Hari Sejuta Pohon Sedunia – 10 Januari, Lestarikan Pohon!

5/5 - (2 votes)

10 Januari (Hari Sejuta Pohon Sedunia) – Kondisi bumi yang semakin kekurangan ruang hijau membuat keadaan lingkungan dan perubahan iklim semakin tidak menentu. Oleh karena itu, adanya hari khusus untuk mengingatkan masyarakat dunia akan pentingnya pelestarian pohon di bumi adalah hal yang sangat bermanfaat.

Tanggal 10 Januari dipilih sebagai Hari Sejuta Pohon Sedunia. Meski kegiatan melestarikan pohon dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, namun peringatan ini sangat berguna dan memberikan dampak bagi peningkatkan kesadaran penduduk bumi.

Pentingnya Pohon Bagi Kehidupan Manusia

Banyak orang yang belum menyadari betapa besar manfaat pohon bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Sebagian masyarakat mengira kehidupan tumbuhan dan manusia adalah 2 hal yang berbeda dan tidak saling berkaitan. Anggapan ini tentu keliru, karena pohon mempunyai peran dan andil besar dalam proses tumbuh kembang manusia.

berjalan di hutan Pixabay

Ketikan pohon melakukan fotosintesis, maka akan menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke udar. Oksigen ini digunakan oleh manusia untuk bernafas.

Tentu akan terasa berbeda saat manusia menghirup udara di tengah perkotaan yang tidak terdapat pohon sama sekali, dibandingkan dengan menghirup udara di taman atau kebun yang ditumbuhi banyak pepohonan. Kualitas oksigen dalam udara pasti jauh berbeda.

baca juga:  Porang - Taksonomi, Habitat, Morfologi, Gizi, Manfaat, Harga & Budidaya

Selain itu, banyaknya pohon yang ditanam juga mampu menyerap air hujan ke dalam tanah. Terutama pohon-pohon yang memiliki daun berukuran lebar. Dengan begitu, cadangan air di dalam tanah pun meningkat.

Air sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Banyaknya pepohonan juga dapat mencegah banjir, karena air hujan terserap ke dalam tanah.

Dampak Berkurangnya Pohon

Kian tahun, wilayah Indonesia semakin kehilangan ruang hijaunya. Kawasan hutan di Sumatra dan Kalimantan semakin berkurang. Kondisi ini dapat berakibat buruk bagi kehidupan manusia, misalnya meningkatkan potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Air hujan yang tidak dapat diserap oleh tanah akan mengakibatkan kekeringan saat musim kemarau tiba. Pasokan air yang berkurang bagi manusia tentu akan menjadi masalah di masa depan. Tumbuhan juga akan sulit tumbuh karena pasokan air yang minim.

Pasokan air berkaitan erat dengan populasi pepohonan di sekitar kita. Oleh sebab itu, alangkah baiknya sebagai penghuni bumi kita turut berpartisipasi melestarikan pohon dan lingkungan hidup secara keseluruhan.

Kegiatan di Hari Sejuta Pohon Internasional

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk berpartisipasi di Hari Sejuta Pohon. Hal tersebut dapat dimulai di lingkungan sekitar kita. Kita bisa mengamati apakah di sekitar tempat tinggal ada cukup banyak pohon atau tidak?

menanam pohon positivetruenews.com

Mulailah dengan menanam pohon di pekarangan rumah. Jika masih tergolong pemula, pilihlah jenis tanaman yang mudah perawatannya.

baca juga:  Cara Ternak Puyuh Sukses - Lokasi, Kandang, Bibit, Perawatan & Pakan Burung

Jika pekarangan sudah cukup hijau, kita lanjutkan melihat ke lingkungan sekitar tempat tinggal. Terutama di wilayah perkotaan, sering kali keberadaan tanaman di kompleks perumahan kurang diperhatikan. Padahal ini sangat penting. Jika lingkungan sekitar gersang, bisa diusulkan pada ketua komplek atau ketua RT untuk diadakan penanaman pohon di sekitar lingkungan.

Sekecil apapun usaha yang dilakukan untuk penghijauan akan sangat berarti bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.