Hutan Pinus Pengger – Jogja

Selain Hutan Pinus Mangunan, ada lagi wisata serupa di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi, yakni Hutan Pinus Pengger yang berada di kawasan Bantul, Yogyakarta. Objek wisata yang pertama kali dibuka pada tanggal 7 April 2016 ini sangat mudah dijangkau karena terletak di pinggir Jalan Pathuk-Dlingo Km 4,5.

Kawasan Hutan Pinus Pengger merupakan tempat wisata yang instagramable. Hutan pinus ini memiliki udara yang sangat segar, keasrian serta suasana camping dengan aneka spot foto unik menjadikannya sebagai tujuan wisata yang ramai dikunjungi.

Bagaimana kondisi keseluruhan dari Hutan Pinus Pengger ini, berikut info selengkapnya.

Pemandangan Alam Teduh dan Asri

Kawasan wisata yang berada di bawah pengelolaan Resor Pengelola Hutan (RPH) Mangunan ini memiliki kontur tanah yang berbukit. Pengunjung pun harus berjalan kaki menaiki puncak bukit dengan bantuan anak tangga sederhana yang terbuat dari tanah.

foto siang hutan pinus pengger Pinterest

Teduh dan asrinya suasana mampu menenangkan siapapun yang berkunjung ke kawasan ini. Pengelolaan yang cukup baik dapat dilihat langsung pada setiap sudut areanya. Kebersihan dan kerapihan seluruh kawasan memang nampak sejak awal memasuki kawasan parkir.

Salah satu area favorit para pengunjung adalah sarang burung raksasa. Area tersebut kerap dijadikan sebagai spot selfie sekaligus untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

Di malam hari meskipun tidak melihat jajaran pohon pinus yang asri, namun indahnya pemandangan masih bisa kita nikmati. Keindahan ini berupa cantiknya tata lampu di area-area seperti sarang burung dan tangan raksasa.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan gemerlapnya pemandangan malam kota Yogyakarta yang terlihat dari ketinggian.

Lokasi dan Rute Menuju Hutan Pinus Pengger

Kawasan wisata alam ini berada di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika ditempuh dari pusat kota Yogyakarta, cukup melakukan perjalanan sekitar 45 menit dengan total jarak tempuh 21 km.

Kondisi jalanannya cukup baik sehingga dapat diakses dengan berbagai macam kendaraan. Namun kita harus tetap berhati-hati, sebab ada beberapa titik dengan kondisi jalan yang naik dan berkelok-kelok.

Ada sejumlah jalur pilihan yang dapat pengunjung akses untuk berkunjung ke kawasan hutan pinus unik ini, yaitu:

  • Melewati Jl. Wonosari
  • Melewati Jl. Pleret-Pathuk
  • Melewati Jl. Dlingo-Pathuk atau Jl. Pleret-Pathuk

Apakah tempat wisata hits ini sudah terdaftar di Google Maps? Jawabannya iya. Oleh sebab itu, bagi yang ingin mengandalkan layanan tersebut untuk akses, maka sudah dapat menggunakannya sehingga lebih mudah dalam memilih jalur.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Pengunjung atau wisatawan dikenakan biaya Rp 2.500,00 ditambah asuransi Rp 500,00 untuk tiket masuk ke kawasan Hutan Pinus Pengger. Jadi total harga tiket masuknya sebesar Rp 3.000,00. Sedangkan untuk parkir kendaraan tarifnya bervariasi, antara lain:

  • Rp 2.000,00 untuk sepeda motor
  • Rp 5.000,00 untuk mobil
  • Rp 5.000,00 untuk ELF/Mini Bus
  • Rp 15.000,00 untuk bus ukuran sedang
  • Rp 20.000,00 untuk bus ukuran besar

Setelah membayar tiket masuk dan biaya parkir, pengunjung dapat masuk ke kawasan hutan dan menikmati semua spot dan fasilitas yang disediakan. Bagi pengunjung yang tidak membawa kamera namun ingin berfoto dan langsung mendapat hasil cetaknya, cukup membayar Rp 4.000,00 per spot foto.

spot foto hutan pinus pengger travelingyuk.com

Sedangkan tarif untuk pengunjung yang ingin camping hanya Rp 15.000,00 per orang. Bagi yang tidak ingin mendaki gunung namun berkeinginan camping, kawasan wisata ini cocok menjadi alternatif yang menarik. 

Fasilitas di Hutan Pinus Pengger

Tempat wisata yang jam operasionalnya mulai pukul 06.00 – 24.00 WIB ini tak hanya menyediakan pemandangan hutan pinus yang menawan. Namun segenap fasilitas yang memanjakan para pengunjung juga dapat dinikmati, yaitu:

  • Aneka spot selfie dengan konsep menarik. Seperti tangan raksasa, rumah pohon, jembatan kayu, serta rumah piramid. Letak spot foto cukup tinggi, jadi selain berfoto ria, pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan hijau dari ketinggian
  • Camping area
  • Jalur khusus untuk tracking
  • Ayunan dan berbagai macam area permainan anak
  • Mushalla
  • Warung
  • Tempat beristirahat dengan pilihan gazebo dan bangku-bangku khusus
  • Toilet
  • Area parkir yang luas

Tips Mendapatkan Foto Malam Keren di Hutan Pinus Pengger

Ketika malam tiba, hutan pinus satu ini justru makin ramai wisatawan. Sebab spot foto yang instagramable dengan latar belakang gemerlap cahaya kota Yogyakarta menjadi buruan utama para pengunjung.

foto malam hutan pinus pengger travelspromo.com

Berikut ini adalah tips agar bisa mendapat foto malam yang keren di hutan pinus ini, berikut ulasannya:

1. Datang Ketika Cuaca Cerah

Pemandangan malam dari bukit di Hutan Pinus Pengger memang menakjubkan. Namun pemandangan dengan gemerlap lampu yang indah ini hanya akan terlihat jika cuacanya cerah. Maka datanglah ketika tidak hujan atau mendung.

Sebab, mendung pada malam hari hanya akan membuat lampu-lampu tidak tampak dari ketinggian. Agar foto makin maksimal, pengelola pun menawarkan jasa fotografi khusus untuk malam hari.

2. Datang Lebih Awal

Karena padat pengunjung, otomatis antrean foto di spot-spot seperti sarang burung dan tangan raksasa akan mengular. Maka agar tidak mengantre terlalu lama, usahakan datang lebih awal. Menjelang maghrib, usahakan mengambil nomor antrean terlebih dahulu agar tidak terlalu lama menunggu giliran.

3. Berani Malu

Tidak jarang ketika sedang berfoto, apalagi jika berfoto dengan pasangan, ada pengunjung lain yang menyoraki. Ketika mendapat sorakan tersebut, tips paling ampuh untuk menghadapinya adalah berani malu. Sebab jika malu-malu, maka hasil fotonya tidak maksimal.

Asalkan masih dalam tahapan wajar dan sopan, tentu tidak ada salahnya berpose sesuka hati. 

4. Tidak Berfoto Terlalu Lama

Memang tidak ada batasan bagi pengunjung yang ingin berfoto. Setelah membayar Rp 4.000,00 untuk tiap foto yang dibawa pulang, pengunjung dapat leluasa bergaya sesuai keinginannya. Namun hendaknya tetap bijak dan pengertian karena ada pengunjung lain yang menunggu giliran.

Berfotolah seperlunya, jangan sampai orang lain merasa tidak nyaman dengan tingkah laku kita selama berada di kawasan tersebut.

hutan pinus pengger dlingo piknikasik.com

Tips Berlibur di Hutan Pinus Pengger

Memiliki panorama alam yang berbukit dengan cuaca yang sejuk, tentu ada beberapa persiapan yang mesti kita lakukan ketika berlibur ke Hutan Pinus Pengger. Berikut beberapa saran yang bisa dijadikan pertimbangan:

  • Persiapkan fisik sebelum berangkat. Bawa persediaan air dan bekal yang cukup.
  • Jangan mengotori kawasan wisata dengan sampah. Jika memang sulit mendapatkan tempat sampah, maka simpan sampah di tas atau kantong hingga menemukan tempat sampah di area lain.
  • Pakai sepatu flat atau sport. Sebab jenis sepatu tersebut akan menunjang aktivitas selama berada di kawasan Hutan Pinus Pengger yang berbukit.
  • Jangan lupa isi baterai smartphone dan powerbank sampai penuh.
  • Bawa uang cash secukupnya. Lebih baik bawa uang pecahan agar tidak menyulitkan kita selama berada di lokasi.

Itu dia sejumlah ulasan mengenai Hutan Pinus Pengger yang menarik untuk dikunjungi. Satu lagi, tetap jaga sopan santun dan buang sampah pada tempat yang disediakan agar lingkungan hutan tidak rusak.

Referensi: https://travel.kompas.com/read/2019/03/05/191400927/ingin-dapat-foto-malam-yang-keren-di-pinus-pengger-berikut-5-tipsnya?page=all | https://camerawisata.com/hutan-pinus-pengger/ | https://liburmulu.com/hutan-pinus-pengger-wisata-hits-jogja/ | https://pesona.travel/keajaiban/740/hutan-pinus-pengger-suguhkan-pemandangan-epik-yogyakarta-di-kala-malam