Hari Kura-Kura Sedunia – 23 Mei

Kura-kura adalah salah satu hewan reptil dengan jangka hidup terlama di dunia. Contohnya adalah kura-kura bernama Adwaita yang hidup di Alipore Zoo, India. Diperkirakan kura-kura ini telah berusia lebih dari 250 tahun.

Hewan dengan keistimewaan ini pun juga memiliki hari peringatan tersendiri, yaitu Hari Kura-Kura Sedunia yang diperingati setiap 23 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini pertama kali dilakukan pada tahun 2000 oleh sebuah organisasi pecinta penyu dan kura-kura asal Amerika bernama American Tortoise Rescue.

Kampanye Hari Kura-Kura Sedunia bertujuan untuk menarik perhatian warga dunia mengenai keberadaan kura-kura dan penyu, meningkatkan pengetahuan dan menghargai eksistensi kura-kura dan penyu di dunia.

Tujuan selanjutnya adalah diharapkan kontribusi berbagai pemerintahan negara, organisasi pecinta lingkungan, komunitas, maupun individu untuk bersedia membantu kura-kura dan penyu bertahan hidup dan menyelamatkan spesies ini dari ancaman kepunahan.

Latar Belakang Hari Kura-Kura Sedunia

Alasan utama kampanye Hari Kura-Kura Sedunia adalah keprihatinan kan populasinya yang terus berkurang setiap tahun. Hal ini disebabkan karena rusaknya habitat asli kura-kura dan penyu yang diakibatkan oleh kegiatan manusia.

Alasan lainnya adalah meningkatnya permintaan kura-kura dan penyu sebagai bahan makanan dan perdagangan kura-kura sebagai hewan peliharaan.

Selain permasalahan yang disebabkan oleh manusia, ada juga penyebab alami menurunnya populasi kura-kura dan penyu. Masalah tersebut adalah rendahnya harapan hidup bayi dan telur penyu. Hal ini dikarenakan predator di sekitar yang siap memangsa, seperti burung hantu, rakun, atau rubah.

Oleh sebab itu, selama proses pengeraman sampai menetas dan pertumbuhan, sangat penting dilakukan di penangkaran agar dibantu oleh manusia. Dengan cara ini, kura-kura dan penyu diharapkan tidak akan punah selama 50 tahun ke depan.

Kenapa Memilih Mei Sebagai Hari Kura-Kura Sedunia?

Kenapa harus bulan Mei? Ternyata pada bulan Mei, kura-kura dan penyu mengalami masa paling sibuk. Di masa ini, kura-kura dan penyu bangun dari tidur atau hibernasi mereka di musim dingin, kemudian secara naluriah mereka mulai mencari pasangan, lalu memilih pantai untuk menyimpan telur.

world turtle day carleton.ca

Oleh karena itu, bulan Mei dirasa tepat sebagai momen untuk mengkampanyekan kura-kura di seluruh dunia.

Perayaan Hari Kura-Kura Sedunia

Segala hal yang berkaitan dengan peringatan Hari Kura-Kura Sedunia bisa didapatkan di www.worldturtleday.org yang merupakan situs resmi tentang kampanye ini. Pengunjung bisa mendapatkan ide untuk membantu pelestarian kura-kura dan penyu di negaranya masing-masing.

Selain itu, pengunjung situs juga bisa membantu dengan melakukan donasi. Biaya yang terkumpul akan digunakan untuk menyelamatkan kelahiran kura-kura dan penyu, merawat mereka sampai tiba saatnya mereka siap dilepas kembali ke habitatnya.

Kegiatan Mendukung Hari Kura-Kura Sedunia

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung kegiatan positif ini, antara lain:

  1. Mengikuti aktivitas melepas penyu ke pantai, yang diselenggarakan di beberapa tempat di indonesia
  2. Ikut menyelamatkan penyu yang tertangkap
  3. Tidak menjadikan kura-kura dan penyu sebagai binatang peliharaan
  4. Tidak membuang sampah sembarangan ke laut, karena sampah plastik yang menyerupai ubur-ubur bisa dimakan oleh penyu dan sangat membahayakan tubuhnya