Hari Ozon Sedunia – 16 September

Dalam rangka memperingati Hari Ozon Internasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim yang menjadi Perwakilan Nasional (National Focal Point) pada Protokol Montreal menggagas deklarasi komitmen bersama melindungi lapisan ozon.

Indonesia adalah salah satu negara yang melakukan pembatasan produksi dan konsumsi Bahan Perusak Ozon (BPO) melalui ratifikasi Protokol Montreal 1992. Pemerintah sadar akan pentingnya upaya perlindungan lapisan ozon yang semakin menipis karena gangguan keseimbangan alam yang berpengaruh pada pembentukan dan penguraian ozon di lapisan stratosfer.

Apa Itu Ozon dan Fungsinya

Ozon adalah molekul yang terdirI dari tiga atom oksigen (O3) yang berada pada lapisan stratosfer, yakni lapisan bumi pada ketinggian 10 hingga 50 km di atas permukaan bumi yang jumlah sekitar 90%.

pemanasan global nasa.gov
pe

Ozon yang terdapat pada lapisan stratosfer terkonsentrasi membentuk lapisan yang berfungsi menyaring radiasi sinar UV-B dari sinar matahari yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Contohnya pada manusia, paparan sinar UV-B dapat menyebabkan katarak dan kanker kulit.

Bahan Perusak Ozon (BPO)

Pengendalian terhadap bahan kimia perusak ozon terus dilakukan oleh pemerintah Indonesia, beberapa jenis BPO yang penggunaannya dilarang antara lain Chlorofluorocarbons (CFC), halon, karbon tetraklorida, dan metil kloroform. Sedangkan bahan perusak ozon lain yang saat ini masih digunakan dengan aturan dan pengendalian tertentu, yaitu Hydrochlorofluorocarbons (HCFC) dan Metil Bromida.

Umumnya bahan-bahan yang merusak ozon tersebut terdapat pada perangkat elektronik, seperti kulkas atau air conditioner (AC) untuk keperluan rumah tangga, kantor, hotel dan mobil. Oleh karena itu, KLHK juga telah memberikan berbagai pelatihan kepada teknisi AC agar melakukan perbaikan tanpa melepas BPO ke udara.

Kontribusi Masyarakat Mencegah Kerusakan Ozon

Bahan Perusak Ozon (BPO), seperti “BROCCOLI” (Bebas Bromine, Chlorine, dan Pro-Climate Change) umumnya mudah terbakar, beracun, dan tekanan operasinya tinggi. KLHK mengharapkan masyarakat menggunakan jasa teknisi yang bersertifikat dan memiliki kompetensi khusus untuk menangani perbaikan air conditioner (AC) agar aman serta mengurangi dampak perubahan iklim.

Sebab, lepasnya BPO ke udara dapat melalui berbagai cara, seperti saat proses produksi industri AC, produk refrigerasi dan busa, proses pencampuran pembuatan busa pada sistem terbuka, perawatan sistem pendingan, kebocoran sistem pendingin, penggunaan Halon untuk pemadam kebakaran serta pelepasan Methyl bromide akibat kegiatan fumigasi.

Peringatan Hari Ozon Internasional

Gerakan peduli ozon sedunia diperingati setiap 16 September dan Indonesia turut serta dalam serangkaian kampanye tersebut. Penetapan tanggal tersebut dilakukan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 19 Desember 1994.

Wikipedia Commons