Manfaat hutan sangatlah penting bagi kehidupan, tidak hanya untuk manusia, namun juga lingkungan dan komponen abiotik yang ada di bumi.

Bagi yang ingin mengetahui apa itu hutan secara lengkap, dapat membaca artikel ini: Pengertian Hutan, Bagian, Jenis dan Fungsinya.

Seperti yang telah kita ketahui, sepertiga bagian dari bumi ini terdiri dari hutan. Keberadaan hutan memiliki peran penting dalam memberikan dukungan pada manusia serta spesies-spesies lainnya yang jumlahnya tak terhitung di bumi ini. Hutan memiliki banyak manfaat, sehingga sudah seharusnya hutan tetap dilestarikan.

Manfaat Hutan Bagi Manusia

Sebagai paru-paru dunia, hutan berperan penting dalam kehidupan manusia. Hutan memiliki ekosistem yang terdiri dari pepohonan, tanah, jasad renik, hewan, serta lingkungan di kawasan hutan.

pengertian hutan juga diatur dalam undang-undang Pixabay

Begitu pentingnya hutan bagi kehidupan manusia, sehingga dapat dijabarkan jika manfaat hutan adalah sebagai berikut:

Proses ini terjadi pada saat berlangsung fotosintesis oleh tumbuhan hijau. Sebuah pohon yang memiliki daun dewasa dalam satu musimnya mampu menghasilkan oksigen yang dapat dihirup setidaknya oleh 10 orang dalam satu tahun.

Adanya pepohonan di hutan juga berfungsi untuk membersihkan polusi udara. Tentunya bukan hanya polusi akibat karbondioksida saja yang diserap oleh pepohonan, tetapi juga gas lain yang berbahaya bagi kesehatan manusia, seperti karbonmonoksida, SO2 serta NO2.

  • Hutan memberikan suplai makanan bagi makhluk hidup

Hampir setiap hari manusia mengonsumsi sayuran sebagai lauk pendamping. Sayuran tersebut berasal dari tumbuhan yang juga bisa ditemukan di area hutan.

baca juga:  Hutan Lindung - Pengertian, Status Fungsi & Kawasan

Tanaman hasil pertanian atau perkebunan dapat ditanam pada lahan hutan, sehingga hasil tanaman tersebut dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Tanaman atau pepohonan juga menyediakan makanan bagi hewan herbivora untuk kemudian hewan tersebut dikonsumsi oleh manusia. Dapat dikatakan hutan menjadi dasar dari rantai makanan.

  • Tumbuhan hutan untuk obat-obatan

Sejak dulu manusia telah mengenal berbagai jenis tanaman untuk membuat ramuan obat yang diperoleh dari hutan. Hingga kini, ramuan herbal dijadikan sebagai pengobatan alternatif oleh banyak masyarakat.

Ramuan herbal menjadi pilihan karena berasal dari tanaman murni, sehingga dianggap tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya. Oleh karena itu, obat yang berasal dari tanaman umumnya dianggap aman untuk dikonsumsi.

Manfaat Hutan Bagi Lingkungan

Hutan tak hanya bermanfaat bagi manusia, tetapi juga bagi lingkungan sekitar. Keberadaan hutan sebenarnya sangat penting bagi pelestarian suatu ekosistem.

Jika ditelusuri lebih lanjut, akan diketahui bahwa hampir setengah dari spesies hewan dan tumbuhan tinggal di area hutan.

Pixabay

Bahkan, beberapa hewan yang sekarang punah dan langka sebelumnya juga tinggal di hutan sebagai habitat alami mereka. Berikut ini beberapa manfaat hutan untuk lingkungan:

  • Hutan menjadi ekosistem yang bisa bermanfaat untuk menjaga populasi flora dan fauna agar tetap seimbang
  • Hutan juga menjaga keseimbangan dan kestabilan tanah. Akar pepohonan dapat memperkuat tanah dan menyatukan partikel-partikel yang ada di dalam tanah, sehingga kesuburan dan kestabilan tanah tetap terjaga. Kondisi inilah yang membuat hutan berfungsi untuk mencegah terjadinya berbagai bencana terutama bencana banjir dan tanah longsor serta badai debu.
  • Hutan bermanfaat untuk mencegah erosi tanah yang dapat berujung pada timbulnya hal-hal buruk bagi lingkungan
  • Hutan sebagai paru-paru dunia juga berfungsi untuk menjaga kemurnian udara sehingga udara di sekitar area hutan selalu bersih dan segar. Bahkan, hutan-hutan besar bisa meregulasi temperatur di area yang lebih luas. Pepohonan yang ada di hutan akan menyerap CO2, gas CO2 yang konsentrasinya tinggi dapat mempercepat laju pemanasan global.
  • Salah satu jenis hutan, seperti hutan kota meski memiliki ukuran luas yang cukup kecil, namun juga dapat memberikan manfaat sebagai sarana rekreasi, olahraga, dan tata kota. Hawa panas di kota juga bisa dikurangi atau diminimalkan karena adanya hutan kota. Pengaruh hutan terhadap temperatur udara pada akhirnya dapat berpengaruh pula pada keseimbangan cuaca regional.
  • Hutan dapat menciptakan iklim mikronya sendiri sehingga hutan mampu membentuk curah hujan reguler di sekitarnya. Hutan juga menjadi tempat serapan air yang luas. Air hujan yang jatuh kembali ke tanah dan diserap tersebut akan mengisi kembali air tanah yang bermanfaat untuk makhluk hidup.
baca juga:  Hutan Hujan - Pengertian, Ciri, Kekayaan dan Manfaat

Perusakan dan Pelestarian Hutan

Mengingat hutan memiliki manfaat yang besar bagi manusia maupun lingkungan, maka sudah seharusnya kita menjaga kelestarian hutan bersama-sama.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan. Salah satunya adalah dengan tidak melakukan penebangan liar atau penggundulan hutan demi meraup keuntungan ekonomi.

Hutan memiliki peranan yang penting bagi makhluk hidup dan lingkungan di sekitarnya. Jika hutan gundul maka kehidupan akan terancam, karena hutan menjadi sumber kehidupan dan paru-paru dunia sehingga kita harus menjaga ekosistem hutan agar tetap lestari.

forwarder deere.com

Selain penggundulan hutan, umumnya beberapa oknum tidak bertanggungjawab juga melakukan perusakan hutan dengan cara membakar hutan. Area hutan yang telah dibakar ini kemudian digunakan sebagai lahan berkebun atau untuk kegiatan lainnya. Tentu saja kegiatan pembakaran hutan dapat berujung pada rusaknya ekosistem hutan.

Untuk menangani kerusakan hutan tersebut, manusia dapat melakukan kegiatan reboisasi pada area hutan gundul. Reboisasi adalah jalan untuk melakukan pelestarian tanaman termasuk di area hutan.

Selain itu, sebaiknya hindari pula kegiatan berburu hewan liar karena hal ini akan berdampak pada rusaknya ekosistem hutan. Pelestarian hutan perlu dilakukan bersama-sama agar peran hutan bagi kelangsungan hidup dapat selalu dipertahankan.

Manfaat hutan bagi makhluk hidup sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, masih saja banyak orang yang meremehkan dan tidak menganggap penting peran hutan bagi kehidupan di bumi ini.

baca juga:  Ruang Terbuka Hijau - Pengertian, Tipologi, Fungsi & Manfaat

Mari saling mengingatkan dan menyadarkan akan arti penting hutan. Sudah seharusnya kita bersama-sama mendukung dan membantu upaya pelestarian hutan demi kelangsungan hidup di bumi yang lebih baik.

Referensi: berbagai sumber

Manfaat Hutan Bagi Manusia dan Lingkungan
5 (100%) 5 votes