14 Julukan Indonesia di Mata Dunia! Kita Patut Bangga!

5/5 - (2 votes)

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan yang diapit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Setidaknya ada sekitar 17 ribu pulau di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Selain daratan, Indonesia juga memiliki wilayah perairan yang sangat luas mencapai, yakni sekitar tiga juta kilometer persegi. Jadi tidak heran jika mayoritas penduduk nusantara menandalkan sektor agraris dan maritim.

Berbagai Julukan Bagi Indonesia

Indonesia dikenal dunia dengan sebutan-sebutan yang berkaitan dengan kekayaan alam dan keunikan budaya yang dimilikinya. Tentunya julukan bagi ini menjadi kebanggaan terhadap citra Indonesia di mata dunia, antara lain:

julukan indonesia rimbakita.com

1. Balinesia

Tak bisa dipungkiri, Pulau Bali adalah ikon Indonesia yang sangat dikenal oleh masyarakat mancanegara. Alasannya adalah karena Bali merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri.

Hal semacam ini bukan hal yang mencengangkan, sebab Bali memang memiliki bentang alam indah serta tradisi menarik yang mampu membuat siapa pun mengaguminya. Sehingga sangat pantas bila Indonesia dijuluku sebagai Balinesia.

2. Heaven of Earth

Indonesia adalah negara yang wilayahnya dilalui oleh jalur pegunungan dan hamparan dataran tinggi. Kondisi alam semacam ini menjadikannya mendapat predikat Heaven of Earth atau surga bumi. Berkat pemandangan menakjubkan berupa pantai, hutan, pegunungan, sungan dan lainnya, Indonesia pun mampu memukau dunia.

baca juga:  Pantai Klayar, Pacitan - Keindahan Wisata Hingga Menjadi Inspirasi Lagu

3. Macan Asia Tertidur

Pada masa pemerintahan Mantan Presiden Soeharto, Indonesia sempat mendapat dijulukui sebagai Macan Asia. Saat itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat disegani oleh negara lain, khususnya di kawasan Asia Tenggara meliputi sektor pembangunan, ekonomi, olahraga dan sebagainya.

Namun sayangnya, prestasi Indonesia kian meredup hingga akhirnya julukan Macan Asia berubah menjad Macan Asia yang Sedang Tidur. Akan tetapi, diharapkan dikemudian hari Indonesia mampu bangkit dengan potensi yang dimilikinya untuk semakin berkembang menjadi negara besar.

4. Nusantara

Julukan Indonesia berikutnya adalah nusantara. Sebutan ini diberikan untuk seluruh wilayah Indonesia dari ujung Sumatera sampai Papua. Nusantara adalah julukan yang telah dikenal oleh masyarakat dunia sejak zaman Kerajaan Majapahit.

5. Negara Maritim

Indonesia memilili luas kawasan perairan sekitar 3.257.483 kilometer persegi. Luasan ini lebih luas dari total daratan Indonesia. Sehingga tak heran jika Indonesia dikenal sebagai negara maritim karena wilayah lautnya yang begitu potensial dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

6. Negara Agraris

Tidak hanya laut yang luas, Indonesia juga mempunyai tanah subur untuk lahan pertanian. Inilah salah satu alasan mengapa mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani sehingga dijuluki Negara Agraris.

7. Negara Seribu Pulau

Melansir dari Wikipedia, saat ini wilayah kedaulatan Indonesia terdiri dari 17.508 pulau dengan lima pulau besar utama, yaitu Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Dengan jumlah pulau sebanyak ini, maka tak heran jika Indonesia mendapat julukan sebagai Negara Seribu Pulau.

baca juga:  Tari Kecak - Sejarah, Makna, Gerakan, Fakta Unik & Perkembangan

8. Negara Seribu Candi

Indonesia memperoleh julukan sebagai Negara Seribu Candi lantaran sempat terpilihnya Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah sebagai satu diantara tujuh keajaiban dunia. Candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga, keturunan Wangsa Syailendra ini memiliki 72 stupa, 504 arca Buddha, dan 2.672 relief yang memukau.

9. Negara Nyiur

Mengingat Indonesia terdiri dari ribuan pulau, negara ini pun memiliki ribuan pantai dengan pemandangan indah dan memesona. Nah, dari sekian banyak pantai tersebut, sebagian besar adalah habitat bagi pertumbuhan pohon kelapa atau pohon nyiur, sehingga menjadikan Indonesia dijuluki sebagai Negara Nyiur.

10. Negara Megabiodiversitas

Dengan wilayah yang berada di iklim tropis membuat Indonesia menjadi habitat aneka jenis flora dan fauna, termasuk spesies langka yang hanya bisa ditemukan disini atau endemik. Keanekaragaman tersebut kemudian menjadikan Indonesia dijuluki sebagai Negara Megabiodiversitas dengan kekayaan alam berlimpah.

11. Negara Garuda

Indonesia mendapat julukan Negara Garuda terkait dengan lambang negara yang berbentuk burung garuda. Lambang negara ini berasal dari mitologi kuno yang kemudian digunakan sebagai lambang negara Indonesia. Burung garuda merupakan simbol bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan negara yang kuat.

Warna keemasan pada burung garuda adalah gambaran dari keagungan dan kejayaan Indonesia. Sementara pada paruh, cakar, sayap, dan ekornya menggambarkan kekuatan pembangunan disertai tenaga yang sangat besar.

baca juga:  Nusantara - Pengertian, Sejarah, Wilayah dan Wawasan Nusantara

12. Paru-paru Dunia

Salah satu pulai di Indonesia, seperti Kalimantan merupakan satu dari sekian banyak kawasan yang disebut sebagai paru-paru dunia. Pulau ini terdiri dari hutan hujan tropis dengan total luas area lebih dari 40 juta hektar. Hutan-hutan di Indonesia merupakan habitat bagi banyak jenis satwa langka yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

13. The Biggest Moslem Population

Dengan jumlah penduduk mencapai 267 juta jiwa, masyarakat Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku bangsa dan budaya. Selain itu, juga terdapat keragaman dalam agama dan kepercayaan yang dianut dan diakui secara resmi oleh Pemerintah Indonesia, yaitu Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, serta Khonghucu. 

Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia. Persentasenya bahkan menyentuh angka 85 persen dari total jumlah keseluruhan penduduknya. Inilah yang menyebabkan Indonesia dijuluki The Biggest Moslem population.

14. Zamrud Khatulistiwa

Wilayah Indonesia yang berada tepat di garis khatulistiwa dengan tingkat curah hujan cukup tinggi menjadikan tanahnya subur. Bahkan kesuburannya digambarkan dalam sepenggal lirik “tongkat kayu dan batu jadi tanaman”.

Inilah salah satu alasan mengapa Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati tinggi dengan pemandangan hijau nan asri. Oleh karena hijaunya bumi Indonesia, maka negara kita mendapat julukan sebagai Zamrud Khatulistiwa, yaitu permata berwarna kehijauan.