Hari Lingkungan Hidup Sedunia – 5 Juni

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Peringatan yang berisi tentang kampanye lingkungan hidup ini diresmikan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya aksi melindungi lingkungan hidup. Lingkungan hidup adalah milik masyarakat dunia, maka pelestarian lingkungan harus dilakukan secara bersama-sama.

Lingkungan hidup merupakan suatu kesatuan makhluk hidup yang meliputi komponen abiotik serta biotik atau meliputi benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, sehingga mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1974. Sebenarnya aksi untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya menjaga lingkungan hidup tidak hanya dilakukan pada peringatan ini. Sebab, ada banyak organisasi atau komunitas yang menjalankannya di momen yang berbeda.

Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia

PBB meresmikan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia di hari pertama Konferensi Lingkungan Manusia (Stockholm Conference on the Human Environment) yang diselenggarakan di Stockholm, Swedia, pada tahun 1972. Tanggal tersebut dipilih melalui hasil diskusi tentang hubungan antara kehidupan manusia dan lingkungan hidup.

PBB merasa perlu memperingati hari ini karena kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup sebagai habitat manusia. Kenyataan bahwa sebagian penduduk dunia tidak merasa ikut bertanggungjawab untuk melestarikan lingkungan dan justri berkontribusi merusak lingkungan hidup tentu sangat memprihatinkan.

Banyak aktivis lingkungan hidup di seluruh dunia yang telah berusaha memperbaiki keadaan dengan mengampanyekan pentingnya menjaga lingkungan. Tetapi karena kegiatan yang dilakukan tidak terpadu dan hanya dilakukan oleh segelintir orang atau bahkan individu, maka dampak yang dirasakan tidak begitu terasa.

Dengan adanya Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diresmikan oleh PBB, diharapkan dapat membawa perubahan dan efek positif yang jauh lebih besar dan signifikan.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Meski diresmikan sejak tahun 1972, tapi perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1974. Awalnya perayaan dilakukan di negara masing-masing dengan mengusung tema seragam yang telah disepakati sebelumnya. Kemudian diusulkan agar setiap tahunnya perayaan diadakan di negara-negara berbeda dengan menentukan tuan rumah penyelenggara.

hari lingkungan hidup cgtn.com

Akhirnya ide tersebut diwujudkan pada tahun 1987. Di tahun tersebut untuk pertama kalinya diadakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang terpusat di negara tuan rumah. Meski demikian, setiap negara tetap bebas mengadakan kegiatan sendiri khusus untuk mempromosikan pelestarian lingkungan hidup di negaranya masing-masing.

Di hari tersebut, kesadaran publik akan lingkungan hidup lebih ditingkatkan. Lingkungan hidup mencakup hal yang sangat luas, maka tema yang diangkat pun sangat beragam. Beberapa contohnya adalah mengurangi polusi air laut, perubahan iklim, pemanasan global, kelebihan populasi, penggunaan emisi gas karbon, polusi udara, polusi plastik, dan masih banyak lagi.

Dukungan Tokoh Nasional dan Internasional

Pelestarian lingkungan hidup sangat terbantu oleh dukungan PBB. Bukan hanya itu, dukungan tokoh terkemuka juga sangat penting. Tokoh yang dikenal oleh masyarakat luas akan lebih mudah mempromosikan gerakan ini, terutama jika tokoh tersebut menjadi panutan banyak orang, misalnya selebriti.

world environment day apeksi.id

Baik selebriti nasional maupun internasional, keduanya sama-sama memiliki pengaruh besar dalam menyukseskan pelestarian lingkungan hidup secara global. Puteri Indonesia 2015, Nadine Chandrawinata yang dikenal peduli terhadap lingkungan adalah salah satunya.

Selain itu, dukungan presiden di Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga sangat penting. Seperti yang dilakukan Perdana Menteri India di perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2015, ia menanam pohon di kediaman resminya.

Ada juga beberapa selebriti taraf internasional yang dikenal sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Misalnya Leonadro DiCaprio, Natalie Portman, Olivia Wilde, Gisele Bundchen, Mark Ruffalo, Emma Watson, dan lain-lain.

Mereka memiliki pengaruh besar untuk mengajak para penggemarnya agar lebih peduli terhadap lingkungan. Perubahan sekecil apa pun yang dilakukan menuju lingkungan yang lebih baik jika dilakukan secara serempak maka dampaknya akan besar.

Kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Media Sosial

Jika dahulu media yang digunakan untuk berkampanye hanya sebatas media cetak, radio, dan televisi, maka saat ini promosi juga bisa dilakukan di media sosial. Cara ini dianggap lebih efektif dan dapat menjangkau lapisan masyarakat dari segala usia dan latar belakang.