Hari Strategi Konservasi Sedunia – 6 Maret

Setiap tahun di tanggal 6 Maret masyarakat peduli lingkungan hidup memperingatinya sebagai Hari Strategi Konservasi Sedunia. Banyak orang yang awam dengan istilah ini, lalu apa sebenarnya hal yang diperingati pada hari tersebut?

Strategi Konservasi

Konservasi adalah upaya meliputi perlindungan terhadap flora dan fauna liar dan berbagai kegiatan yang dilakukan untuk menghidupkan dan melestarikan satwa dan tumbuhan. Beberapa cara yang dilakukan adalah dengan membuat hutan konservasi khusus satwa tertentu atau kegiatan penanaman kembali.

Tidak hanya sampai disitu, makna konservasi sebenarnya jauh lebih luas. Bumi sebagai tempat tinggal manusia harus dijaga, dirawat, dan dimanfaatkan dengan tepat secara bijaksana agar sumber daya alam yang ada dapat terpelihara dengan baik.

Oleh karena itu, perlu dibuat strategi dan perencanaan matang agar hal ini bisa terlaksana. Tentunya kegiatan ini akan terlalu sulit apabila dilakukan oleh satu pihak. Diperlukan kerja sama antara pecinta lingkungan, pemerintah dan setiap warha negara untuk mewujudkan masyarakat yang cinta akan lingkungan sekitarnya.

Di Indonesia, strategi konservasi menjadi tanggungjawab Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai penyusun pedoman dan acuan dalam pelaksanaan konservasi sumber daya alam. Namun kegiatan ini tidak hanya dijalankan oleh satu negara, semua negara di dunia harus ikut berperan. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk dibuat hari khusus dalam upaya konservasi ini.

Partisipasi di Hari Strategi Konservasi Sedunia

Jika ada satu pihak yang melakukan penyalahgunaan sumber daya alam apapun bentuknya, wajib untuk ditegur dan dikecam. Misalnya apabila negara melakukan kesalahan tertentu, akan mendapat kecaman oleh negara-negara lainnya.

hari strategi konservasi sedunia ipb.ac.id

Meskipun dianggap ikut campur dalam permasalahan dalam negeri, tapi hal ini perlu dilakukan. Hal tersebut mengingat strategi konservasi tidak bisa dilakukan oleh beberapa pihak, akrena untuk menciptakan bumi yang ramah bagi makhluk hidup, semua warga dunia harus berperan serta.

Ke depannya, peringatan Hari Strategi Konservasi Sedunia perlu lebih dipromosikan secara lebih luas. Semua warga dunia dari berbagai golongan diharapkan memiliki pengetahuan dasar akan hal ini agar menciptakan masa depan yang lebih baik untuk generasi selanjutnya.