Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia

Kekeringan adalah keadaan kekurangan pasokan air di suatu wilayah dalam kurun waktu lama, bahkan hingga bulan hingga bertahun-tahun. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, meliputi kondisi geografis, perubahan iklim serta degradasi lahan yang memperparah cadangan air tanah.

Setiap tahun pada tanggal 17 Juni diperingati sebagai Hari Penaggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia. Hari ini ditetapkan oleh PBB pada Majelis Umum PBB tahun 1994. Tujuan kampanye ini adalah untuk meningkatkan kesadaran warga dunia tentang degradasi lahan yang terjadi di seluruh dunia.

Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia

Para aktivitas lingkungan hidup memanfaatkan hari ini untuk berkampanye dengan informasi ke seluruh masyarakat dunia bahwa diprediksi pada tahun 2025 setidaknya ada 1,8 milyar penduduk bumi akan mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia Pinterest

Itu artinya ²/ᴣ penduduk dunia hidup dengan kelangkaan air. Kemudian diperkirakan pada tahun 2045 sekitar 135 juta penduduk bumi akan berpindah tempat tinggal karena degradasi lahan.

Dengan memberikan edukasi mengenai masalah ini, diharapkan penduduk bumi lebih memperhatikan lingkungan sekitar serta mulai melakukan tindakan yang bisa mencegah peningkatan degradasi lahan dan kekeringan.

Degradasi Lahan di Indonesia

Di Indonesia, degradasi lahan umumnya terjadi di semua wilayah, baik di pulau Jawa, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, maupun Papua semuanya tengah menghadapi ancaman ini. Lahan dengan produktivitas sangat rendah merupakan ciri dari kawasan yang sedang mengalami degradasi. Salah satu dampaknya adalah erosi atau longsoran tanah.

kekeringan Pixabay

Degradasi lahan dapat disebabkan karena beberapa hal, antara lain adalah bertambahnya populasi manusia, bencana alam, pengelolaan lahan yang tidak tepat, penggunaan bahan kimia berlebihan, dan proses rehabilitasi pasca penambangan yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kegiatan dan Partisipasi

Untuk mengisi kampanye degradasi lahan dan kekeringan, kita bisa berpartisipasi melalui cara-cara berikut, yaitu:

  1. Tidak memakai air secara berlebihan serta menutup keran jika selesai digunakan.
  2. Menanam dan merawat tanaman secara alami, sebisa mungkin tidak menggunakan bahan kimia.
  3. Melestarikan hutan, flora dan fauna.
  4. Membuang sampah pada tempatnya.