Wisata Asyik di Hutan Kertas Karawang

Hutan Kertas Karawang – Seiring perkembangan zaman, berbagai obyek wisata mulai bermunculan. Lokasi rekreasi dapat memanfaatkan kekayaan alam secara alami maupun buatan.

Tidak jarang tempat-tempat hits ini menjadi ikon suatu daerah. Contohnya di Karawang terdapat obyek wisata yang cukup terkenal, yakni wisata Hutan Kertas.

Dari namanya mungkin ada yang beranggapan bahwa hutan tersebut dipenuhi dengan kertas-kertas. Namun ternyata hutan ini memiliki vegetasi seperti hutan wisata pada umumnya. Masyarakat sekitar menjadikan obyek wisata ini sebagai tempat untuk mereka berekreasi dan melepas lelah setelah berkegiatan.

Meski dikenal sebagai kota industri, namun ternyata Karawang juga memiliki obyek wisata yang menarik. Daya tariknya mampu menyedot minat pengunjung untuk datang ke tempat wisata yang satu ini.

Sejarah Hutan Kertas Karawang

Sekali lagi, hutan ini bukanlah hutan yang dipenuhi oleh kertas. Melainkan terdiri dari pepohonan yang membentuk hutan. Hasil hutan berupa kayu nantinya akan diolah menjadi kertas.

wisata hutan kertas IG @hutankertas

PT. Pindo Deli adalah perusahaan yang menanam dan mengelola pohon-pohon di Hutan Kertas ini. Pada mulanya penanaman pohon di lahan ini bertujuan untuk menambah pasokan bahan baku kertas dari daerah lain yang terkadang masih kurang. Namun kini berkembang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Karawang.

Berbagai jenis pohon yang ada di Hutan Kertas telah ditanam sejak tahun 2004, namun dibuka menjadi area wisata sejak 2017. Keindahan pemandangan yang ada di kawasan hutan tersebut ternyata membuat banyak orang tertarik untuk datang berkunjung ke hutan buatan ini.

Jenis Pohon

Pohon-pohon yang tumbuh di hutan kertas ini sengaja ditanam oleh PT Pindo Deli secara lurus dan serta teratur. Jenis tumuhan yang ditanam adalah pohon Kalitus atau juga dikenal dengan nama Eukaliptus. Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah Indonesia dan Australia, serta bermanfaat untuk diolah menjadi pulp pembuatan kertas.

Selain manfaat utama dari batangnya, daun ekaliptus juga dapat menghasilkan minyak atsiri melalui proses penyulingan.

Panorama di Hutan Kertas

Hutan Kertas Karawang yang awalnya berupa hutan biasa, kini sudah disulap menjadi obyek wisata yang mengasyikan. Anak muda kratif disekitar hutan tersebut mengelola daerah yang dulunya biasa saja menjadi populer seperti sekarang ini. Wisatawan akan dimanjakan dengan udara yang segar serta pepohonan yang rindang nan hijau yang menyejukkan mata.

pre wedding di hutan bridestory.com

Biasanya tempat ini dikunjungi oleh pemuda-pemudi bersama teman, pacar maupun keluarga, terutama pada akhir pekan. Kawasan hutan kertas yang tenang cocok sekali sebagai lokasi bercengkrama. Para wisatawan juga dapat bermain sepeda dan menikmati kuliner yang dijual disekitar Hutan Kertas Karawang.

Obyek wisata Hutan Kertas di Karawang ini ternyata buka hingga malam hari. Oleh karena itu, kita tak perlu khawatir apabila merasa datang terlalu sore. Suasana di malam hari begitu tenang, serta banyak lampu-lampu hias yang menyala, sehingga membuat suasana begitu memukau.

Wistawan juga dapat berfoto dengan latar belakang gemerlap lampu yang ada. Banyak spot-spot foto yang sangat instagramable. Seringkali lokasi hutan kertas juga dimanfaatkan untuk pengambilan foto prewedding.

Lokasi & Harga Tiket Masuk

Bagi yang ingin berlibur ke tempat yang satu ini, silahkan datang ke lokasi hutan kertas di Kampung Gintung, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Wilayah ini masuk dalam lingkungan Depo PT. Pindo Deli. Untuk menuju lokasi wisata, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi karena teleh tersedia area parkir yang memadai.

Obyek wisata Hutan Kertas buka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 23.00 WIB pada hari Minggu hingga Kamis, serta pukul 08.00 sampai 01.00 WIB pada Jum’at hingga Sabtu.

Harga tiket masuk hutan kertas sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000 dan biaya tersebut telah termasuk parkir. Dengan biaya semurah itu, kita bisa menikmati indahnya pemandangandan merasakan keasrian alam.