Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional – 28 April

5/5 - (1 vote)

Tanggal 28 April merupakan peringatan Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional. Kampanye peringatan ini dilakukan setiap tahun guna meningkatkan kesadaran publik akan adanya kekerasan dan pelecehan serta insiden yang merugikan kesehatan pekerja di tempat kerjanya.

Untuk mengurangi dan mencegah terjadinya masalah serupa, tanggal 28 April didedikasikan sebagai Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional.

Meskipun hari peringatan tersebut hanya berlangsung selama 1 hari, tetapi solidaritas terhadap sesama pekerja secara global dan mendukung perlakuan yang manusiawi dan keadilan di tempat kerja harus dilakukan secara berkelanjutan.

Latar Belakang Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional

Tidak sedikit penduduk dunia yang harus melakukan pekerjaan ekstrem dengan risiko yang sangat berbahaya, bahkan hingga potensi merenggut nyawa. Banyak pekerja yang harus tewas di tempat kerja atau mengidap penyakit tertentu yang disebabkan oleh risiko pekerjaan.

Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional summarecon.com

Perusahaan yang baik akan memberikan kompensasi yang setimpal dan ke depannya berusaha memperbaiki sistem. Namun tak sedikit perusahaan yang tidak mau bertanggungjawab.

Meskipun sebagai pekerja yang menggantungkan hidupnya pada perusahaan sebagai penyedia kerja, setiap pekerja punya hak untuk dilindungi. Keselamatan kerja dan kesehatan pekerja menjadi tanggungjawab perusahaan selama mereka bekerja. Namun nyatanya masih banyak pekerja yang belum memiliki pengetahuan mendalam tentang hal ini.

baca juga:  Hari Emisi Nol - 21 September

Oleh sebab itu perlu dibuat hari khusus untuk mengingat perlunya menuntut hak kesehatan dan keselamatan pekerja di seluruh dunia. Diharapkan agar pekerja semakin cerdas dan berwawasan sehingga paham betul hak dan kewajibannya. Sementara pemilk usaha diharapkan bisa memperlakukan pekerja mereka dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

Pengakuan Skala Internasional

Hari Kesehatan dan keselamatan Kerja Internasional secara resmi diadakan pada tahun 2002. Tetapi jauh sebelum itu, peringatan hari yang menyangkut hak dan kewajiban pekerja sudah dilakukan di seluruh dunia. Serikat pekerja di banyak negara di Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika Utara telah menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait hal ini sejak tahun 1989.

Organisasi Buruh Internasional (ILO) yang berada di bawah PBB dan Konfederasi Serikat Perdagangan Internasional (ITUC) telah mengakui 28 April sebagai Hari Peringatan Pekerja Internasional. Sejak tahun 1996, tema tahunan untuk memperingati tanggal 28 April sudah mulai dilakukan.

Hingga akhirnya pada tahun 2001, ILO dan PBB mengukuhkan tanggal 28 April sebagai Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional. Kemudian tahun 2002 menjadi tahun pertama diperingatinya hari tersebut.

Peran Pemerintah, Pengusaha, dan Pekerja

Dengan diperingatinya Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional, diharapkan masing-masing pihak mampu menjalankan perannya sebagai berikut:

  1. Pemerintah menyediakan undang-undang dan layanan khusus untuk menegakkan hukum dan kebijakan yang menjamin perlindungan bagi pekerja
  2. Pengusaha menyediakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, serta menjamin perlindungan hak-hak pekerja
  3. Pekerja untuk bekerja dengan aman dan mampu melindungi diri sendiri dan orang lain, paham akan hak-hak mereka dan menjalankan aturan kerja yang aman
baca juga:  Negara Maju - Pengertian, Ciri, Indikator dan Daftar Negara Maju di Dunia