Mengenal Nemo, Ikan Lucu Hidup Diantara Anemon Laut

4/5 - (2 votes)

Salah satu jenis ikan yang terkenal karena menjadi salah satu tokoh di film animasi anak adalah ikan nemo. Nemo merupakan salah satu jenis ikan hias paling populer di kalangan pecintanya.

Tampilannya yang menawan dengan warna-warna mencolok menjadi ciri khas yang mengesankan. Keindahan ikan ini pun membuat banyak pecinta ikan hias tergila-gila untuk memeliharanya.

Kepopuleran film Finding Nemo produksi Disney Pixar menjadikan nemo sebagai salah satu komoditas bernilai ekonomi tinggi. Sebelum dikenal karena film tersebut, ikan nemo lebih dengan nama ikan giru atau ikan badut (clownfish).

Taksonomi

Ikan dengan nama latin Amphiprioninae ini terdiri dari 28 jenis yang telah berhasil diidentifikasi oleh para ahli. Sebagian besar dari jenis tersebut berasal dari genus Premnas dan sisanya masuk dalam golongan Amphiprion.

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari ikan nemo, yaitu:

KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasActinopterygii
OrdoPerciformes
FamiliPomicentridae
Sub familiAmphiprioninae
GenusAmphiprion dan Premnas
SpesiesAmphiprion akallopisos

Morfologi

Selain dikenal dengan nama ikan giru dan ikan badut, ikan ini juga disebut sebagai anemon fish. Sebab, ikan nemo seringkali terlihat hidup diantara anemon laut. Tubuh nemo memiliki warna dasar oranye cerah dengan tiga belang warna putih. Selain itu, di bagian kepala, tengah tubuh, dan pangkal ekornya terdapat sedikit warna hitam.

baca juga:  Ikan Cupang - Taksonomi, Morfologi, 9 Jenis Cupang Peliharaan & Harga

Bagian tulang di bawah mata tidak berduri panjang dan cenderung bergerigi pendek. Ikan ini juga mempunyai jari-jari keras yang tidak sama panjang pada bagian sirip punggung. Selain itu, terdapat 11 jari-jari di bagian sirip dorsal dan 17 jari-jari di bagian pectoral. Secara umum, ikan nemo bisa tumbuh hingga mencapai panjang 15 cm di alam bebas.

Karakteristik

Rata-rata tubuh ikan nemo berukuran antara 6 hingga 18 cm dimana setiap warna tubuhnya tergantung dari spesies masing-masing. Ikan yang sering dimanfaatkan sebagai ikan hias ini biasanya mendiami wilayah perairan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, termasuk wilayah perairan Indonesia.

ikan badut dan anemon laut Pixabay

Pesona dan khas warna tubuh inilah yang pada akhirnya membuat nemo banyak diburu. Diperkirakan, sampai saat ini perdagangan ikan nemo di pasaran mencapai lebih dari 40%dari total perdagangan seluruh ikan hias di dunia.

Selain dikenal karena film nak-anak, ikan ini juga menjadi contoh hewan yang melakukan simbiosis mutualisme atau interaksi yang saling menguntungkan,yaitu dengan anemon-anemon laut. Anemon laut menjadi pelindung bagi ikan-ikan nemo dari para predator. Begitupun sebaliknya, ikan nemo memberik keuntungan dengan membersihkan anemon dari sisa-sisa makanan yang mengganggu.

Habitat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, populasi ikan nemo paling banyak ditemukan di bagian timur Samudera Hindia dan di bagian barat Samudera Pasifik. Ikan-ikan kecil ini juga bisa ditemukan di sekitar Northern Australia, Jepang, dan Asia Tenggara.

baca juga:  Bunga Lili - Taksonomi, Morfologi, Makna, Habitat, Sebaran, Jenis & Budidaya

Ikan nemo umumnya hidup dalam kelompok-kelompok kecil di lereng terumbu luar ataupun di sekitar laguna yang terlindung. Ikan ini bisa ditemukan pada kedalaman maksimal 15 meter dari permukaan laut.

Ada sekitar tiga spesies anemon laut yang sering menjadi habitat favorit ikan nemo, yaitu anemon ritteri (Heteractis magnifica), anemon karpet laut Mertens (Stichodactyla mertensii) dan anemon karpet raksasa (Stichodactyla gigantea).

Jenis Ikan Nemo

Berikut ini merupakan jenis spesies ikan nemo yang populer dan kerap dijadikan ikan hias laut peliharaan, yaitu:

ikan nemo grid.id

1. Ikan Nemo Merah Marun (Premnas biaculeatus)

Sesuai dengan namanya, tubuh ikan nemo jenis ini berwarna merah marun dengan kombinasi corak putih. Inilah yang membuatnya tampak cantik dan unik untuk dipelihara di akuarium.

Meski pada dasarnya ikan nemo berasal dari perairan Indo-Pasifik, tapi di zaman serba canggih seperti saat ini, kita bisa memeliharanya di dalam akuarium. Ikan dengan nama latin Premnas biaculeatus ini dapat tumbuh mencapai 17 cm.

2. Ikan Nemo Oranye (Amphiprion percula)

Berbeda dengan Premnas biaculeatus, ikan dengan nama latin Amphiprion percula ini memiliki warna dominan oranye dan juga termasuk jenis paling populer. Jadi tak heran, jika ikan nemo oranye banyak diburu oleh para kolektor ikan hias untuk dipelihara di dalam akuarium. Apalagi, selain corak warna tubuhnya yang indah, ikan ini juga memiliki gerakan yang sangat lincah.

baca juga:  Ranu Pani - Desa Tertinggi Pulau Jawa & Check Point Pendakian Semeru

Namun sayangnya, saat ini banyak pecinta ikan hias yang mengaku kesulitan membudidayakan nemo jenis ini. Pasalnya, ikan nemo oranye membutuhkan perawatan intensif dengan dana yang tidak sedikit.

3. Ikan Nemo ocellaris (Ocellaris clownfish)

Ocellaris adalah salah satu jenis nemo yang paling banyak ditemukan di kawasan perairan Jepang, Australia Utara, hingga Asia Tenggara. Ikan ini terbilang unik karena tubuhnya memiliki corak berwarna hitam dan putih yang luar biasa menarik. Tubuh ikan nemo ocellaris juga terlihat beda dari jenis lainnya karena cenderung gemuk, gempal, dan nyaris oval.