Ayo Dipilih! 15 Jenis Kucing Peliharaan Lucu & Menggemaskan

Hampir semua jenis kucing peliharaan adalah hewan ramah, penyayang, dan bersahabat bagi manusia. Secara keseluruhan, ada banyak sekali varian kucing yang bisa digolongkan berdasarkan ukuran, karakteristik, dan sifatnya.

Oleh sebab itu, tak heran apabila kucing merupakan binatang peliharaan favorit karena memang fisiknya yang lucu, tingkahnya yang menggemaskan sehingga mampu memberikan energi positif bagi pemiliknya.

Jenis Kucing Populer Untuk Peliharaan

Bagi yang berniat memelihara kucing namun masih bingung menentukan jenis kucing apa yang paling cocok dengan karakter kita, silakan simak ulasan mengenai pilihan jenis kucing berikut ini.

1. Kucing Domestik

Kucing peliharaan jenis ini tentu sudah tidak asing lagi. Sebab kucing domestik atau juga sering disebut dengan kucing kampung ini adalah jenis kucing peliharaan yang paling mudah dipelihara. Bahkan, kebanyakan kucing domestik sering dijumpai hidup liar di lingkungan sekitar tempat tinggal manusia dengan karakteristik yang mudah dikenali.

kucing liar Pixabay

Tak seperti kucing ras yang memiliki karakteristik tertentu dan membutuhkan berbagai perawatan khusus, kucing domestik sangat mudah dipelihara dan mudah jinak terhadap manusia. Inilah yang membuat kucing domestik dianggap sebagai salah satu jenis kucing peliharaan paling populer, terutama di Indonesia.

2. Kucing Persia

Kucing persia dikenal dengan sifat ramah dan penyayang, bahkan terhadap orang asing yang baru dikenalnya sekalipun. Biasanya, kucing persia lebih suka menikmati hari-harinya dengan meringkuk di sofa atau tidur bersama pemiliknya karena jenis kucing peliharaan mempunyai sifat manja.

Salah satu sifat kucing persia yang juga menjadi karakter utamanya adalah tenang dan santai, tetapi membutuhkan perhatian. Itulah sebabnya, kucing ini cenderung manja jika kita meninggalkannya dalam waktu cukup lama. Selain itu, kucing persia menjadipeliharaan favorit karena memiliki ciri tubuh imut dan lucu.

kucing persia scrumbles.co.uk

Kucing ini mempunyai tubuh yang diselimuti bulu panjang dan lebat, wajah bulat, dan bentuk hidung pesek. Mengingat karakteristik tubuhnya yang tak biasa, jangan heran jika untuk memelihara kucing ini kita harus mengeluarkan biaya ekstra.

Selain itu, kucing persia juga memiliki nilai jual tinggi. Contohnya ras persia asli dibanderol dengan harga mulai Rp 13 juta per ekor. Sementara untuk kucing persia jenis campuran bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 500 ribu per ekor.

baca juga:  Burung Ciblek - Taksonomi, Morfologi, Habitat, Sebaran & Populasi

3. Scottish Fold

Sesuai dengan namanya, kucing Scottish Fold mempunyai bentuk telinga terlipat sehingga membuatnya terlihat unik dan menggemaskan. Jenis kucing ini sangat cocok dipelihara bagi orang yang tinggal di kawasan perkotaan karena tidak takut dengan suara keras. Scottish Fold termasuk kucing bertubuh besar dengan berat sekitar 4 kg sampai 6 kg.

kucing scottish fold theconversation.com

Dibalik segala keunikannya tersebut, tak heran jika Scottish Fold dijual dengan harga relatif tinggi, yaitu mulai Rp 6 juta per ekor. Sementara untuk jenis kucing Scottish Fold campuran, kita bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp 2,5 juta per ekor.

4. British Shorthair

Varian kucing ini disebut memiliki karakteristik tubuh yang nyaris sempurna dan ideal. Oleh karena alasan atersebut, tak heran jika jenis kucing British Shorthair dianggap sebagai hewan peliharaan yang menarik sekaligus berkelas.

british shorthair meowcitizen.com

Tubuhnya dibekali dengan bulu halus dan memiliki sifat yang menyenangkan. Di toko hewan peliharaan, kucing satu ini dijual dengan harga relatif tinggi, yaitu lebih dari Rp 8 juta per ekor. 

6. American Shorthair

Siapa yang mengira jika jenis kucing peliharaan ini ternyata mempunyai masa hidup lebih lama dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Bagi yang ingin memelihara kucing sebagai teman hidup, American Shorthair merupakan pilihan cocok.

kucing american shorthair zooplus.co.uk

Meski mempunyai nama yang hampir serupa dengan British Shorthair, tapi kucing American Shorthair sangat berbeda dengan British Shorthair yang penampilannya sangat berkelas. American Shorthair merupakan kucing dengan sifat berburu sehingga banyak dimanfaatkan untuk menekan populasi tikus.

Meski begitu, penampilan American Shorthair tak kalah menarik dan menggemaskan dibandingkan jenis kucing lain yang mungkin lebih populer. Untuk mendapatkan kucing ini, kita harus menyiapkan dana sekitar Rp 1,3 juta untuk satu ekor.

7. Kucing Abyssinian

Jenis kucing ini mungkin agak terdengar asing bagi sebagaian besar orang. Abyssinian termasuk ras kucing cerdas, aktif, dan sangat suka bermain. Uniknya, kucing ini tidak diskriminatif ketika berhubungan dengan teman bermainnya, baik itu manusia ataupun kucing lainnya.

baca juga:  Mengenal Kucing Bengal, Mirip Kucing Hutan Namun Jinak dan Bersahabat
kucing abyssinian thesprucepets.com

Abyssinian sangat menikmati interaksi dengan siapa pun. Bahkan, kemampuan adaptif jenis kucing peliharaan ini menjadikannya pilihan tepat bagi para orangtua yang menginginkan hewan peliharaan untuk dijadikan sahabat anak-anak mereka.

8. Kucing Anggora

Bagi para pecinta kucing, Anggora adalah jenis paling populer di Indonesia dan merupakan ras kucing domestik tertua yang berasal dari Ankara, Turki. Kucing Anggora diminati oleh banyak orang karena mempunyai karakteristik khas dengan bulu lebat dan bentuk telinga lebar.

kucing anggora thesprucepets.com

Untuk memelihara kucing anggora di rumah, kita perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 1,5 juta per ekornya.

9. Maine Coon

Tak hanya dikenal sebagai salah satu ras kucing terbesar di dunia, Maine Coon merupakan jenis kucing paling ramah dan senang tinggal di rumah dengan ras kucing lainnya. Bahkan, tak sedikit Maine Coon yang tinggal berdampingan dengan anjing.

kucing maine coon meowcitizen.com

Karakteristik jenis kucing peliharaan ini sangat percaya diri, setia, tapi tidak terlalu menuntut perhatian dari sang pemiliknya. Meski demikian, kebanyakan Maine Coon sangat menikmati segala bentuk perhatian yang kita berikan dan terkesan bawel karena sering mengeong.

10. Russian Blue

Jangan pernah sekalipun terkecoh dan mengira jika jenis kucing Russian Blue senang menyendiri. Pada kenyataannya, kucing ini sangat suka mengamati sebelum akhirnya bertindak. Ketika Russian Blue telah merasa nyaman dengan orang disekitar dan lingkungan tempat tinggalnya, mereka akan selalu dekat sebagaimana kucing peliharaan pada umumnya.

kucing russian blue petplace.com

Selain itu, ras kucing Russian Blue juga sangat suka bermain dan menjadi bagian dari semua hal yang kita lakukan, termasuk berbagi tempat tidur ketika sedang beristirahat.

11. Kucing Bengal

Ras kucing ini masih satu keluarga dengan macan tutul. Meski begitu, kucing bengal sangat jinak dan ramah ketika dipelihara.

kucing bengal Pinterest

Seperti halnya macan tutul, ras kucing ini memiliki ciri berupa bulu bercorak tutul. Oleh para penjual kucing peliharaan, jenis ini umumnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 10 juta per ekor.

baca juga:  Mengenal Sifat Kucing Siam, Jenis, Ciri, Pola Warna dan Cara Merawatnya

12. Kucing Siamese

Kucing siam atau siamese adalah kucing ras oriental yang berasal dari Thailand. Karakteristiknya sangat unik, memiliki suara lembut, tubuh ramping, ekor panjang, berbulu pendek dengan titik gelap, dan warna mata biru tajam.

kucing siamese wikimedia

Ras kucing peliharaan ini terbagi menjadi tiga jenis berbeda, yaitu kucing siam klasik, tradisional, dan modern. Mengingat keunikan yang dimiliki, tak heran jika kucing siam dijual dengan harga hingga ratusan juta rupiah.

13. Kucing Ragdoll

Kucing yang berasal dari Amerika Serikat ini diberi nama Ragdoll karena mempunyai sifat jinak layaknya boneka yang menggemaskan. Karakteristiknya pun terbilang mirip dengan kucing siam dan persia dengan wajah dan pipi membulat.

kucing ragdoll advantagepetcare.com.au

Sifat kucing ini sangat tenang, santai, dan selalu mencari perhatian. Selain itu, Ragdoll tidak terlalu suka bereksplorasi dan lebih memilih untuk mengikuti pemiliknya di sekitar rumah atau tetap berada dalam jarak dekat. Untuk membelinya, kita perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 3,5 juta hingga Rp 10 juta per ekor.

14. Kucing Sphynx

Walau memiliki ekspresi wajah yang sekilas menyeramkan, jenis kucing sphynx ini sangat menyukai perhatian, kasih sayang, dan sesi bermain bersama pemiliknya. Bukan hanya itu, jenis kucing ini juga memiliki sifat penyayang dan selalu bergantung kepada manusia di sekitarnya supaya tetap bersih dan hangat.

kucing sphynx wikimedia

Sphynx merupakan salah satu jenis kucing termahal di dunia yang dikenal tidak memiliki bulu seperti kucing pada umumnya. Namun ketahuilah, kucing ini sebenarnya tetap memiliki bulu tetapi berukuran sangat pendek sehingga membutuhkan perawatan khusus.

15. Kucing Munchkin

Tak seperti jenis kucing lainnya, munchkin memiliki bentuk tubuh cenderung mungil meski usianya telah dewasa. Karakteristiknya mudah dikenali karena kakinya berukuran pendek. Meski begitu, ras kucing ini tetap enerjik dan suka bermain

kucing munchkin bigcathouse.com

Meski tampilannya unik dan menggemaskan, namun harganya masih cukup terjangkau dibandingkan kucing peliharaan populer lainnya, yaitu bisa kita beli dengan harga Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta per ekor.

Bagi yang ingin melihat foto atau gambar kucing jenis-jenis kucing lainnya, silakan kunjungi tautan berikut ini: Aneka Gambar Kucing, Lengkap!