Hari Meteorologi Sedunia – 23 Maret

Pada tanggal 23 Maret 1950 dibentuk organisasi khusus yang membidangi meteorologi, bernama World Meteorological Organization. Hari dibentuknya organisasi tersebut kemudian juga diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia.

Organisasi meteorologi tersebut secara berkala merencanakan dan mengumumkan slogan untuk peringatan Hari Meteorologi Sedunia setiap tahunnya. Peringatan ini diikuti oleh negara-negara anggota World Meteorological Organization.

Hari Meteorologi Sedunia adalah salah satu hari peringatan yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tujuan dari pendiriannya adalah agar warga dunia mengetahui kontribusi yang telah dibuat oleh National Meteorological and Hydrological Services untuk keamanan dan kesejahteraan hidup penduduk dunia.

Sejarah Hari Meteorologi Sedunia

PBB membentuk World Meteorological Organization (WMO) yang fokus terhadap bidang meteorologi, hidrologi, operasional, dan geofisika. Namun sebenarnya jauh sebelum organisasi ini dibentuk, telah ditandatangani Konvensi Meter pada tanggal 20 Mei 1875 oleh perwakilan 17 negara.

world meteorological day adda247.com

Konvensi Meter ditandangani pada Kongres Meteorologi Internasional pertama. Di dalamnya berisi kerangka kerja yang dilakukan secara global mengenai ilmu pengukuran dan aplikasinya di bidang industri, komersial, dan kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah tercipta keseragaman pengukuran di seluruh dunia.

Kongres Meteorologi Internasional juga bertujuan untuk membangun jaringan meteorologi yang dihubungkan dengan telegraf agar prakiraan cuaca dapat dilakukan lebih akurat.

Kemudian di tahun 1950 dibentuk organisasi yang lebih terpadu di bawah naungan PBB. Diharapkan dengan dibentuknya WMO, kegiatan yang berkaitan dengan meteorologi berjalan lebih baik, sehingga prakiraan cuaca bisa ditingkatkan dan dapat membantu kehidupan manusia di seluruh dunia.

Hal Terkait Meteorologi

Ada banyak permasalahan berkaitan dengan meteorologi. Sebelum ilmu ini dikenal, manusia sulit memperkirakan cuaca dan iklim. Dengan prakiraan cuaca, diharapkan penduduk dunia bisa lebih siap dalam menjalankan kehidupan mereka. Apakah hari-hari tertentu akan cerah, berangin kencang, hujan, badai, gempa, dan lain-lain. Jika informasi prakiraan cuaca lebih akurat, maka beberapa bencana atau kondisi tertentu bisa dihindari.

hari meteorologi latestly.com

Mempelajari matahari dan bumi dengan kaitannya kondisi cuaca, air dan hubungannya dengan iklim, memahami kondisi awan, dan perubahan iklim termasuk ke dalam meteorologi. Dengan perubahan iklim yang terjadi beberapa tahun belakangan ini, WMO tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus bekerja sama dengan organisasi lainnya yang bersinggungan dengan lingkungan hidup.

WMO bisa menjadi sumber yang tepat untuk mendapat informasi mengenai perubahan iklim dan fenomena yang berkaitan dengan cuaca, untuk kemudian berkoordinasi dengan organisasi lainnya dalam mencegah perubahan iklim lebih lanjut.

Kegiatan di Hari Meteorologi Sedunia

Tema berbeda dibuat setiap tahunnya dan diumumkan di situs resmi WMO. Setiap negara bisa menyelenggarakan berbagai aktivitas sesuai dengan tema yang ditentukan demi meningkatkan pengetahuan masyarakat akan ilmu meteorologi.