Hari Kanker Sedunia – 4 Februari

Setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Peringatan ini ditetapkan secara khusus untuk meningkatkan kesadaran warga dunia tentang penyakit kanker.

Kanker dianggap sebagai salah satu penyakit mematikan, sehingga banyak orang yang khawatir dengan penyakit ini. Meski begitu, masih banyak diantara kita yang tidak mau belajar lebih detail mengenai apa penyebabnya, cara pencegahannya, deteksi dini kanker, perawatan serta proses penyembuhannya.

Union for International Cancer Control (UICC) adalah pengusul dicetuskannya peringatan Hari Kanker Sedunia agar semua orang mau belajar lebih tentang kanker. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi munculnya penyakit kanker, sekaligus mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh kanker.

Sejarah Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia pertama kali diperingati pada 4 Februari 2000 pada sebuah kegiatan bernama World Cancer Summit Against Cancer for the New Millenium yang diselenggarakan di Paris, Prancis.

world cancer day indianexpress.com

Pada saat itu dibentuk The Charter of Paris Against Cancer untuk mempromosikan riset lebih luas tentang kanker, cara mencegah kanker, dan layanan yang lebih baik untuk pasien kanker.

Di saat yang sama, penetapan Hari Kanker Sedunia juga turut ditandatangani oleh Direktur Umum UNESCO, Koichiro Matsuura dan Presiden Prancis, Jacques Chirac yang menjabat pada masa itu.

Tujuan Hari Kanker Sedunia

Para pegiat kanker menargetkan pada beberapa hal, diantaranya adalah meluruskan kesalahpahaman tentang kanker, meningkatkan kesadaran akan berbagai fakta seputar penyakit kanker, dan mengurangi stigma masyarakat terhadap penyakit dan pasien kanker.

Berbagai macam kegiatan dilakukan di seluruh dunia untuk memberi dukungan pada pasien kanker agar mereka tetap berpikiran positif dan memiliki semangat untuk sembuh. Salah satu bentuk kegiatannya adalah #NoHairSelfie atau berswafoto dengan rambut tercukur.

Kegiatan ini dilakukan agar pasien kanker yang menjalani perawatan kemoterapi dan terpaksa kehilangan rambut tidak merasa rendah diri. Dengan demikian, mereka akan lebih termotivasi untuk sembuh sepenuhnya.

Selain itu, masih banyak kegiatan lain yang berbeda-beda di berbagai negara. Semua dilakukan untuk mendukung pasien dan petugas kesehatan yang mendedikasikan diri mereka melawan penyakit ini.

Hasil Peringatan Hari Kanker Sedunia

Dengan diperingatinya hari tersebut, berbagai negara mulai membentuk komunitas khusus untuk kanker, baik bekerja sama dengan pemerintah maupun mandiri. Setiap tahun di tanggal 4 Februari ada lebih dari 900 kegiatan di lebih dari 100 negara.

berita kanker Pixabay

Bahkan Hari Kanker Sedunia sering menjadi Trending topic di Twitter. Kondisi ini menujukkan bahwa kesadaran masyarakat dunia akan kanker sudah mulai meningkat.

Cara Mendukung Hari Kanker Sedunia

Kita bisa mendukung kegiatan ini mulai dari menjaga kesehatan diri sendiri. Misalnya mengonsumsi makanan yang sehat, hindari merokok dan berolahraga secara teratur merupakan salah satu cara untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker.

Selain itu, kita dapat berkontribusi untuk berbagai pengumpulan dana untuk donasi untuk pasien kanker yang digalang oleh organisasi resmi dari pemerintah.