Ikan Arwana – Taksonomi, Morfologi, Habitat, Sebaran & Jenis di Indonesia

3.2/5 - (5 votes)

Ikan arwana adalah salah satu jenis spesies ikan hias air tawar populer yang banyak orang dipelihara dan dibudidayakan. Arwana merupakan ikan dengan nilai ekonomi tinggi sesuai variasinya. Umumnya, harga ikan arwana ditentukan oleh jenis, ukuran, dan ciri khas yang menjadi daya tarik tersendiri di kalangan pecinta ikan hias.

Menurut Field Guide to The Freshwater Fishes of Australia karya G.R. Allen, dkk, ikan arwana adalah ikan bertulang yang hidup di air tawar dan berasal dari keluarga Osteoglossidae.

Ikan ini diduga telah ada sejak zaman Cretaceous atau zaman kapur, yaitu periode terakhir era Mesozoikum sekitar 252 juta hingga 65 juta tahun lalu. Inilah yang membuat ikan arwana dikategorikan sebagai ikan purba yang masih hidup di zaman modern.

Taksonomi

Ikan yang termasuk berumur panjang ini memiliki klasifikasi ilmah sebagai berikut:

FilumChordata
Sub filumVertebrata
KelasPisces
Sub kelasTeleostei
OrdoMalacopterygii
FamiliOsteoglossidae (Bonytongues)
GenusSclerophagus
SpesiesSclerogphagus formosus

Morfologi Arwana

Secara morfologi, ikan arwana atau yang juga dikenal sebagai ikan naga oleh masyarakat ini mempunyai ciri sebagai berikut:

ikan arwana medium.com
  • Kepala dan tubuh ikan arwana tampak padat
  • Tubuh arwana berbentuk pipih dengan punggung cenderung datar
  • Terdapat gurat sisi atau garis lateral di samping kiri dan kanan tubuhnya
  • Arwana rata-rata tumbuh sepanjang 20 hingga 24 cm, meski ada beberapa jenis yang bisa lebih dari ukuran tersebut
  • Mulut arwana mengarah ke atas dilengkapi sungut yang mengarah ke bawah
  • Ukuran mulut arwana cukup lebar dengan rahang kokoh dan gigi berjumlah hingga 17 buah.
  • Arwana memiliki sisik berbentuk bulat dengan ukuran besar dan permukaan mengkilat
  • Sirip punggungnya berdekatan dengan sirip ekor atau caudal
  • Sirip anus lebih panjang dibandingkan sirip punggung, bahkan sirip di bagian anus panjangnya mencapai sirip perut
  • Ikan arwana dewasa mampu tubuh hingga 80 cm, bahkan lebih
baca juga:  Bajakah - Taksonomi, Jenis Pohon, Kandungan, Manfaat Obat Kanker & Budidaya

Habitat dan Sebaran

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, habitat asli ikan arwana berada di kawasan perairan tawar. Ikan tersebut menyukai sungai berarus lambat hingga sedang. Arwana juga kerap ditemukan di daerah rawa atau danau dengan kedalaman 2 sampai 3 meter. Pada dasarnya, arwana menyukai danau berlumpur yang banyak ditumbuhi tanaman air dengan pH agak asam.

Untuk daerah penyebarannya, di Indonesia arwana tersebar di sekitar perairan Jambi, Riau, Medan dan daratan Kalimantan. Sedangkan populasi dan sebaran di seluruh dunia, meliputi Amerika Utara hingga selatan, Asia, Afrika, dan Australia.

Jenis Ikan Arwana

Di Indonesia, ikan arwana dapat diperjualbelikan secara bebas di pasaran. Namun, ada beberapa jenis arwana yang ternyata masuk kelompk hewan langka dan dilindungi oleh negara. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis arwana yang hidup di Indonesia, antara lain:

1. Arwana Super Red

Jenis arwana yang pertama adalah Super Red. Ikan jenis ini banyak ditemukan di perairan Kalimantan, terutama Kalimantan Barat. Arwana Super Red memiliki ciri-ciri khusus berupa warna merah pada mulut, sungut, dan siripnya saat masih muda.

arwana super red cjaquatic.com

Namun saat menjelang dewasa, warna merah akan mulai muncul di beberapa bagian lain tubuhnya. Dengan demikian, seluruh tubuh ikan Arwana Super Red akan terlihat mencolok tapi tetap cantik dan memesona.

Arwana Super Red dikelompokkan menjadi beberapa varietas, diantaranya adalah Chili Red, Orange Red, dan Blood Red. Untuk harganya pun bervariasi antara Rp 2 juta hingga nyaris menyentuh angka Rp 50 juta per ekornya. Harga arwana tersebut disesuaikan terhadap jenis, ukuran, dan faktor lainnya.

baca juga:  Ikan Koi - Taksonomi, Morfologi, Habitat, Asal, Sejarah, Fakta Unik & Jenis

2. Arwana Banjar

Sesuai dengan namanya, ikan Arwana Banjar dapat ditemukan di wilayah Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin. Ikan ini mempunyai warna merah yang unik, tapi tidak setegas arwana Super Red.

arwana banjar infobinatang.com

Selain itu, arwana banjar memiliki sirip berwarna oranye dan ekor kekuningan dengan panjang tubuh mencapai 90 cm. Oleh sebab itu jika ingin memeliharanya atau membudidayakannya, kita membutuhkan tempat agar ikan dapat bergerak bebas.

Mengenai harganya, ikan arwana banjar dijual dengan harga sekitar Rp 2 juta per ekor.

3. Arwana Papua

Arwana Papua atau yang juga dikenal dengan nama Arwana Jardini ini hidup di kawasan perairan Papua hingga Australia. Arwana Papua mampu tumbuh hingga 90 cm dengan berat mencapai 17 kilogram. Warna tubuhnya cenderung kuning keemasan, namun tidak terlalu mencolok.

arwana papua nakamaaquatics.id

Ciri khusus pada fisik ikan Arwana Papua adalah tubuhnya yang memiliki warna dasar hitam kecokelatan dengan bintik kuning keemasan. Ikan cantik dan unik ini umumnya dijual dengan harga sekitar Rp 4 juta per ekor.

4. Arwana Golden Pino

Golden Pino atau juga sering disebut dengan nama Arwana Hijau atau Green Arowana tersebar di seluruh kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Thailand, hingga Myanmar. Keunikan ikan ini bisa kita lihat pada warnanya yang tampak seperti perpaduan antara warna hijau, emas, dan kuning cerah.

baca juga:  Mengenal Burung - Taksonomi, Ciri, Sebaran, Habitat dan Status Konservasi
arwana golden pino wikimedia

Ciri fisik yang cukup menonjol lainnya terlihat pada bagian kepala yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan jenis ikan arwana Asia lainnya. Harga ikan ini berada di kisaran Rp 4 juta per ekor.

5. Arwana Red Tail Golden

Berikutnya adalah ikan Arwana Red Tail Golden atau yang sering disingkat menjadi arwana RTG. Ikan ini dapat ditemukan di perairan Riau dan beberapa kawasan Sumatera lainnya. Di alam liar, RTG terbilang sangat agresif sehingga sangat susah ditangkap.

arwana red tail golden Pinterest

Arwana Red Tail Golden adalah salah satu varietas Arwana Golden, tapi sedikit berbeda dengan jenis Cross Back Golden atau CBG yang sering ditemukan di pesisir Malaysia. Ikan Arwana Red Tail Golden juga sering disebut sebagai Indonesian Golden Arwana.

Ciri khas RTG bisa kita temukan pada paduan warna tubuhnya yang terdiri dari warna kuning, hijau, biru, emas, dan sedikit semburat kemerahan. Harga RTG yang paling murah di pasaran sekitar Rp 2 juta, tapi bisa jauh lebih mahal tergantung warna dan ukurannya.