Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Manfaat Memeliharanya

5/5 - (2 votes)

Selain kucing, anjing ataupun kelinci, ikan hias adalah jenis hewan yang sangat populer untuk dijadikan peliharaan di rumah. Tak sedikit orang yang menjadikan ikan hias sebagai penghias aquarium sehingga memberikan unsur dekoratif bagi hunian.

Ada banyak jenis ikan hias di dunia, mulai dari ikan hias berukuran kecil hingga besar dengan beragam warna. Umumnya, ikan hias dipelihara di dalam akuarium yang sengaja diletakkan sebagai dekorasi dalam berbagai bentuk dan juga ukuran. Namun, tak sedikit pula yang memelihara ikan hias di kolam dengan menerapkan sistem budidaya.

Seperti yang kita ketahui, habitat ikan hias dapat dibagi menjadi dua, yaitu ikan hias air tawar dan air laut. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa kita jadikan pilihan peliharaan.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Tidak hanya karena bentuk dan warnanya yang cantik, memelihara ikan semacam juga membuat suasana rumah menjadi lebih asri sehingga membantu menyegarkan pikiran. Bila berkeinginan memelihara ikan hias di rumah, sebaiknya pilihlah ikan yang mudah beradaptasi dan tidak mudah mati sebagai berikut:

1. Ikan Cupang (Betta)

Ikan cupang atau ikan adu siam adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer. Ikan cupang memiliki banyak warna dengan bentuk yang cantik dan menarik.

Pixabay

Perawatannya pun tergolong mudah, kita hanya perlu menempatkan ikan-ikan ini ke dalam botol yang telah diisi air agar bisa tetap hidup. Namun sayangnya, ikan ini cukup agresif sehingga tidak bisa digabung dengan jenis ikan lainnya.

baca juga:  Ikan Betok - Taksonomi, Morfologi, Habitat, Kandungan & Manfaat

2. Ikan Botia (Chromobotia)

Botia adalah salah satu jenis ikan hias nokturnal karena cenderung aktif di malam hari. Saat ini, ikan botia menjadi ikan yang paling banyak diburu oleh para pecinta ikan hias untuk ditempatkan dalam akuarium mereka.

ikan botia wikimedia

Ada beberapa jenis ikan botia yang jadi primadona, seperti ikan botia macan (Syncrossus Hymenophysa), ikan botia morleti (Yasuhikotakia morleti), dan ikan botia badut (Chromobotia macracantus bleeker).

3. Ikan Koi (Cyprinus rubrofuscus)

Nama koi secara spesifik berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper memiliki ciri khas perut buncit dengan warna-warna cerah. Biasanya, ikan koi dipelihara di kolam.

ikan koi Pixabay

Ikan ini membutuhkan habitat luas agar warna tubuhnya semakin bagus dan harganya meningkat. Ikan koi terdirid dari berbagai jenis dan termasuk ikan hias air tawar berharga mahal.

4. Ikan Black Ghost (Apteronotus albifrons)

Ikan hias ini berasal dari Amazon dengan tubuh berwarna hitam, bentuk pipih dan panjang layaknya hantu. Ikan black ghost sangat suka memakan jentik-jentik nyamuk dan serangga air kecil atau pelet khusus ikan.

ikan black ghost wikimedia

Selain itu, perawatannya cukup mudah sehingga bisa menjadi pilihan tepat bagi yang ingin memelihara ikan hias di rumah.

5. Ikan Louhan (Cichlasomatinae)

Ikan louhan atau lou han merupakan salah satu jenis ikan hias termahal yang dipelihara di akuarium. Ciri utama ikan ini adalah warna sisiknyayang rupawan dan benjolan di kepala yang sangat khas.

ikan louhan wikimedia

Louhan sangat populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar karena dipercaya menjadi simbol keberuntungan.

6. Ikan Lemon (Labidochromis caeruleus)

Ikan hias ini diberi nama lemon karena tubunnya berwarna kuning terang layaknya sebuah lemon segar. Ikanlemon dikenal memiliki daya tahan yang cukup kuat dan mudah beradaptasi.

ikan lemon aquainfo.org

Namun sayangnya, ikan lemon termasuk dalam jenis ikan agresif yang tidak bisa dipelihara dalam satu tempat dengan jenis ikan lainnya.

7. Ikan Guppy (Poecilia reticulata)

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah dipelihara. Ikan ini harganya juga relatif terjangka. Ikan guppy memiliki ukuran tubuh sekitar 2,5 hingga 5 cm yang dilengkapi sirip cantik dengan berbagai motif warna yang menawan.

baca juga:  Pantai Telawas - Mengunjungi Planet Krypton Asal Superman!
ikan guppy wiki.nus.edu.sg

Apabila ikan guppy merasa nyaman dengan lingkungan tempat tinggalnya, maka ikan-ikan ini akan mudah berkembang biak.

8. Ikan Neon Tetra (Paracheirodon innesi)

Ikan neon tetra seakan menjadi pelengkap pilihan ikan hias air tawar untuk dijadikan peliharaan di akuarium. Ikan ini masuk dalam kelompok ikan cardinal atau ikan yang hidup secara bergerombo.

ikan neon wikimedia

Sisik yang ada di tubuh ikan neon tetra mengandung zat bioluminescence atau sistem penerangan cahaya alami sehingga terkesan bersinar.

9. Ikan Molly (Poecilia sp)

Jenis ikan hias air tawar berikutnya adalah ikan molly dengan berbagai jenis warna-warna menarik. Bentuknya kecil, gemuk, dan sangat jinak sehingga cocok dipelihara di akuarium bersama jenis ikan kecil lainnya.

ikan molly wiki.nus.edu.sg

Ikan guppy termasuk golongan ikan dengan daya tahan tinggi. Bahkan, ikan molly diklaim tetap bisa bertahan hidup meski tidak tersedia alat pompa oksigen di dalam akuarium.

10. Ikan Platy (Xiphophorus maculatus)

Jika dilihat sekilas, ikan platy mempunyai bentuk serupa dengan ikan molly. Bedanya, ikan platy memiliki warna tubuh yang lebih mencolok.

ikan platy plugon.u

Selain memiliki aneka jenis warna yang menarik, ikan ini sangat mudah dirawat sehingga cocok dipelihara bagi para pemula.

Manfaat Memelihara Ikan Hias

Selain meningkatkan nilai estetika ruangan, sebenarnya memelihara ikan hias di dalam rumah memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan manusia. Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya.

kucing dan aquarium Pixabay

1. Membantu Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah ideal manusia adalah sekitar 120/80. Ketika tekanan darah stabil, maka tingkat stres juga akan mengalami penurunan cukup signifikan. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, ternyata memandangi akuarium berisi ikan hias mampu membantu menstabilkan tekanan darah.

Tentunya hal ini memberi manfaat kesehatan sangat besar, terutama bagi siapa saja yang memiliki riwayat gangguan kardiovaskular.

baca juga:  Ikan Arapaima - Taksonomi, Morfologi, Asal, Sebaran dan Fakta Unik

Memperhatikan gerakan ikan berenang di akuarium dengan warna yang beragam juga terbukti mampu membuat tubuh lebih rileks. Kondisi semacam ini sangat ampuh dalam menurunkan tingkat kecemasan sehingga pikiran menjadi lebih jernih. Selain itu, memandangi akuarium berisi ikan hias juga memicu neurokimia pada otak yang dikenal dengan GABA.

Neurokimia merupakan asam amino yang bertindak sebagai neurotransimter. Fungsinya untuk menghambat atau memperlambat transmisi saraf di otak.

2. Manfaat Bagi Penderita Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit gangguan otak yang menghancurkan memori penderita secara bertahap. Bahkan, penyakit ini juga mengganggu kemampuan berpikir sehingga secara tidak langsung juga menghancurkan kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas harian.

Akan tetapi, ternyata penyakit Alzheimer bisa diatasi secara perlahan dengan kehadiran akuarium berisi ikan hias warna-warni. Aakuarium berisi ikan seperti ini mampu menginduksi stimulasi sensorik umum yang membantu meningkatkan nafsu makan penderita Alzheimer. Tentu saja, hal ini berdampak pada peningkatan berat badan sehingga mereka bisa tetap aktif secara mental.

Selain itu, dengan menyaksikan ikan hias air tawar berenang, maka fokus para penderita Alzheimer akan meningkat. Bahkan, hal ini bisa mengurangi perilaku agresif penderita.

Para ahli juga berpendapat, memperhatikan akuarium berisi ikan hias dapat memicu neurotransmitter di otak secara alami. Di samping itu, adrenalin yang merupakan neurokimia hasil produksi kelenjar adrenal yang terletak di bagian atas ginjal memiliki tanggung jawab dalam peningkatan energi dalam tubuh.

3. Membantu Mengontrol Anak Hiperaktif

Terkadang anak yang mengalami kondisi hiperaktif dapat menyebabkan berbagai kekacauan di dalam rumah. Hal ini disebabkan karena mereka memiliki rentang fokus yang sangat rendah sehingga tak sedikit orang yang kemudian menganggap anak-anak hiperaktif sebagai anak nakal.

Namun ternyata dengan meletakkan sebuah akuarium berisi ikan hias di dalam rumah, ampuh membantu mengurangi tingkat hiperaktif anak. Bahkan, mereka akan jadi lebih fokus dan tenang.

Penyebab penurunan tingkat hiperaktif ini berasal dari lonjakan sekresi GABA saat menyaksikan ikan berenang yang dipercaya memberi efek penenang.