Daftar Nama Lembah di Sumatera

Sumatra adalah pulau terbesar ketiga di Indonesia setelah Papua dan Kalimantan. Pulau Sumatera memiliki keindahan dengan berbagai fenomena alam yang ada, salah satunya adalah berbagai lembah yang tersebar di berbagai daerah.

Tak jarang lembah-lembah di Sumatera menjadi ikon wisata bagi wisatawan lokal hingga mancanegara karena pesona alam yang ditawarkan.

Pengertian Lembah

Lembah adalah wilayah atau kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang cukup panjang. Sisi-sisinya berupa perbukitan yang cukup tinggi.

Pada bagian dasar lembah juga terdapat lingkungan seperti dataran pada umumnya, serta dapat digunakan sebagai tempat tinggal manusia. Adanya lembah membuktikan bahwa permukaan bumi tidaklah rata.

Perbedaan Lembah dan Jurang

Banyak orang yang masih menyamakan lembah dengan jurang, padahal keduanya berbeda. Oleh karena itu, silakan baca perbedaan lembah dan jurang berikut ini.

  • Dinding Pembatas, lembah memiliki struktur dinding pembatas berupa perbukitan atau pegunungan yang berukuran besar dan luas. Sementara jurang, memiliki dinding pembatas berupa bebatuan yang terjal.
  • Bagian Dasar, bagian dasar lembah merupakan tanah datar yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup, melipui pepohonan, hewan, maupun hunian manusia. Sementara bagian dasar jurang berupa bebatuan yang sulit untuk ditempati.
  • Ukuran, perbedaan luas keduanya dapat dilihat dengan mudah. Lembah memiliki lebar yang lebih besar dibanding jurang. Jika kita melihat keduanya secara langsung pasti mengetahui perbedaannya.

Nama Lembah-Lembah di Sumatra

Lembah di Sumatera dikenal masih terjaga dengan baik, pemandangannya juga masih bagus. Karena keindahan yang ditawarkan itulah banyak wisatawan yang datang ke lembah-lembah yang ada di Sumatera. Bagi yang ingin mengetahui tentang lembah yang ada di Sumatera, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Lembah Anai

lembah anai popbela.com

Lembah Anai berada di daerah Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar, Sumatera Barat. Daratan yang diapit pegunungan ini memiliki bermacam keindahan, salah satunya air terjun.

Saat ini lembah Anai telah menjadi obyek wisata alam yang ada terkenal di Sumatera. Oleh warga sekitar, lembah Anai sering disebut juga dengan sebutan Anai Tajun atau Anai Mancua.

2. Lembah Harau

lembah harau netmedia.co.id

Lembah Harau terletak di daerah Payukumbuh, Sumatra Barat. Lembah ini menjadi salah satu lembah terindah di Indonesia. Dikelilingi oleh bukit cadas yang memiliki ketinggian sekitar 150 meter membuatnya begitu menawan.

Di lembah yang sering disebut Ngarai ini terdapat beberapa bukit seperti bukit Air Putih, Bukit Singkarak, Bukit Tarantang serta bukit Jambu. Lembah Harau juga memiliki tebing-tebing granit yang berukuran cukup besar.

3. Lembah Ngarai Sianok

lembah ngarai sianok lomography.com

Limbah Sianok sebenarnya telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Lokasinya berada di daerah Bukittinggi, Sumatra Barat. Bentuk lembah ini cukup unik, topografi lembahnya berkelok diikuti dengan perbukitan disampingnya.

Ketinggian bukitnya mencapai 100 m dengan panjang hingga 15 km, sementara untuk lebarnya mencapai 200 m. Lembah ini bisa dibilang lebih besar dari lembah-lembah sebelumnya.

4. Lembah Asahan

lembah asahan baca.co.id

Lembah Asahan berada di kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Keindahan lembah ini berasal dari hutan yang masih hijau yang berada disekitar lembah tersebut. Di sampingnya terdapat tebing-tebing berukuran besar yang tingginya mencapai 200 meter.

Itulah penjelasan mengenai lembah-lembah yang ada di Sumatera. Indonesia mempunyai banuak lembah yang tersebar di berbagai daerah, ukurannya beragam mulai dari yang kecil hingga besar. Seringkali lembah-lembah yang ada dimanfaatkan untuk tempat wisata masyarakat sekitar hingga luar daerah.