10 Jembatan Terpanjang di Dunia – Membentang Hingga Ratusan Kilometer!

10 Jembatan Terpanjang di Dunia – Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, proses pembangunan infrastruktur kini menjadi lebih mudah dan cepat, tak terkecuali dalam membangunan jembatan. Berdasarkan fakta tersebut, tak heran jika infrastruktur seper jembatan terpanjang di dunia sebagian besar berada di negara dengan kemajuan teknologi tinggi, seperti Tiongkok dan Amerika Serikat.

Kondisi geografis merupakan salah satu tantangan terbesar bagi kelancaran proses pembangunan jembatan. Namun melalui perancangan struktur yang baik dan kemajuan teknologi, maka pembuatan jembatan super panjang bahkan hingga ratusan kilometer pun bisa dilaksanakan.

Pengertian Jembatan

Jembatan adalah struktur yang sengaja dibuat untuk mempermudah manusia, terutama digunakan untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti rel kereta api, sungai, ataupun jalan raya. Jembatan merupakan bagian dari infrastruktur darat yang dibangun sebagai media penyeberangan pejalan kaki, kendaraan, ataupun kereta api di atas halangan untuk memperlancar aliran transportasi.

Peran jembatan sangat vital dalam traffic flows. Jadi tidak heran, jika jembatan adalah komponen kritis dari suatu ruas jalan karena menjadi penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.

Sejarah Pembangunan Jembatan

Jembatan pertama kali dibuat menggunakan titian kayu untuk menyeberangi sungai. Tak sedikit pula orang yang menggunakan dua utas tali atau rotan yang diikat pada bebatuan di tepi sungai untuk melewati rintangan yang ada. Setelah itu, batu tetap digunakan namun hanya sebagai rangka.

jembatan gantung Pixabay

Jembatan gerbang umumnya memiliki bentuk melengkung. Rancangan ini pertama dibuat pada zaman Kekaisaran Roma, bahkan setelah itu masih banyak jembatan dan saluran air dari zaman tersebut yang kita kenal hingga kini.

Para penduduk Roma pada masa itu mempunyai kemampuan untuk mengetahui perbedaan kekuatan bebatuan yang berbeda. Jenis jembatan yang dibuat di zaman Kaisar Roma adalah jembatan bata dan mortar, karena setelah zaman tersebut teknologi dan ilmu pengetahuan mulai menghilang.

baca juga:  10 Sungai Terpanjang di Benua Eropa, Foto & Penjelasan

Sekitar abad ke-18, terdapat banyak pembaruan dalam pembuatan struktur jembatan kayu yang dipelopori oleh Hans Ulrich, Johannes Grubenmann, dan beberapa orang lainnya. Dengan adanya revolusi industri di abad ke-19, kemajuan teknologi pembangunan jembatan menjadi semakin berkembang karena adanya sistem rangka besi.

Namun sayangnya, besi ternyata tidak memiliki kekuatan ketegangan atau tensile strength yang cukup untuk menopang beban terlalu besar.

Ide membuat jembatan dengan kekuatan ketegangan tinggi berasal dari Gustave Eiffel yang kemudian diaplikasikan pada Menara Eiffel di Paris, Perancis. Metode ini paling sesuai digunakan pada jembatan berukuran panjang karena memiliki kekuatan untuk menopang beban tinggi. Selain itu, beton juga memiliki biaya perawatan yang jauh lebih murah dibanding besi.

Daftar 10 Jembatan Terpanjang di Dunia

Beberapa negara di dunia seakan-akan berlomba dalam membangun jembatan terpanjang di dunia. Keberhasilan dalam membuat konstruksi jembatan dapat menjadi parameter kemajuan suatu negara disamping fungsi utamanya untuk memudahkan mobilitas manusia.

1. Danyang – Kunshan Grand Bridge

Rekor jembatan terpanjang di dunia dipegang oleh Danyang – Kunshan Grand Bridge yang membentang sekitar 165,8 KM. Jembatan yang terletak di Provinsi Jiangsu, Tiongkok ini dibangun dalam kurun waktu 4 tahun dengan melibatkan 10 ribu orang pekerja dan menghabiskan biaya sekitar 8,5 juta dollar AS.

Danyang – Kunshan Grand Bridge Pinterest

Jembatan yang resmi dibuka untuk umum pada Juni 2011 ini terletak di antara Sungai Yangtze Delta yang dikelilingi persawahan dan juga danau. Saat ini, Danyang – Kunshan Grand Bridge memegang Guinness World Record sebagai jembatan terpanjang di dunia dalam semua kategori.

2. Changhua – Kaohsiung Viaduct

Jembatan terpanjang kedua di dunia adalah Changua-Kaohsiung Viaduct yang membentang sepanjang 157,3 km dari Kota Changua sampai Zuoying, Taiwan. Jembatan yang selesai dikerjakan pada tahun 2007 ini adalah jalur kereta cepat Taiwan High Speed Rail yang melintasi jalur super luas.

structurae.net

Menariknya, jembatan ini didesain khusus agar tahan terhadap gempa agar kereta dapat berhenti dengan aman selama fenomena seismik tersebut terjadi.

baca juga:  Penyebab Kelangkaan dan Kepunahan Spesies

3. Cangde Grand Bridge

Seperti halnya Changhua-Kaohsiung Viaduct, jembatan yang diberi nama Cangde Grand Bridge sepanjang 115,9 km ini merupakan jembatan khusus kereta cepat Beijing-Shanghai High Speed Railway di Tiongkok.

Cangde Grand Bridge countriestoday.com

Strukturnya dibuat sedemikian rupa agar tahan terhadap gempa. Jembatan ini melintasi Sungai Wei dan beberapa sungai kecil lain dengan 3092 dermaga yang selesai dibangun pada tahun 2010 lalu.

4. Tianjin Grand Bridge

Jembatan yang mulai dibangun pada tahun 2006 dan rampung di tahun 2010 ini merupakan jembatan jalur kereta cepat yang membentang dari Langfang hingga Qingxian sejauh 113,7 km.

Tianjin Grand Bridge wikimedia

Uniknya, jembatan Tianjin memiliki desain jalur layang yang sengaja dipilih untuk menghindari bangunan di sekitarnya, termasuk di antaranya persimpangan jalan dan jalur kereta api.

5. Weinan Weihe Grand Bridge

Jembatan berikutnya yang menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia adalah Weinan Weihe. Jembatan ini merupakan bagian dari jalur kereta cepat adalah Weinan Weihe Grand Bridge sepanjang 79,7 km. Jembatan ini melintasi jalan raya, sungai, dan jalur kereta api Zhengzhou-Xi’an High Speed Railway yang menghubungkan antara Kota Zhengzhou dan Xi’an di Tiongkok.

Weinan Weihe Grand Bridge wikimedia

Weinan Weihe Grand Bridge selesai dibangun pada tahun 2008, akan tetapi untuk umum baru dibuka secara resmi pada tahun 2010. Selama proses pembangunan, jembatan ini dikerjakan oleh 10 ribu orang pekerja yang menghabiskan sekitar 2,3 juta m3 dan 45 ribu ton baja.

6. Bang Na Expressway

Tidak hanya Tiongkok dan Amerika Serikat yang berlomba-lomba membangun jembatan terpanjang di dunia. Ternyata Thailand juga mengembangkan infrastruktur ini dengan nama Bang Na Expressway. Jembatan ini berupa jalan tol sepanjang 54 km yang membentang di atas jalan Tol Nasional 34.

Bang Na Expressway thai-property-group.com

Bang Na Expressway didesain khusus oleh Jean M. Muller asal Amerika Serikat yang bertindak sebagai konsultan teknik wilayah Asia sebagai perancang pondasi. Sementara insinyur yang bertanggung jawab atas proyek ini adalah Louis Berger Group.

baca juga:  Teknologi Ramah Lingkungan - Pengertian dan Contoh

Pembangunan jembatan Bang Na Expressway menghabiskan 1,8 juta m3 beton yang diselesaikan pada tahun 2000. Bang Na Expressway juga sempat menyandang gelar sebagai jembatan terpanjang di dunia sampai tahun 2008 sebelum proyek pembangunan Danyang – Kunshan Grand Bridge di Tiongkok selesai dikerjakan.

7. Beijing Grand Bridge

Jembatan ini adalah jembatan kereta cepat Beijing – Shanghai High Speed Railway dengan panjang sekitar 48,1 km. Beijing Grand Bridge selesai dibangun pada tahun 2010 dan membentang dari Stasiun Kereta Selatan Beijing hingga Distrik Daxing, Tiongkok.

chinadaily.com.cn

8. Lake Pontchartrain Causeway

Sesuai dengan namanya, Lake Pontchartrain Causeway terdiri dari dua jembatan paralel yang melintasi Danau Pontchartrain di negara bagian Louisiana Selatan, Amerika Serikat. Jembatan sepanjang 38,4 km ini dinobatkan menjadi jembatan terpanjang di dunia yang berada di atas air. Bagian ujung utara jembatan melintasi Mandeville, Louisiana, sedangkan ujung selatannya melintasi Metairie, Louisiana yang terletak di pinggiran Kota New Orleans.

Lake Pontchartrain Causeway Pinterest

Lake Pontchartrain Causeway ditopang oleh 9500 tiang beton yang memiliki bascule membentang di atas saluran navigasi sejauh 13 km selatan pantai utara. Jembatan pertama selesai digarap pada tahun 1956, sedangkan jembatan kedua selesai pada 1969.

9. Line 1 Wuhan Metro

Jembatan berikutnya adalah Line 1 Wuhan Metro yang terhampar sekitar 37,7 km dan menjadi bagian dari jalur Wuhan Metro. Jembatan yang selesai digarap pada Juli 2004 ini menjadikan Kota Wuhan, Tiongkok sebagai kota kelima yang memiliki sistem metro setelah beberapa kota lainnya, seperti Beijing, Tianjin, Shanghai, dan Guangzhou.

Line 1 Wuhan Metro wikimedia

Wuhan Metro adalah sistem angkutan cepat yang memiliki jalur layang dan bawah tanah. Jalur ini melayani seluruh masyarakat yang ada di Kota Wuhan, Hubei, dan sekitarnya.

10. Manchac Swamp Bridge

Jembatan dengan panjang 36,7 km dan lebar 95 meter ini adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia yang melintasi Rawa Manchac, Amerika Serikat.

Manchac Swamp Bridge wikimedia

Manchac Swamp Bridge juga menjadi salah satu jembatan terpanjang yang dibangun di atas air sejak tahun 1979 dan diklaim sebagai jembatan jalan bebas hambatan gratis terpanjang di dunia.