Cara Praktis Mewarnai Bunga & Contoh Sketsa + Gambar

Belajar menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak. Contohnya adalah mewarnai bunga yang beraneka ragam, seperti mawar, melati, anggrek, matahari, dan sebagainya. Aktivitas ini dapat mengasah daya imajinasi anak dan menjadikan mereka lebih mengenal ragam warna.

Untuk menghasilkan warna gambar yang menarik, maka diperlukan latihan mengenai teknik dan cara mewarnai yang benar. Berikut ini adalah tips bagaimana cara mewarnai bunga, contoh sketsa, serta hasil gambar jenis-jenis bunga yang telah diwarnai.

Cara Mewarnai Bunga

Bunga terdiri dari beragam jenis dan warna. Oleh sebab itu sebelum memberikan warna, kita harus mengenal dan tahu apa warna jenis bunga tersebut. Misalnya bunga matahari adalah bunga berwarna oranye dan kuning, bunga mawar berwarna merah, serta bunga melati warnanya putih.

1. Pilih Alat Mewarnai

Crayon atau pensil warna adalah pilihan tepat untuk mewarnai gambar bunga. Alat ini mudah digunakan dan memiliki pilihan warna yang beragam.

2. Siapkan Gambar

Menggambar bunga sangatlah mudah, karena kita sering melihatnya disekitar kita. Gambar-gambar tersebut juga dapat diunduh melalui internet dalam bentuk sketsa hitam putih. Sketsa ini dapat kita cetak dan menjadi media berlatih anak mewarnai.

baca juga:  Bunga Nasional Indonesia - 3 Puspa Cinta Tanah Air

3. Gunakan Tisu

Kemampuan anak dalam melakukan pewarnaan gambar umumnya belum terlalu baik dan tidak jarang menyebabkan kotor. Jadi dibutuhkan pembersih agar tidak mengotori obyek gambar dan tangan anak. Tangan yang kotor dikhawatirkan akan terkena pada obyek gambar dan menjadikan hasil pewarnaan bunga tidak rapi.

4. Teknik Gradasi

Teknik gradasi warna bisa dilakukan untuk menghasilkan gambar yang lebih hidup. Untuk melakukannya, mulailah mewarnai gambar dari sisi terluar dengan jenis warna gelap.

Contohnya saat mewarnai bunga mawar, maka bagian terluar objek warnailah dengan warna merah, kemudian bagian dalam gunakanlah warna merah lebih mudah. Warna ini dapat dipilih sesuai urutan crayon atau pensil warna. Oleh sebab itu pastikan menata alat warnamu sesuai urutan warnanya.

5. Teknik Mixing / Pencampuran

Teknik pencampuran atau mixing dalam mewarnai gambar bunga adalah cara pewarnaan dengan menggabungkan beberapa warna menjadi warna baru. Misalnya bunga yang telah di warnai denga teknik gradasi dapat ditumpuk dengan warna lain. Dari cara ini akan menghasilkan warna baru dan menimbulkan aksen dan kesan unik.

6. Finishing

Tahap akhir dalam mewarnai bunga adalah finishing. Tujuannya adalah agar warna gambar lebih sempurna. Kita bisa melakukan scrabbing atau pengerokan agar warna nampak rapi. Alat scrabbing biasanya telah disediakan di dalam kemasan crayon atau pensil warna.

Sketsa Gambar Mewarnai Bunga

mewarnai gambar bunga matahari

Bunga matahari adalah bunga yang berwarna cerah, yakni oranye kekuningan. Bunga ini bentuknya mirip seperti matahari. Biji bunga matahari bisa dimanfaatkan sebagai makanan bernama kuaci.

baca juga:  Mata Air - Pengertian, Proses, Jenis, Manfaat & Pengelolaan
mewarnai gambar bunga dan kupu-kupu

Kupu-kupu adalah serangga yang sering hinggap di kelopak bunga. Serangga terbang ini akan menghisap nektar dari bunga dan berguna membantu penyerbukan.

mewarnai gambar bunga tulip

Bunga tulip adalah bunga khas dari Belanda. Kita bisa mewarnai pot bungamnya dengan warna cokelat, kelopak bunga berwarna oranye kemerahan, serta daunnya berwarna hijau.

mewarnai gambar bunga dalam pot

Warnailah bunga dalam pot sehingga menjadi gambar yang indah. Terapkan tips-tips tentang cara mewarnai gambar bunga yang telah diajarkan sebelumnya.

mewarnai gambar bunga di taman

Bunga sepatu adalah tanaman semak berbunga. Warna bunganya sangat beragam, seperti kuning, merah, ungu, dan sebagainya. Pilihlah warna sesuka kalian hingga gambar tersebut menjadi lebih cantik.

Contoh Hasil Mewarnai Gambar Bunga

Indonesia adalah negara yang kaya dengan berbagai jenis flora bunga. Dengan belajar mewarnainya, diharapkan kita semakin mengenal jenis-jenis bunga dan melestarikannya.

Berikut ini adalah hasil dari gambar bunga yang telah diwarnai. Kita dapat mencontoh gambar-gambar ini saat mempelajari cara mewarnai berbagai bunga.

gambar mewarnai bunga

Contoh gambar bunga diatas adalah bunga matahari dengan latar belakang langit biru nan cerah.

gambar mewarnai bunga tulip

Gambar bunga yang telah diwarnai tersebut merupakan bunga tulip di dalam pot yang banyak dibudidayakan di negeri Belanda.

gambar mewarnai bunga matahari

Sama seperti gambar pertama, sketsa gambar bunga yang telah diwarnai tersebut adalah bunga marahari dengan latar bukit hijau dan langit biru.

gambar mewarnai bunga cempaka

Jika ingin menggambar bunga cempaka, kita bisa melihat contoh gambar bunga cempaka yang telah diwarnai diatas.

baca juga:  Komponen Biotik - Pengertian, Peran & Fungsi, serta Contoh
gambar mewarnai bunga lili

Bunga lili adalah bunga yang sangat cantik, ia memiliki warna mahkota ungu dengan semburat kekuningan pada bagian tengahnya. Keindahan tersebut bisa kita gambarkan seperti pewarnaan gambar bunga diatas.