Hutan Pinus Sentul, Gunung Pancar, Bogor

Hutan Pinus Sentul – Bagi yang ingin menikmati udara segar dengan pemandangan alam yang indah, berwisata ke daerah Bogor menjadi pilihan yang tepat.

Sudah menjadi rahasia umum jika daerah ini memiliki obyek wisata yang cukup terkenal seperti Kebun Raya Bogor, Taman Safari dan berbagai curug-curug indah. Namun ada satu tempat wisata yang juga tak kalah menariknya, yakni Hutan Pinus Sentul.

Tempat wisata ini berada di kawasan konservasi Gunung Pancar. Disini, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan indah berupa jajaran pohon pinus yang jumlahnya begitu banyak. Tidak jarang warga dari Jakarta memilih tempat ini untuk mengisi waktu liburan mereka.

Lokasi & Harga Tiket Masuk

Jika hendak berlibur ke Hutan Pinus Sentul, silahkan datang ke Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Hutan pinus ini terletak di ketinggian 300 hingga 800 meter diatas permukaan laut dengan kemiringan mencapai 40%.

Rute menuju ke obyek wisata ini tidak terlalu sulit untuk dijangkau. Harga tiketnya juga cukup murah, yakni Rp 5.000,- pada hari biasa dan Rp 7.500,- ribu pada akhir pekan.

Bagi warga negara asing, ada sedikit perbedaan harga tiket, yaitu Rp 100.000,- pada hari biasa dan Rp 150.000,- pada akhir pekan. Biaya tersebut belum termasuk kegiatan lain, seperti camping, outbond dan lain sebagainya. Pengelola Hutan Pinus Sentul juga menyediakan berbagai fasilitas seperti mushola, aula, toilet, tempat makan minum dan fasilitas umum lainnya.

Flora dan Fauna

Hutan pinus yang berada di wilayah konservasi Gunung Cangar ini menjadi habitat berbagai macam flora dan fauna. Jenis-jenis tumbuhan yang hidup di tempat ini antara lain pohon rasamala, rotan, puspa, saninten dan jamuju. Pepohonan pinus yang hidup disini dikelola oleh salah satu perusahaan pariwisata PT Wana Wisata Indah.

Sedangkan hewan Indonesia yang hidup di tempat ini meliputi berbagai jenis burung, seperti kutilang, jalak dan elang. Selain itu, hidup pula berbagai primata seperti owa, kera, surili, dan jelarang.

Obyek Wisata Hutan Pinus Sentul

Bagi yang ingin berlibur bersama keluarga, teman-teman ataupun pasangan, hutan pinus di Taman Wisata Alam Cangar dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini adalah berbagai jenis kegiatan dapat dilakukan ditempat ini, antara lain:

kegiatan di hutan pinus travelspromo.com

1. Bersantai di Hutan Pinus

Wisatawan dapat bersantai dan menikmati sejuknya hawa di hutan pinus. Sangat disarankan untuk membawa sendiri tikar dari rumah. Namun jika tidak ingin repot, banyak warga lokal yang menyewakan tikar. Bagi yang membawa bekal, kita dapat menyantapnya dibawah rindangnya pohon pinus sembari bercengkerama bersama keluarga atau pasangan.

2. Outbond

Karena area hutan ini benar-benar masih asri, banyak pengunjung yang mengadakan outbond di hutan pinus sentul. Tempat ini cocok sekali untuk gathering bersama teman-teman komunitas. Pengelola juga menyediakan layanan outbond yang mengasyikan. Berbagai pilihan outbond seperti Archery, Paintball dan sebagainya bisa dilakukan di hutan pinus gunung cangar.

3. Camping

Jika ingin melakukan aktivitas yang lebih seru, wiastawan bisa camping di area hutan pinus. Pengelola telah menyiapkan camping ground yang cukup nyaman untuk digunakan. Wisatawan akan merasakan camping seperti di hutan sungguhan. Ini menjadi kesempatan yang luar biasa untuk menambah pengalaman.

4. Trekking di Gunung Pancar

Bagi wisatawan yang ingin lebih mengenal alam, bisa mencoba melakukan trekking di Gunung Pancar. Pengunjung akan melewati jalur trekking yang seru dengan bebatuan yang cukup terjal. Selain menyehatkan, tentu akan membuat pikiran menjadi lebih segar kembali.

5. Spot Fotografi

prewedding di hutan tripzilla.id

Banyak pengunjung yang datang ke hutan pinus sentul untuk berfoto. Pohon pinus yang tumbuh berjajar sangat menarik untuk latar belakang foto. Selain itu, banyak pasangan yang datang kesini intil melakukan foto prewedding.

6. Mandi Uap Panas

Di kawasan hutan pinus juga terdapat pemandian uap panas. Untuk menikmatinya, kita hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 10.000,-. Pemandian laki-laki dan perempuan berada ditempat terpisah sehingga privasi akan tetap terjaga. Sumber uap panas ini berasal dari mata air alami yang ada di area hutan pinus.