Aneka Jenis Ikan Molly Cantik Untuk Peliharaan Aquarium

5/5 - (1 vote)

Di Indonesia, ikan molly lebih dikenal dengan sebutan ikan balon. Padahal ikan balon hanyalah salah satu dari sekian banyak jenis molly. Ikan yang hidup di air tawar ini berasal dari Meksiko.

Di tempat asalnya, selain hidup di air tawar ternyata ikan molly juga dapat hidup dan beradaptasi di habitat air payau dan laut Meksiko. Molly liar berwarna agak kusam dan keperakan dibanding ikan molly peliharaan. Selain itu, molly jantan dikenal cenderung lebih agresif.

Molly adalah salah satu ikan pengumpan yang paling populer digunakan oleh para pemanacing. Populasinya cukup banyak dengan tingkat pertumbuhan dan kelahiran tinggi.

Dulu ikan molly ditangkap untuk dikonsumsi. Namun karena ukurannya yang kecil dan bentuknya indah, maka dalam perkembangannya kini sering dimanfaatkan sebagai ikan hias.

Jenis Ikan Molly

Ikan molly terbagi menjadi 3 jenis, yaitu molly sirip pendek (short fin), molly sirip panjang (sailfin), dan molly ekor cagak (lyretail). Masing-masing jenis tersebut terdiri dari berabagai varia beragam. Apalagi peternak molly yang kerap melakukan kawin saling sehingga terjadi mutasi genetik antar jenis jenis molly dengan molly lainnya.

baca juga:  12++ Katak Beracun di Dunia - Sangat Berbahaya dan Mematikan!
ikan balon ikanesia.id

1. Molly Balon

Dinamakan balon karena bagian perut ikan ini bentuknya membuncit seperti balon. Jenis balon adalah ikan molly yang sangat populer dikalangan pecinta ikan hias air tawar. Selain karena bentuknya yang unik dan menggemaskan, warna molly balon sangat beragam, seperti warna kuning, jingga, merah, belang-belang, dan lain-lain.

Ikan balon termasuk mudah berkembang biak. Cirinya ketika ikan betina hamil, perutnya akan semakin membesar. Masa kehamilan molly balon sekitar 6 hingga 8 minggu yang mampu menghasilkan puluhan anakan ikan.

2. Dalmatian Molly

Sesuai namanya, molly jenis ini bercorak seperti anjing dalmatian. Warna dasar tubuhnya adalah putih dengan bintik-bintik hitam. Semakin banyak corak hitam dan putihnya, maka ikan ini dianggap lebih cantik.

Ukuran tubuh dalmatian molly sekitar 5 inci dan umumnya lebih besar dari molly lainnya.

3. Black Sailfin Molly

Black Sailfin adalaj jenis ikan molly bersirip panjang. Bentuknya terlihat sangat indah dengan warnanya yang hitam pekat. Molly sirip panjang berwarna hitam juga termasuk jenis yang mudah berkembang biak.

Oleh sebab itu, sangat cocok untuk dijadikan ikan peliharaan di aquarium maunpun dibudidayakan.

4. Silver Sailfin Molly

Silver Sailfin masih termasuk anggora molly bersirip panjang. Ikan berwarna silver sangat indah untuk dijadikan peliharaan di dalam akuarium.

Pada umumnya, ikan molly sirip panjang silver betina tubunya lebih besar dibandingkan jantan. Pembeda lainnya adalah ikan jantan biasanya memiliki warna oranye di bagian punggungnya.

baca juga:  Parijoto - Taksonomi, Morfologi, Asal, Habitat, Kandungan & Manfaat Buah

5. Golden Black Molly

Jenis molly ini sangat unik karena mempunyai 2 warna di tubuhnya. Bagian kepala sampai tengah badan atau perut berwarna keemasan hingga kuning terang, lalu sisanya sampai ekor berwarna hitam.

Oleh karena warna tersebut, seakan ikan ini seperti memakai pakaian atasan dan bawahan. Variasi warna inilah yang membuat jenis ikan molly golden black banyak dicari pecinta ikan hias.

molly fish Pixabay

6. Platinum Lyretail Molly

Ikan molly ekor cagak hibrida sangat indah untuk menghiasi akuarium di rumah. Tubuhnya berwarna perak namun saat bergerak akan terlihat keemasan.

Selain karena warnanya yang indah, keunikan lain dari platinum lyretail molly adalah sirip punggungnya yang bisa terbuka dan berkibar tinggi. Namun siripnya tidak terus-menerus terbuka, melainkan jika ada ruang yang cukup luas.

7. Marble Molly

Sesuai dengan namanya, marble molly mempunyai warna tubuh menyerupai marble atau marmer. Warna dasar tubuhnya cenderung putih yang dihiasi dengan bercak hitam.

Bedanya dengan ikan molly dalmatian adalah bercak hitamnya lebih kecil dan bentuknya cenderung bulat. Sementara marble molly bercak hitamnya lebih besar dan bentuknya tidak beraturan. Ikan ini terlihat anggun jika dipelihara di dalam akuarium.

8. Yucatan Molly

Jenis ikan molly yucatan dinamakan sesuai dengan tempat asalnya, yaitu Yucatan Peninsula yang berada di Meksiko bagian timur tenggara. Ciri yang membuat yucatan molly unik adalah perpaduan warnanya. Hampir keseluruhan tubuhnya berwarna oranye keemasan, namun bagian perut dan bawah tubuhnya berwarna putih.

Ukuran yucatan molly cenderung lebih kecil dibanding jenis lainnnya, yakni maksimal panjangnya hanya mencapai 12 cm. Sementara ikan molly lainnya dapat tumbuh hingga 15 cm bahkan lebih.

baca juga:  Ikan Betik - Taksonomi, Morfologi, Habitat, Populasi dan Budidaya

9. Wild Green Sailfin Molly

Meski tampak indah seperti molly hibrida, tapi wild green sailfin molly adalah jenis ikan molly yang berasal dari Amerika Tengah. Spesies ini merupakan spesies molly terbesar yang berkembang biak di Danau Peten, Guatemala.

Warna tubuhnya berkilauan hijau keemasan sangat indah dengan ukuran besar. Ikan jantan dapat tumbuh hingga 15 cm, sementara ikan betina cenderung tumbuh lebih besar dibanding jantan.

10. White Pot Belly Molly

Bagi yang menyukai ikan molly berbentuk unik dan berukuran kecil, maka white pot belly molly bisa dijadikan pilihan ikan peliharaan. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari jenis molly lainnya dan bentuk tubuhnya cenderung membulat, tidak memanjang.

Secara keseluruhan, warna tubuhnya putih. Karaktersitik yang membuatnya semakin indah adalah sirip punggung dan ekornya berwarna transparan dengan hiasan corak putih yang indah.