Hari Populasi Sedunia – 11 Juli

Populasi manusia di bumi terus bertambah. Setidaknya pada tahun 2020, populasi seluruh manusia sekitar 7,7 milyar jiwa. Jumlah penduduk yang semakin padat tentu dapat memicu berbagai masalah, mulai dari ketahanan pangan, ekonomi, lingkungan, sosial dan sebagainya.

Terkait dengan populasi manusia, telah ada peringatan mengenai hal ini. Setiap tanggal 11 Juli terdapat agenda Hari Populasi Sedunia. Peringatan ini diresmikan oleh Dewan Pengatur Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1989.

Isu mengenai populasi dunia pertama kali digagas tanggal 11 Juli 1987. Dimana pada saat itu jumlah penduduk di dunia sekitar 5 miliar jiwa.

Tujuan Hari Populasi Sedunia

Agenda ini secara khusus diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran warga dunia akan adanya berbagai masalah kependudukan di seluruh dunia. Masalah yang berkaitan dengan populasi dunia sangat beragam, meliputi kesetaraan gender, pentingnya program keluarga berencana, mengatasi kemiskinan, kesehatan ibu dan bayi, hingga hak asasi manusia.

Masih banyak warga dunia yang belum mengetahui tentang pentingnya keluarga berencana agar tercipta masyarakat dengan kondisi kesehatan dan level pendidikan yang layak. Mengatur populasi manusia dapat menciptakan kelompok masyarakat dengan kualitas lebih baik.

World Population Day tiredearth.com

Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah pada umumnya kesulitan mendapatkan alat kontrasepsi. Oleh karena itu, populasi pun meningkat dan tidak terkontrol. Sementara untuk menghidupi keluarga pun mengalami kesulitan.

Kondisi tersebut mengakibatkan kondisi kesehatan keluarga tidak terjaga dengan baik. Belum lagi dari segi pendidikan, dimana biaya pendidikan yang tinggi menyebabkan semua anak tidak mendapat kesempatan memperoleh pendidikan memadai. Jangankan pendidikan tinggi, bahkan untuk memenuhi pendidikan dasar pun cukup sulit.

Masalah-masalah tersebutlah yang ingin dikampanyekan secara global di Hari Populasi Sedunia. Tujuannya adalah agar lebih banyak masyarakat yang teredukasi akan pentingnya mengatur populasi demi masa depan yang lebih cerah, erutama bagi generasi selanjutnya.

Masalah Over Populasi

Kelebihan populasi di bumi dapat menimbulkan berbagai permasalahan, meliputi kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan. Berikut ini adalah masalah dari populasi manusia yang tidak terkontrol, yaitu:

1. Kualitas Lingkungan Buruk

Dengan meledaknya populasi, maka kebutuhan akan tempat tinggal akan semakin bertambah. Sistem penyediaan rumah pun akan mengalami kesulitan karena lahan yang terbatas.

Masyarakat yang berpenghasilan rendah tidak bisa mendapat hunian layak dan akhirnya harus tinggal di permukiman yang kondisinya tidak layak. Kondisi tak layak yang dimaksud adalah tidak adanya sanitasi, air bersih, dan minimnya fasilitas sosial. Rumah yang dihuni pun terkadang dalam kondisi tidak layak dan membahayakan kesehatan bahkan jiwa.

2. Kondisi Kesehatan Buruk

Masyarakat dengan tingkat pengetahuan rendah mengenai kesehatan akan menyebabkan kondisi keluarga yang buruk, terutama bagi ibu dan anak. Saat anak tumbuh pun biaya kesehatan akan semakin sulit didapat.

3. Tingkat Pendidikan Rendah

Jangankan untuk biaya pendidikan, biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun akan terasa sulit. Pada akhirnya anak-anak menjadi kurang berpendidikan sehingga menciptakan lingkungan dengan tingkat pendidikann buruk.

Kegiatan di Hari Populasi Sedunia

Semua orang bisa berpartisipasi dengan cara mengedukasi diri sendiri akan pentingnya mengatur populasi. Sebarkan juga peringatan Hari Populasi Sedunia di media sosial agar semakin banyak orang yang teredukasi melalui informasi yang kita sebarkan.