Leuwi Jurig – Keindahan Aliran Sungai dan Kolam Setan di Garut

Ngomong-ngomong soal wisata Garut, kebanyakan dari kita pasti berpikir makanan khas, yaitu dodol yang lezat dan hewan bertanduk unik, yakni domba garut. Tapi ternyata Garut punya lokasi wisata alam yang memukai bernama Leuwi Jurig, simak ulasannya berikut ini.

Leuwi Jurig adalah sebuah sungai yang memiliki air jernih, bersih dan berwarna biru kehijuan, serta diapit oleh dua tebing cadas raksasa. Secara sederhana coba kita bayangkan Grand Canyon, maka ini bisa dibilang mirip dan versi mininya. Lokasinya berjarak sekitar 66 km dari kota Garut.

Dalam bahasa Sunda, mungkin nama obyek wisata ini terkesan menyeramkan. Kenapa ya? Karena “leuwi” mempunyai arti lubuk, kolam atau cekungan, sedangkan “jurig” artinya hantu. Jika digabungkan maka Leuwi Jurig bermakna kolam hantu atau kolam setan.

leuwi jurig garuttrip.com

Akan tetapi ternyata tempat liburan seru ini jauh dari kesan menyeramkan, karena pemandangan alamnnya yang begitu indah sehingga beberapa orang menyebutnya sebagai Leuwi Rumpit.

Leuwi Jurig berada di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat rekreasi ini jauh dari perkotaan dan untuk mengunjunginya diperlukan usaha cukup keras. Namun itu tak menjadi penghalang para wisatawan untuk datang, karena tempat ini nyatanya sering dikunjungi wisatawan, terutama bagi mereka pecinta fotografi.

Sungai ini mempunyai panjang kurang lebih 500 meter dengan kedalaman dangkal, yaitu sekitar 1-2 meter. Perairannya yang juga tenang membuatnya cocok untuk berenang, namun tetap perlu hati-hati karena batuan disini lumayan terjal licin karena ditumbuhi lumut.

Pengelolaan Leuwi Jurig dipegang oleh masyarakat sekitar dengan fasilitas seadanya. Fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir, mushola dan kamar mandi sederhana.

Bagi yang tertarik berkunjung ke obyek wisata ini, kita bisa berangkat dari kota Garut menuju Desa Bojong atau Sasak Rumpit. Perjalanan akan melalui pepohonan rindang serta rumah warga pedesaan yang asri. Suasana sejuk akan kita nikmati sepanjang perjalanan. Setelah itu, kita akan sampai di PLTMH Cirompang Bungbulang dan artinya Leuwi Jurig sudah tidak jauh lagi.

Pengunjung yang masuk tidak perlu membayar tiket, alias gratis! Kita hanya diminta membayar parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Selanjutnya, kita bisa berjalan dan masuk dari dua jalur. Jalur pertama adalah melalui gapura sebelum jembatan dan jalur kedua adalah melewati jalan setapak setelah jembatan.

Mari bersenang-senang menikmati salah satu kekayaan alam Indonesia yang berada di Garut ini! Selamat liburan…