Madu sumbawa telah menjadi ikon Nusa Tenggara Barat dan telah dikenal luas di seluruh Indonesia. Setidaknya, madu alam ini dihasilkan oleh lebah Apis dorsata di kawasan hutan sumbawa, serta lebah Trigona secara budidaya.

Apa Itu Madu?

Madu adalah cairan mirip sirup, namun lebih kental dan rasanya manis yang dihasilkan oleh lebah atau seranga lain dari nektar bunga. Rasa manis madu yang meyerupai gula berasal dari kandungan unsur monosakarida fruktosa dan glukosa.

Terbentuknya madu diawali dari lebah yang mengeluarkan dan mengumpulkan nektar dari bunga-bunga ke dalam sarang. Lebah mampu membawa nektar dari bunga ke sarang karena memiliki kantung madu yang terdapat pada abdomen tubuhnya.

Madu telah dimanfaatkan manusia cukup lama, termasuk madu sumbawa. Manusia zaman dahulu menggunakan madu sebagai makanan, minuman, serta pemanias atau perasa. Aroma dan rasa madu dipengaruhi oleh sumber nektar yang diambil oleh lebah.

Mengenal Madu Sumbawa

Madu asli sumbawa ini dihasilkan lebah liar hutan dan lebah penangkaran. Untuk mendapatkan madu sumbawa asli hutan tidaklah mudah, sebab para pemburu madu alam harus berjalan kaki untuk melewati jurang, tebing, serta sungai-sungai di hutan sumbawa.

madu alami Pixabay

Sarang lebah penghasil madu umumnya berada di pohon-pohon yang tinggi, seperti pohon binong. Namun, fakta dilapangan saat ini populasi pohon binong cenderung menurun, tentunya hal ini juga memberikan pengaruh terhadap produksi madu hutan sumbawa. Selain itu, perubahan iklim juga membuat produksi madu menurun akibat siklus bunga yang tidak menentu.

baca juga:  Pohon Stigi - Banyak Manfaat Meski Terancam Punah

Madu sumbawa asli sebagian besar berasal dari madu hutan. Para pencari madu umumnya masih menggunakan cara lama, yaitu memeras madu dengan tangan. Akan tetapi, seiring perkembangan dan upaya peningkatan kualitas madu agar lebih bersih dan higienis, pemerasan sudah mulai digantikan dengan alat peras.

Kandungan dan Khasiat Madu Sumbawa Murni

Untuk mendapatkan manfaat madu hutan sumbawa murni, saat ini banyak para penjual yang menawarkannya baik melalui toko konvensional maupun marketplace. Salah satu madu terbaik dari hutan sumbawa ini memiliki kelebihan dibanding madu alam lain di Indonesia, yaitu:

  • Meningkatkan Stamina – Menurut hasil penelitian, madu dapat memberikan stamina tambahan untuk beraktivitas. Madu juga bermanfaat unttuk menyebuhkan otot setelah aktivitas berat.
  • Kecantikan – Kulit wajah yang cantik dan bersih dapat didapatkan dengan menggunakan masker madu. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan madu sumbawa murni ke wajah dan diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin.
  • Meningkatkan Sistem Imun – Madu kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kinerja sistem pencernaan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Selain itu, madu juga mengandung nutraceuticals yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.
  • Mencegah Kanker – Kandungan flavonoids yang ada dalam madu dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Tidak hanya itu, kandungan karsinogen juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tumor.
  • Sumber Vitamin dan Mineral – Berbagai macam vitamin dan mineral dapat diperoleh dari madu. Kadar vitamin dan mineral madu tergantung dari sumber nektar yang dihisap oleh lebah.
  • Pelindung Serangan Bakteri dan Jamur – Madu mempunyai kandungan zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan menghindarkan tubuh dari infeksi. Jika seseorang mengalami luka gores, luka bakar, sariawan atau bibir pecah-pecah, maka madu dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut.
  • Menurunkan Berat Badan – Berbeda dengan gula yang mengandung kalori dan lukosa, madu dapat dikonsumsi bagi seseorang yang menjalani porgram diet menurunkan berat badan.
  • Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan – Batuk dan radang tenggorokan ialah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh mikrobakteri. Madu mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri tersebut dan menghindarkannya dari infeksi.
baca juga:  Kopi Robusta - Asal, Klasifikasi, Klon & Perdagangan

Terkenalnya khasiat madu sumbawa disebabkan madu tersebut berasal dari lebah liar yang hanya ditemukan di hutan-hutan sumbawa. Lebah madu sumbawa memakan nektar dari bunga pohon cendana atau Ziziphis mauritania yang banyak tumbuh di hutan sumbawa.

bunga dan buah cendana sociolla.com

Proses pembuatan madu asli sumbawa juga sangat teliti dan terbebas dari proses fermentasi dan hal lain yang dapat mengurangi kualitas dan manfaat madu. Madu yang diambil dari hutan, akan segera diperas, disaring dan dimasukkan ke dalam botol tanpa campuran apapun.

Agar khasiatnya semakin terasa, sebaiknya madu dikunyah dengan sarangnya karena mengandung kadar propolis hingga 100% dan apabila sudah melalui pemerasan hanya tersisa sekitar 10%.

Propolis yang dihasilkan oleh lebah madu mengandung zat-zat yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh dan mengaktifkan kelenjar thymus. Selain itu, propolis madu sumbawa juga mengandung berbagai zat aktif untuk mengobati thypus, diare/muntaber, demam berdarah, flu, TBC, maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, kanker, tumor, mium, kista, jantung, asam urat, asam urat, kolesterol, trigliserin, dan lain-lain.

Harga Madu Sumbawa

Di pasaran lokal, harga madu hutan sumbawa dihargai sekitar Rp 40.000 per botol 625 ml. Harga akan melonjak naik jika madu telah didistribusikan ke wilayah lain, misalnya di pulau lombok yang harganya menjadi Rp 150.000 per botol 625 ml.

madu toples Pixabay

Selain dijual dalam bentuk madu murni, beberapa petani madu jua memasarkannya dalam bentuk madu olahan, contohnya madu kunyit asam, madu jahe instan serta minyak sumbawa yang dikemas dalam toples.

baca juga:  Rammang-Rammang - Destinasi Wisata Pegunungan Karst

Tidak hanya sampai disitu, bahkan sarang bekas perasan madu pun juga dipesan oleh beberapa perusahan kecantikan sebagai bahan baku pembuatan sabun dan alat make up.

Madu Sumbawa – Kandungan, Khasiat dan Harga
5 (100%) 1 vote[s]