Iklim Dingin – Pengertian, Ciri, Wilayah, Flora dan Fauna

4.2/5 - (9 votes)

Wilayah kutub memiliki iklim yang berbeda dengan wilayah bumi bagian lainnya. Iklim kawasan dengan kondisi lingkungan sangat dingin ini disebut dengan iklim dingin.

Iklim merupakan kondisi cuaca yang terjadi di wilayah tertentu dengan periode lama. Iklim merupakan salah satu faktor yang menentukan aspek kehidupan, seperti hewan dengan ciri khas tertentu hingga tanaman apa yang tumbuh di lingkungan tersebut.

Dengan mempelajari iklim dan mengetahui karakteristiknya, manusia dapat menentukan tanaman apa yang harus dibudidayakan untuk bahan pangan. Melalui pengetahuan tentang iklim pula, manusia bisa bersiap dalam menghadapi risiko bencana alam dan sebagainya.

Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut klimatologi. Bidang ilmu ini mempelajari tentang kecenderungan cuaca di wilayah tertentu. Para peneliti klimatologi biasanya bekerja dengan memantau suhu, kecepatan angin, hingga curah hujan.

Pengertian Iklim Dingin

Menurut pendapat para ahli, tak ada satu pun tempat di muka bumi yang memiliki iklim serupa. Meski demikian, iklim pada satu wilayah dengan wilayah lainnya bisa cenderung sama. Hal ini terjadi karena kesamaan lokasi geografis daerah tersebut terhadap posisi matahari sebagai pusat tata surya.

Iklim di dunia terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan posisi matahari. Nah, salah satu dari keempat pengelompokkan tersebut adalah iklim dingin.

baca juga:  Hari Meteorologi Sedunia - 23 Maret, Apa Maknanya?

Secara garis besar, iklim dingin terjadi di kawasan kutub bumi, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Musim dingin terjadi sepanjang tahun di dua wilayah ini. Bahkan, di beberapa kawasan suhunya selalu berada di bawah 0 derajat celsius atau membeku. Sementara di sebagian tempat lainnya tertutup salju dan es dengan lapisan tanah di bagian bawahnya membeku.

Ciri Kawasan Beriklim Dingin

Iklim dingin dialami oleh kawasan dalam lingkar kutub, yaitu kawasan 66,5°LU-90°LU dan 66,5°LS-90°LS dengan ciri sebagai berikut:

  • musim panas yang sejuk berlangsung singkat
  • tanah selalu membeku sepanjang tahun
  • saat musim dingin tanah tertutupi es dan salju

Wilayah Iklim Dingin

Iklim dingin terjadi di kawasan bumi yang terletak 60o di atas garis lintang utara dan lintang selatan. Contoh beberapa negara yang mengalami iklim dingin adalah Alaska, Kanada, Islandia, Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Rusia bagian utara. Di kawasan tersebut, suhu ketika musim dingin dapat mencapai minus 0 derajat celsius. Sementara suhu di musim panas cenderung sejuk.

Pixabay

Iklim dingin dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu iklim taiga dengan kondisi sangat dingin saat musim dingin. Iklim tundra dengan kondisi dingin di ambang batas normal sehingga hanya lumut dan rumput yang mampu tumbuh. Serta terakhir adalah iklim kutub yang ditandai adanya lapisan es cukup tebal.

Flora dan Fauna

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, iklim dingin terbagi menjadi tiga jenis yang berbeda. Di setiap kawasan tersebut dihuni oleh berbagai spesies flora dan fauna yang berbeda pula.

baca juga:  Siklus Sulfur - Pengertian, Proses, Bakteri, Manfaat & Dampak

1. Taiga

Taiga merupakan habitat hutan boreal yang ditumbuhi oleh pohon-pohon konifer, seperti pohon pinus. Apabila digabungkan seluruh wilayahnya, maka hutan boreal bisa dikatakan sebagai bioma terluas di muka bumi. Hutan taiga menjadi habitat beberapa jenis hewan, seperti harimau siberia dan beruang cokelat.

2. Tundra

Tundra adalah daratan dingin dan beku yang dipenuhi oleh tumbuhan berusia singkat. Di bumi, habitat tundra terdiri dari bagian kutub dan semua gunung yang bersalju.

Hewan-hewan yang tinggal di kawasan tundra beriklim dingin contohnya adalah rusa kutub dengan kemampuan dalam mengendus lumut yang ada di bawah salju karena terbatasnya ketersediaan tumbuhan.

Tingkat keanekaragaman hayati di habitat tundra sangat rendah, sebab hewan-hewan yang hidup di tempat ini harus mendiami wilayah yang cukup luas untuk mencukupi kebutuhan makanannya.

3. Kawasan Es Kutub

Bumi memiliki dua habitat kutub yang terdiri dari kutub utara dan selatan yang selalu ditutupi oleh es atau salju abadi. Habitat ini tidak menyediakan kehidupan bagi tumbuhan sehingga makhluk hidup yang ada di wilayah ini harus mencari makanan dari lautan di sekitarnya.

Ada beberapa hewan yang tinggal di habitat es kutub, antara lain beruang kutub di kawasan kutub utara dan penguin di kawasan kutub selatan.