Ingin Memelihara Kucing Persia? Kenali Dulu Jenis dan Perilakunya

Kucing Persia – Salah satu jenis hewan peliharaan yang mudah dirawat dan digemari adalah kucing. Bagi yang ingin memelihara dan merawat hewan menggemaskan di rumah, maka kucing bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Banyak jenis atau ras kucing yang bisa kita pelihara, mulai dari kucing kampung sampai kucing berharga mahal seperti kucing persia. Nah, bagi yang berniat ingin memboyong kucing ini, kenalilah jenis serta perilakunya terlebih dahulu.

Mengenal Kucing Persia

Persia merupakan salah satu jenis kucing dengan kepribadian yang cukup tenang. Kucing ini membutuhkan waktu singkat untuk akrab dengan pemilik dan anggota keluarga lain yang tinggal serumah.

kucing persia scrumbles.co.uk

Meski begitu, pada awalnya mungkin tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari kucing ini. Bahkan, kita harus berhati-hati saat kucing ini merasa tidak nyaman. Sebab, kucing persia kemungkinan akan marah dan mencakar siapa pun yang membuatnya terganggu sebagai bentuk pertahanan diri.

Namun jika kucing persia telah mulai tenang dan percaya bahwa dirinya aman berada di dekat kita, maka kucing ini akan menjadi hewan peliharaan di rumah yang setia. Bukan tidak mungkin, kucing ini akan terus mengikuti dan berada di dekat seluruh anggota keluarga di rumah tanpa terkecuali.

baca juga:  Eceng Gondok - Morfologi, Habitat, Dampak & Manfaat

Sifat dan Perilaku

Umumnya kucing persia lebih senang hidup menyendiri. Hal ini bisa dibuktikan saat kita baru pertama kali mengadopsinya. Kucing ini cenderung lebih memilih hidup menyendiri dan menjauh dari orang-orang asing yang masih belum dikenalnya.

Tak sedikit juga kucing persia yang lebih suka berada di rumah dengan kondisi terlalu ramai. Sebab, lingkungan yang terlalu berisik akan membuat kucing ini merasa terganggu dan gugup.

Perlu diketahui, kucing yang terus-menerus merasa gugup akan mudah sakit. Bahkan, kucing akan semakin mengurung dirinya agar jauh dari orang yang asing disekitarnya.

Para ahli mengatakan, cara paling mudah mencuri perhatian kucing persia adalah dengan rutin mengajaknya bermain. Kita bisa menggunakan bulu yang diikat pada tali ataupun bola yang sengaja dilemparkan ke arahnya.

Selain itu, karakteristik kucing persia adalah pemalas. Jadi jangan heran jika tubuh jenis kucing peliharaan ini cenderung besar dan gemuk.

Jenis Kucing Persia

Ada beberapa jenis kucing persia yang perlu kita ketahui sebelum memilih mana yang hendak dijadikan peliharaan, antara lain:

1. Flat Nose

kucing persia flat nose fussiecat.com

Jenis kucing persia yang pertama adalah flat nose. Tipe breed persia ini sangat populer di kalangan pecinta kucing karena memiliki hidung pesek yang unik. Wajahnya pun terlihat datar karena hidung kucing ini sejajar dengan mata.

Umumnya, persia flat nose memiliki bulu tebal sehingga kita harus teratur memandikan atau membawanya ke salon hewan supaya terhindar dari kutu ataupun jamur. Jangan lupa untuk menjauhkan kucing persia flat nose dari barang-barang mudah pecah. Sebab persia flat nose sangat suka berada di tempat tinggi, seperti lemari ataupun meja.

baca juga:  Iguana - Jenis, Habitat, Cara Pelihara, Keunikan & Beda Dengan Bunglon

2. Peak Nose

kucing persia peak nose Pinterest

Persia peak nose adalah salah satu breed persia dengan harga jual luar biasa mahal. Kucing ini mempunyai hidung paling pesek, kecil, dan juga datar sejajar dengan matanya. Semakin pesek hidung kucing peak nose dan terjamin asal-usul breed-nya, maka kucing ini bisa dijual dengan harga lebih dari Rp 10 juta.

Kendati demikian, persia peak nose memiliki daya tahan yang jauh lebih rentan daripada jenis breed lainnya. Oleh sebab itu, kita perlu merawatnya secara hati-hati dan penuh kasih sayang. Kita sangat disarankan untuk membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan vaksin sesuai jadwal sebelum terserang penyakit.

3. Persia Medium

kucing persia medium fishsubsidy.org

Jenis kucing persia ini sangat umum ditemukan di sekitar kita. Ciri khasnya adalah hidung yang tidak terlalu pesek, namun juga tidak terlalu mancung.

Kucing persia medium dikenal dengan bulunya yang sangat tebal sehingga membutuhkan perawatan yang intensif agar bulu tersebut tidak mudah rontok ataupun kotor. Menariknya, kucing ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik daripada jenis persia peak nose sehingga cocok dipeliahra oleh pecinta kucing pemula.

4. Persia Himalayan

kucing persia himalayan Pinterest

Breed persia lain yang tak kalah populer adalah persia Himalayan yang bisa dikenali dari bulunya yang berpola gelap pada bagian kepala ataupun wajahnya. Selain itu, persia Himalayan dilengkapi dengan dua pasang kaki berwarna gelap sehingga membuatnya tampak menggemaskan.

Tak sedikit orang yang lebih memilih memeliharan persia Himalayan daripada jenis lainnya. Sebab, breed kucing ini dikenal sebagai salah satu breed paling sehat sekaligus memiliki usia lebih dari 15 tahun jika dirawat dengan baik dan benar.

5. Bicolor

kucing persia bicolor catpedia.net

Jenis kucing peliharaan ini memang masih agak asing di telinga. Kucing persia bicolor mempunyai bulu dengan dua pola warna yang berbeda. Selain keunikan tersebut, kucing ini memiliki mata keemasan yang membuatnya terlihat berbeda dari breed persia lainnya.

6. Particolor

chewy.com

Kucing persia particolor merupakan salah satu jenis breed dengan gradasi warna super unik sekaligus menarik. Kucing ini terlihat sangat mewah karena memiliki bulu keemasan yang bergradasi. Umumnya, persia particolor mempunyau warna mata oranye kecokelatan yang senada dengan bulu di tubuhnya.

7. Tabby

kucing persia tabby thesprucepets.com

Tak seperti jenis breed persia lainnya, jenis persia tabby cenderung lebih aktif dan senang berinteraksi dengan manusia. Kucing persia tabby juga menjadi salah satu kucing peliharaan pilihan terbaik, khususnya bagi kita yang belum pernah sekalipun merawat atau memelihara hewan di rumah. Kucing ini juga dikenal sangat vokal dan selalu ingin ditemani.

Industrial Engineer, Civil Servant, Entrepreuner & Writer.