Ikan Oscar – Taksonomi, Morfologi, Habitat dan Cara Merawat di Akuarium

Ikan oscar dengan nama latin Astronotus ocellatus adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak dipelihara di akuarium. Meski populer di Indonesia, ternyata ikan ini berasal dari kawasan sungai Amazon, Brazil, Amerika Selatan.

Ikan yang masih termasuk dalam keluarga Cichlid ini mempunyak karakter atau sifat agresif sehingga tidak bisa disatukan dengan ikan hias lain dalam satu akuarium yang sama. Ikan ini memangsa ikan-ikan lain dengan ukuran lebih kecil, serta kepiting, udang, ataupun jangkrik.

Meski menjadi pilihan favorit ikan hias lainnya, namun bila dibandingkan ikan mas koki ataupun ikan cupang kepopuleran ikan oscar masih dibawahnya. Hal tersebut berkaitan dengan harga dan cara perawatan oscar yang tidak semudah ikan hias lokal.

Ikan oscar mampu tumbuh hingga 40 cm dengan berat hingga 3 kilogram. Jika diberi makan dan dirawat dengan cara yang benar, masa hidup ikan oscar mencapai 14 tahun sehingga cocok menjadi ikan hias peliharaan jangka panjang.

Taksonomi

Ikan ini mempunyai tampilan indah, unik, dan cantik. Pada tubuhnya terdapat corak belang-belang sehingga cocok menghiasi aquarium. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah ikan oscar, yaitu:

KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasPisces
Sub kelasOsteichthyes
OrdoPercamerphi
FamiliCichlidae
GenusAstronotus
SpesiesAstronotus ocellatus

Morfologi

Struktur ikan oscar dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu caput, truncus, dan caudal. Seluruh tubuhnya dilindungi oleh sisik bertipe ctenoid dengan warna bervariasi. Ikan ini memiliki linea lateralis berbentuk lurus ke belakang dengan alat gerak berupa sirip.

baca juga:  Ikan Teri - Taksonomi, Morfologi, Habitat, Sebaran dan Jenisnya
ikan oscar Pixabay

Sirip atau pinna ikan oscar terletak di beberapa bagian, meliputi bagian dorsal, pectoral, ventral, annal, hingga caudal. Membahas mengenai caudal, ikan oscar masuk dalam tipe protocercal karena memiliki bentuk caudal tumpul.

Ikan ini bernapas menggunakan insang seperti sebagian besar jenis ikan lain. Insang tersebut dilindungi oleh operculum. Tipe mulutnya terminal atau terletak di antara dorsal dan ventral pada bagian anterior. Ikan oscar memiliki anus sebagai alat pengeluaran zat-zat sisa dan yang tidak diperlukan tubuh.

Ciri & Karakteristik

Banyak orang mengatakan bahwa ikan oscar mempunyai bentuk dan warna tubuh yang sangat menarik. Sebagian besar jenisnya berwarna kehitaman dengan motif berwarna kuning kemerahan. Umumnya, ikan ini berwarna gelap dengan bintik kuning berbentuk cincin atau ocelli pada bagian batang ekor dan sirip dorsal.

Ikan oscar mempunyai kemampuan untuk mengubah warnanya dengan cepat. Hal ini menjadi salah satu karakter yang mendukung perilaku teritorial antar individu sejenis. Pada dasarnya, oscar juvenile memiliki warna tubuh yang berbeda dengan oscar dewasa. Pada tubuh oscar juvenile terdapat garis dengan band bergelombang putih dan oranye di seluruh tubuh hingga kepala.

Habitat & Sebaran

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ikan oscar merupakan ikan asli perairan Amazon sama seperti arapaima maupun piranha. Selain itu, ikan ini juga ditemukan di sekitar kawasan Rio Paraguay, Parana, dan Rio Negro. Namun, hampir semua jenis ikan oscar yang dijual di pasaran saat ini adalah ikan hasil budidaya dan bisadipastikan sulit menemukan spesies tangkapan asli dari habitatnya.

baca juga:  Ikan Kakap - Taksonomi, Morfologi, Jenis dan Karakteristik

Ikan oscar hidup di sungai yang dengan air bersifat masam, meski begitu ikan ini sangat toleran terhadap segala jenis kondisi air. Di habitat asli maupun akuarium, ikan ini membutuhkan suhu air antara 26o sampai 25o Celsius agar hidup optimal.

Jika tertarik untuk memelihara ikan ini, maka sebaiknya atur akuarium dengan dasar pasir yang dalam disertai beberapa batu besar. Namun di alam liar, habitat paling sesuai bagi ikan oscar adalah perairan danau tergenang atau perairan dengan bagian dasar tidak berbatu.

Tips Merawat Ikan Oscar

Sebagian orang berpendapat memelihara dan merawat ikan oscar di dalam akuarium tidak semudah yang dibayangkan. Akan tetapi juga tidak terlalu sulit juga untuk dilakukan jika kita benar-benar cermat.

memelihara ikan oscar Pixabay

Faktor utama yang menentukan tingkat keberhasilan pemeliharaan ikan oscar adalah kualitas air di dalam akuarium. Ada beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk merawat ikan oscar, antara lain:

1. Siapkan Akuarium

Tips pertama yang perlu kita ketahui adalah persiapan akuarium. Idealnya siapkan akuarium berukuran besar, yaitu dapat menampung kurang lebih 40 sampai 45 liter air.

Kebutuhan air yang banyak tersebut sesuai dengan pertumbuhan ikan yang dapat mencapai 40 cm dan gerakannya sangat aktif sekaligus agresif. Jika akuarium yang disediakan berukuran terlalu kecil, maka ikan akan mudah stres dan menghambat pergerakannya.

baca juga:  Rayap - Habitat, Sebaran, Jenis dan Cara Membasmi

2. Kualitas dan Suhu Air

Air menjadi media utama dalam perawatan ikan oscar. Jika air yang digunakan berkualitas baik, maka ikan dapat tumbuh dengan sehat dan sempurna. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga suhu air akuarium stabil sekitar 23o sampai 27o Celsius dengan pH berkisar antara 6 hingga 8.

Kualitas dan suhu air harus benar-benar diperhatikan karena ikan oscar sensitif terhadap perubahan suhu atau peningkatan kadar amonia.

3. Penempatan Akuarium

Sebaiknya akuarium diletakkan di tempat yang terjangkau sinar matahari karena cahaya dibutuhkan oleh ikan oscar untuk tumbuh dan berkembang. Namun, jangan tempatkan akuarium di bawah cahaya matahari secara langsung agar tidak terjadi peningkatan suhu air.

4. Menjaga Kebersihan Air

Sebaiknya bersihkan air akuarium dengan bantuan kondensor yang mampu mendaur ulang air sebanyak 10 hingga 15 persen setiap minggunya. Hal ini bertujuan agar akuarium terbebas dari kotoran sehingga ikan lebih sehat dan nyaman hidup di dalamnya.