9++ Daftar Hewan Tercepat di Dunia – Darat, Laut & Udara

Apa sih hewan tercepat di dunia? dan berapa kecepatannya?

Setiap satwa yang hidup di darat, air dan udara masing-masing mempunyai kemampuan bergerak yang berbeda-beda. Kemampuan ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menghindari bahaya, melarikan diri dari predator, mengejar mangsa, serta melindungi kawanannnya.

Nah, berikut ini adalah daftar hewan tercepat di dunia berdasarkan kemampuan mereka!

1. Hewan Tercepat di Darat

Hewan tercepat di darat adalah kemampuan hewan untuk berlari di wilayah daratan, antara lain:

a. Cheetah (Jarak Pendek)

Cheetah Pixabay

Chetaah atau dalam bahasa Indonesia ditulis “citah” adalah satwa pelari cepat. Kelompok kucing besar dengan nama latin Acinonyx jubatus ini memiliki kecepatan lari jarak pendek hingga 106 km per jam.

Seekor cheetang yang bernama Sarah dai Cincinnati Zoo tercatat sanggup berlari sejauh 100 meter hanya dalam 5,95 detik. Catatan waktu tersebut mengalahkan manusia tercepat di dunia, Usain Bolt yang memerlukan 9,58 detik untuk berlari sejauh 100 meter.

Bahkan dikutip dari wikipedia, cheetah mampu berlari hingga 100 km per jam sejauh 460 meter dengan akselerasi – sampai 100 km per jam dalam waktu 3,5 detik.

Kemampuannya berlari cepat menjadikannya sebagai hewan darat tercepat di dunia dan mengalahkan beberapa mobil balap. Kecepatan ini digunakan cheetah untuk berburu dan mengejar mangsa. Citah juga dikenal sebagai pemangsa paling efisien di bumi.

b. Antelope Pronghorn (Jarak Jauh)

Pixabay

Meski cheetah dinobatkan sebagai binatang darat tercepat di dunia, namun itu hanya untuk jarak pendek atau sprinter. Sedangkan untuk kemampuan lari jarak jauh, juaranya adalah Antelope Pronghorn dengan nama latin Antilocapra americana.

Kecepatan berlari hewan ini mencapai 89 km per jam dan mampu bertahan dengan kecepatan rata-rata 48 km per jam dalam jarak berkilo-kilometer.

Kemampuan bergerak dalam kecepatan tinggi dimanfaatkan hewan ini untuk migrasi sejauh 483 km. Migrasi tersebut dilakukan dari DAS Upper Green River di negara bagian Wyoming hingga Taman Nasional Grand Teton, Amerika.

2. Burung Tercepat di Udara

Hewan tercepat di udara merupakan binatang dengan kemampuan terbang paling cepat, antara lain:

a. Falcon Peregrine (Jarak Pendek)

Pixabay

Elang peregrine yang bernama ilmiah Falco peregrinus adalah burung dengan kemampuan melesat cepet di udara. Predator ini mampu meluncur hingga kecepatan 354 km per jam, sedangkan saat terbang menjelajah kecepatannya sekitar 64 sampai 97 km per jam.

Rata-rata mempunyai kemampuan terbang cepat karena bentuk sayapnya yang runcing dan ramping, tulang dada besar sebagai tempat otot yang kuat, serta bulu-bulu kaku yang mengurangi hambatan di udara.

Di Indonesia burung ini dikenal sebagai alap-alap kawah. Kecepatan terbangnya digunakan untuk menangkap mangsa, seperti merpati, jalak, ayam, mamalia dan reptil kecil di daratan.

b. Burung Snipe (Jarak Jauh)

Burung Snipe Pixabay

Untuk penerbang jarah jauh tercepat di dunia dipegang oleh burung snipe atau Gallinago media. Burung ini sanggup terbang ketika migrasi dari Eropa timur laut ke Afrika tengah dengan menempuh jarak 6.760 km.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biology Letters pada tahun 2011 telah melaporkan eksperimen dengan menempel alat pelacak dan menemukan bahwa burung snipe dapat melakukan perjalanan 6.760 km hanya dalam 48 hingga 96 jam. Jika dihitung, kecepatan terbang rata-rata burung ini sekitar 97 km per jam dengan durasi sangat panjang.

Istilah sniper juga berasal dari burung ini, dimana karena kecepatannya burung ini sulit didekati dan ditembak. Oleh sebab itu, orang yang berhasil menembaknya dijuluki sebagai sniper.

3. Ikan Tercepat di Lautan

Hewan tercepat di perairan adalah binatang dengan kemampuan bergerak atau berenang paling cepat di lautan.

a. Ikan Layar

Ikan Layar allatsea.net

Ikan layar atau layaran adalah jenis ikan yang mampu berenang dengan kecepatan lebih dari 110 km per jam. Ikan bermoncong runcing ini hidup di perairan hangat samudera. Meski dianggap sebagai ikan perenang tercepat, namun menurut penelitian NOAA atau Badan Nasional Kelautan dan Atmosfer Amerika, ada potensi jika ikan tuna bluefin lebih cepat dari ikan layar.

b. Lumba-lumba

lumba-lumba fraser inaturalist.org

Lumba-lumba bukanlah ikan, hewan ini adalah mamalia yang hidup di perairan dan bernapas menggunakan paru-paru. Fauna pintar ini mempunya kemampuan bergerak di dalam air yang sangat cepat, contohnya lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncates) dan lumba-lumba biasa (Delphinus delphis dan Delphinus capensis) yang unggul di jarak jauh.

Mamalia air ini hidup di perairan sedang dan tropis. Saat berenang, kecepatan rata-ratanya sekitar 64 km per jam dan memiliki tenaga untuk berenang dalam durasi lama. Keunggulan lain dari lumba-lumba adalah sistem komunikasi menggunakan sonar yang kemudian ditiru oleh teknologi masa kini.

4. Reptil Tercepat di Dunia

Reptil adalah bnatang melata yang termasuk vertebrata berdarah dingin. Dalam bergerak, hewan jenis ini memiliki kecepatan tinggi dan umumnya dilakukan untuk menangkap mangsa atau menghindari lawan.

a. Iguana Ekor Berduri

Pixabay

Iguana ekor berduri adalah anggota genus Ctenosaura dan merupakan kadal tercepat di dunia. Reptil berukuran kecil ini berasal dari Amerika Tengah dan memiliki bentuk punggung runcing dan ekspresi tenang ektika diam. Berdasarkan catatan seorang peneliti pada tahun 1984, kecepatan gerak iguana ekor berduri mencapai 35 km per jam.

5. Moluska Tercepat di Bumi

Moluska merupakan hewan triploblastik selomata bertubuh lunak. Jenis fauna tersebut meliputi bercangkang maupun tanpa cangkang. Meski dikenal mempunyai pergerakan lambat, namun ada beberapa spesies dengan kecepatan gerak cukup mengagumkan.

a. Cumi-cumi Jumbo dan Humboldt

Pixabay

Salah satu spesies moluska yang kita kenal adalah siput, dimana populer sebagai hewan yang lambat. Bahkan beberapa diantara anggota moluska hampir tidak bergerak sama sekali, contohnya kerang dan tiram.

Akan tetapi ada spesies moluska yang berevolusi dan memperbaiki kemampuan gerak mereka, yaitu cumi-cumi dan humboldt yang mampu berenang hingga kecepatan 24 km per jam.

6. Serangga Tercepat di Dunia

Serangga atau insekta memiliki ciri utama tubuh yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu kepala, thorax dan abdomen. Beberapa diantaranya mempunyai kecepatan bergerak cukup tinggi.

a. Kumbang Harimau Australia

Kumbang Harimau Australia thoughtco.com

Serangga bernama latin Cicindela hudsoni ini bukanlah serangga terbang, melainkan serangga dengan kecepatan berlari cukup tinggi. Kumbang harimau australia mampu berlari hingga kecepatan 9 km per jam.

Masih satu kerabat yakni Cicindela eburneola, serangga ini mampu berlari 6,8 km per jam. Jika dihitung dari proporsi panjang tubuh, ia dapat menempuh 171 kali panjang tubuhnya per detik.