka PBB merasa perlu untuk meresmikan Hari Gunung Internasional.

Melestarikan Gunung di Hari Gunung Internasional

Sangat penting bagi setiap individu untuk berperan dalam Hari Gunung Sedunia. Gunung memiliki beragam peran penting bagi manusia, antara lain:

  1. Sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap makhluk hidup.
  2. Mengurangi risiko bencana akibat perubahan iklim.
  3. Sumber pemasukan di bidang pariwisata. Pegunungan menjadi sumber pariwisata global sebesar 15 hingga 20%. Asal pengelolaan dilakukan dengan baik dan tidak dieksploitasi secara berlebihan, maka daerah pegunungan bisa tetap menjadi sumber pemasukan.
  4. Sumber mendapatkan bahan makanan bagi makhluk hidup. Khususnya bagi manusia, karena ada banyak bahan makanan yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi.

Selain itu, gunung masih punya banyak manfaat lainnya. Maka dari itu, gunung harus terus dijaga dan dilestarikan agar tetap memberikan persediaan pasokan kehidupan bagi makhluk hidup di dunia.