Ciri dan Sifat Kucing Anggora, Serta Bagaimana Cara Merawatnya

Kucing Anggora – Ketika mendengar kata kucing, sebagian dari kita mungkin akan langsung membayangkan hewan lucu nan menggemaskan yang umum dijadikan peliharaan di rumah. Sejak zaman kuno, kucing memang sudah menjadi binatang favorit karena sifatnya yang lucu dan mudah penasaran.

Kucing umumnya mempunyai perilaku aktif dan suka bermain sehingga kerap dijadikan penghibur yang efektif bagi para pemiliknya. Dari sudut pandang psikologis, memelihara kucing terbukti mampu menghilangkan stres dan beban pikiran secara cepat.

Nah, salah satu jenis kucing yang populer dan menjadi primadona di Indonesia adalah kucing anggora. Memang tak bisa dipungkiri jika kucing ini dikagumi karena memiliki fisik anggun dan karakternya yang suka bermain. Oleh sebab itu, ikatan antara kucing angora dengan sang pemiliknya pun bisa lebih cepat terbentuk.

Nah, lalu bagaimana cara merawat kucing anggora? Apakah sulit atau mudah seperti kucing pada umumnya? Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri dan perilaku anggora serta cara perawatannya.

Ciri dan Karakteristik

Meski terkadang sulit membedakan kucing persia dan anggora, kita bisa mencari perbedaannya melalui ciri fisik yang dimilikinya. Akan tetapi dibutuhkan ketelitian dan kecermatan, sebab bisa saja jenis kucing yang diamati adalah hasil campuran.

baca juga:  (A-Z) Daftar Hewan Endemik Indonesia (Lengkap)
kucing anggora thesprucepets.com

Berikut ini adalah ciri dan karakterstik dari kucing anggora, antara lain:

1. Bobot dan Usia

Jika dilihat secara menyeluruh, tampilan fisik kucing anggora asli sangat mudah dibedakan. Anggora jantan memiliki berat badan sekitar 5 kg, sementara kucing betina sedikit lebih ringan. Selain itu, masa hidup kucing ini juga cukup lama, yaitu antara 9 hingga 14 tahun.

2. Warna Mata

Kucing anggora dikenal sebagai salah satu jenis kucing dengan warna mata indah. Warna mata anggora meliputi kuning emas, biru, hijau, hingga beberapa warna unik lain yang tidak terduga.

Bahkan, tak jarang ditemukan kucing angora dengan warna mata berbeda antara satu dan lainnya. Kondisi spesial ini dikenal dengan sebutan odd-eye cat. Warna mata yang berbeda tersebut membuat kucing anggora terlihat unik dan harga jualnya pun semakin tinggi.

3. Bulu Anggora

Selain itu, kucing anggora juga bisa dikenali dari ukuran bulunya yang tidak terlalu panjang namun lebat. Kucing cantik ini mampu beradaptasi pada segala jenis cuaca.

Warna bulu kucing anggora sangat bervariasi, seperti putih, merah, hitam, biru, cream, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan pattern bulunya pun sangat bervariasi, mulai dari solid color, calico, bicolor, tabby, dan smoke.

4. Bentuk Kepala dan Tubuh

Meski mirip dengan ciri kucing asli Indonesia, bentuk kepala kucing anggora mempunyai perbedaan tertentu. Umumnya, kucing jenis ini memiliki bentuk kepala layaknya segitiga terbalik. Dengan kata lain, bagian atas kepalanya cenderung lebih lebar dan terus mengerucut hingga ke bagian dagu. Sementara hidungnya tampak lebih mancung dengan lubang hidung yang terlihat.

baca juga:  Buah Manggis - Asal Usul, Manfaat dan Cara Budidaya

Untuk bentuk fisiknya, tubuh kucing anggora cenderung panjang dengan bagian belakang yang relatif lebih tinggi dibanding bagian depannya. Tubuhnya juga ditopang oleh kaki yang terlihat panjang sehingga bisa dikatakan ukuran tubuh kucing ini tidak terlalu besar dan berat.

5. Ekor Panjang

Ciri fisik kucing anggora yang yang bisa kita amati adalah bentuk ekornya. Seperti halnya bulu dan ukuran tubuh, bentuk ekor anggora cukup panjang dengan bulu tebal dan lebat. Apabila dirawat dengan baik dan benar, kucing ini akan memiliki ekor yang nampak mengembang seperti kemoceng.

Cara Merawat Kucing Anggora

Meskipun sering menjadi hewan peliharaan di rumah, tapi ternyata tidak semua orang mampu merawat kucing anggora dengan baik. Mengingat sifat dasar kucing ini yang sangat manja dan membutuhkan banyak perhatian, tentu orang dengan kesibukan dan sering keluar rumah tidak disarankan memelihara jenis kucing ini.

kucing angora cat-world.com

Apabila dipaksakan, kucing angora akan merasa kesepian dan depresi sehingga lebih rentan sakit. Oleh sebab itu, pastikan kita benar-benar memahami cara merawat kucing sebelum memutuskan untuk memelihara kucing anggora di rumah agar binatang lucu ini dapat hidup dengan semestinya.

Berikut ini adalah tips merawat kucing anggora yang bisa kita terapkan, antara lain:

1. Ruang dan Waktu Luang

Tips pertama yang bisa kita lakukan ketika hendak memelihara kucing anggora adalah memberikan banyak ruang agar dapat bergerak secara aktif. Selain itu, kita juga harus meluangkan waktu bermain bersama kucing-kucing peliharaan dan memberikan kasih sayang.

baca juga:  9++ Daftar Hewan Tercepat di Dunia - Darat, Laut & Udara

2. Minuman dan Makanan Terbaik

Seperti halnya memelihara jenis hewan lain, asupan gizi juga perlu kita perhatikan. Kucing anggora adalah jenis kucing yang sangat jarang minum. Oleh sebab itu, kita bisa mencukupi kebutuhannya melalui makanan yang bisa kita beli pet shop. Akan tetapi kita harus cermat dalam memilihnya, sebab tidak semua kucing cocok dengan jenis makanan yang sama.

Kita harus tahu apakah pakan kucing yang diberikan cocok atau tidak. Jangan lupa untuk memastikan apakah kucing tersebut mendapat porsi makan cukup supaya postur tubuhnya tetap terjaga.

Sebaiknya kucing anggora tidak terlalu kurus ataupun obesitas agar kesehatannya tidak terganggu. Apabila asupan makanan kucing yang kita berikan sesuai, maka bisa dipastikan kucing angora peliharaan akan memiliki bulu indah dan tidak rontok.

3. Kebersihan dan Kesehatan

Berikutnya adalah menjaga kebersihan tubuh kucing dengan memandikannya minimal sekali dalam satu bulan. Pastikan menggunakan shampoo yang cocok sehingga membuat bulunya tampak halus dan tidak menggumpal sekaligus mampu membunuh kutu ataupun parasit di tubuhnya.

Selain itu, sebaiknya beri kucing peliharaan vaksin sesuai jadwal yang dianjurkan oleh dokter hewan. Sebab, kucing jenis ini lebih gampang sakit dengan risiko kematian yang cukup tinggi.