24 Hewan Unik, Aneh & Langka Ini Pasti Belum Pernah Kamu Lihat!

Mengenal nama-nama hewan merupakan materi yang sudah pasti diajarkan saya kita bersekolah. Contohnya adalah sapi, kerbau, ayam, bebek, kucing serta aneka binatang lain yang sering kita temui sehari-hari.

Akan tetapi, ternyata masih banyak fauna-fauna lain dengan ciri dan keunikan yang hanya sedikit orang mengetahuinya. Keunikan tersebut bisa nampak dari bentuk tubuh atau fisiknya yang aneh.

Nah, untuk memperjelas apa yang dimaksud dengan hewan unik ini, berikut adalah daftar beberapa hewan unik yang kemungkinan belum kita ketahui, bahkan diantaranya ada yang terancam punah dan patut dilestarikan.

1. Lalat Kalajengking / Kalajengking Terbang

Lalat Kalajengking eol.org

Dari namanya, kita sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk serangga ini. Serangga lalat ini memiliki ekor yang bentuknya mirip ekor kalajengking. Namun bedanya ekor lalat kalajengking tidak bisa menyuntikkan bisa atau racun, melainkan alat kelamin yang dimiliki oleh betina. Nama latinnya adalah Panorpa communis.

2. Siput Laut Naga Biru

Siput Laut Naga Biru treehugger.com

Biota laut dengan nama latin Glaucus atlanticus adalah spesies langka dengan ukuran tubuh sangat kecil. Habitatnya berada di wilayah perairan Sydney, Australia.

Meski bentuk dan warnanya sangat indah, namun ternyata siput ini memiliki racun yang sangat berbahaya bagi manusia. Bahaya sengatannya sama dengan ubur-ubur dan bahkan para ilmuwan menyatakan lebih berbahaya.

3. Saiga Antelop

Saiga Antelop nationalgeographic.com

Saiga antelop adalah binatang mamalia yang hidup di kawasan Stepa Eurasia. Keunikan hewan ini terletak pada bentuk hidungnya. Di alam liar, spesies ini tengah terancam dan berada diambang kepunahan akibat serangan bakteri yang meracuni darahnya.

4. Ulat Bertanduk Setan / Hickory Horned Devil

Ulat Bertanduk Setan mcall.com

Ulat ini memiliki sungut, yakni organ pada bagian kepalanya yang bentuknya mirip tanduk setan. Meski penampilannya menyeramkan, ternyata ulat ini tidak berbahaya bagi manusia. Warna cerah tubuh dan tanduknya merupakan bentuk kamuflase agar pemangsa mengira ualt ini berbahaya.

5. Ngengat Pudel Venezuela

Ngengat Pudel Venezuela kurioapps.com

Hewan anek berikutnya adalah serangga ngengat yang bentuknya terlihat lucu. Bahkan banyak yang beranggapan bentuk tersebut adalah rekayasa.

Ngengat ini mempunyai tubuh mirip anjing pudel dengan bulu-bulu indah. Fungsi bulu ini ialah untuk mengindari predator. Bulu tubuhnya akan terlepas dan memberikan efek bau dan rasa gatal.

Hingga saat ini ngengat pudel belum memiliki nama latin. Hanya saja beberapa ahli satwa menyatakan serangga ini termasuk dalam keluarga Lasiocampidae.

6. Burung Shoebill

Burung Shoebill aktual.com

Burung ini berasal dari akwsan timur Afrika, sepert Sudan dan Zambia. Keunikan dari unggas ini adalah ukuran tubuhnya yang tinggi hingga 110 cm sampai 150 cm, serta memiliki bulu-bulu berwarna biru.

7. Okapi

okapi animalogic.ca

Okapi adalah mamalia yang sekilas mirip kuda, namun sebenarnya hubunganya lebih denkat dengan jerapah. Okapi adalah hewan kahs Republik Demokratik Kongo yang berada di kawasan Afrika bagian tengah.

8. Ikan Pacu

Ikan Pacu brilio.net

Ikan pacu adalah spesies ikan yang dianggap menyeramkan. Kenapa begitu? Sebab ikan ini memiliki strukur gigi mirip seperti gigi manusia. Ikan pacu berhabitat di perairan Amerika Selatan.

9. Semut Panda

Semut Panda abc-24.info

Meski dinamakan semut, sebenarnya serangga ini adalah tawon. Serangga dengan warna tubuh seperti panda ini banyak ditemukan di Chile. Meski nampak lucu, sengatan semut panda sangat berbahaya.

10. Paus Narwhal

Paus Narwhal okdogi.com

Ikan paus unik ini hidup di perairan Arktik. Keunikan ikan ini terdapat pada kepalanya yang memiliki tanduk panjang. Selain itu, ukuran paus ini juga sangat besar atau sekitar 5 kali orang dewasa.

11. Ikan Kelelawar Bibir Merah

Ikan Kelelawar Bibir Merah redd.it

Tampang menyeramkan dimiliki oleh ikan ini. Bibirnya merah dengan mimik wajah seakan marah. Ikan kelelawar bibir merah berasal dari wilayah laut Kepulauan Galapagos, Eukador. Meski termasuk ikan, ternyata ia hidup di dasar laut dengan sirip aneh dan tidak bisa berenang.

12. Ular Penis

Ular Penis thoughtco.com

Hewan unik dan aneh selanjutnya adalah ular penis. Dinamakan demikian karena bentuknya mirip seperti kemaluan pria. Beberapa orang berpendapat jika spesies ini adalah belut, akan tetapu dilihat dari ciri-cirinya cenderung seperti ular.

13. Lemur Indri

Lemur Indri biographic.com

Indri adalah lemur yang terkadang disebut babakoto. Spesies ini adalah lemur terbesar yang masih hidup dengan panjang total 64 cm sampai 72 cm. Hewan ini mempunyai bulu bercorak hitam puti serta berpostur tegak saat memanjat atau merangkul pepohonan.

14. Kondor Andes

Kondor Andes Pinterest

Burung bernama latin Vultur gryphus ini berasal dari Amerika Selatan dan satu-satunya unggas dari genus Vultur. Burung dengan bentuk dan jengger unik merupakan burung nasional Peru.

14. Kelelawar Putih

Kelelawar Putih grid.id

Jika umumnya kelelawar adalah binatang terbang dengan warna hitam dan kesan menyeramkan. Persepsi tersebut kontras dengan kelelawar putih yang berasal dari Honduras ini. Bulu putih serta bentuk wajah terutama bagian hidung yang berwarna kuning menjadikannya hewan aneh yang sangat unik.

15. Long-wattled umbrellabird

Long-wattled umbrellabird cornell.edu

Burung bernama Pajaro Bolson, Pajaro Toro, Dungali atau Vaca de Monte ini adalah burung dengan janggut panjang. Burung pemakan buah ini Populasinya sangat langka dan hanya ditemukan di hutan lembab Kolombia dan Ekuador.

16. Udang Mantis

Udang Mantis superadventure.co.id

Binatang unik berikutnya adalah udang mantis. Dinamakan mantis karena bentuk dan sifatnya yang mirip dengan belalang mantis atau belalang sembah. Selain disebut udang mantis, ia dikenal pula sebagai belalang laut. Keunikan dari biota laut ini adalah bentuk cakarnya yang digunakan untuk memukul lawan guna melindungi diri dari ancaman.

17. Ikan Beo Biru

Ikan Beo Biru snowbob.ru

Ikan ini termasuk hewan unik karena bentuk dan warna tubuhnya. Ukuran tubuhnya sekitar 30 cm hingga 75 cm, namun pada beberapa spesies dapat mencapai 1,2 meter. Ikan unik ini menghabiskan 80% hidupnya untuk mencari makanan.

18. Kodok Ungu India

Kodok Ungu India beritagar.id

Spesies kodok ini sangat unik dan langka. Kodok asal India yang berwarna ungu ini mempunyai ukuran tubuh lebih besar dari spesies kodok lainnya. Keunikan hewan ini terdapat pada moncong dibagian kepala mirip hidung yang cukup panjang.

19. Ikan Salpa Maggiore

Ikan Salpa Maggiore redd.it

Ikan ini pertama kali ditemukan oleh Stewart Fraser saat memancing bersama kedua putranya. Seluruh bagian ikan ini transparan atau bening. Tubuhnya mirip seperti ubur-ubur yang tembus pandang. Organ dan kerangka tubuhnya berwarna oranye.

20. Kepiting Kelapa Horu

Kepiting Kelapa Horu blogunik.com

Horu adalah kepiting kelapa yang telah berevolusi dan menjadi hewan aneh yang sangat unik. Kepiting ini terdapat di Ternate, ukurannya besar bahkan dikatakan raksasa. Ia memiliki kemampuan memanjat pohon kelapa dan membelahnya untuk dikonsumsi.

21. Mudskipper

Mudskipper dailymail.co.uk

Ikan ini awalnya membuat bingung para ahli biologi. Bentuknya mirip ikan namun ia memiliki kemampuan berjalan di daratan. Akan tetapi, spesies ini tak sanggup hidup lebih dari sehari di daratan meski dapat bernafas di air dan di darat. Sebaran ikan ini disekitar pantai Samudera Hindia, meliputi Afrika, India, Cina, Jepang, Indonesia dan Australia.

22. Ikan Axolotl

Axolotl smithsonianmag.com

Axolotl adalah salamander asli Meksiko, tepatnya dari danau Xochimilco. Ikan ini termasuk jenis neotenic, artinya tidak selalu bermetamorfosis dari larva ke bentuk dewasa seperti pada salamander umumnya. Hewan unik ini memiliki insang berbulu merah muda menyala dan menonjol ke belakang kepala.

Axolotl memiliki kampuan regeneratif luar biasa. Saat terluka atau kehilangan anggota tubuhnya, maka ia dapat menyembuhkannya sendiri. Masa hidupnya pun lama, yakni 10 hingga 15 tahun dengan berat mencapai 30 kg dan panjang tubuh 90 cm.

23. Tikus Hidung Bintang

Tikus Hidung Bintang sciencesource.com

Binatang ini adalah tikus tanah bernama latin Condylura Cristata. Keunikan tikus ini terdapat pada hidungnya yang memiliki tentakel kecil dan mekar seperti bintang. Tentakelnya berjumlah 22 buah. Selain itu, kakiknya berukuran besar, ekor panjang dan tebal, serta mata yang hampir buta menjadi pembeda dari tikus kebanyakan.

24. Katak Pinokio

Katak Pinokio nationalgeographic.co.uk

Selain diberi nama katak pinokio, julukan lainnya adalah katak pohon berhidung duri. Hidung panjang yang dimilikinya akan naik tegak keatas jika sedang menarik lawan jenis atau dalam keadaan terancam.