5 Tips Mudah Mewarnai Hewan & Contoh Hasil Gambar + Sketsa

Gambar adalah perpaduan titik, garis, bidang dan warna yang berguna mencitrakan sesuatu. Sejak kecil kita diajari bagaimana menggambar dan mewarnai secara sederhana. Contohnya adalah mewarnai gambar hewan dan pemandangan pada media kertas.

Agar menghasilkan gambar yang indah, sebuah sketsa harus diberi warna yang sesuai. Diperlukan kecermatan dalam mewarnai gambar. Berikut ini adalah cara mewarnai hewan dan kumpulan gambar yang dapat kita gunakan untuk berlatih memadukan warna.

Cara Mewarnai Gambar Binatang

Binatang atau hewan merupakan salah obyek yang digunakan para guru untuk melatih siswa menggambar dan mewarnai. Mewarnai hewan lebih sulit dilakukan daripada mewarnai pohon, pemandangan, bunga dan rumah.

Supaya proses mewarnai gambar binatang bisa dilakukan dengan mudah, berikut ini adalah cara atau tips mewarnai lukisan hewan, yaitu:

1. Perhatikan Gradasi Warna

Gradasi warna adalah hal inti yang perlu diperhatikan saat melakukan pewarnaan gambar. Gambar atau lukisan akan tampak lebih nyata ketika kita mampu memberikan gradasi warna yang sesuai.

Caranya cukup mudah. Kita bisa menggunakan crayon atau pensil warna kemudian memilih warna sesuai pola gradasinya.

2. Hindari Gradasi Terlalu Tinggi

Meski gradasi penting dicermati, namun hindarilah memilih warna dengan tingkat gradasi berlebihan. Contohnya saat mewarnai gambar terluar hewan dengan warna oranye kemerahan, maka bagian gambar sisi dalam sebaiknya menggunakan warna lebih muda dua tingkat, seperti oranye netral atau oranye kekuningan.

3. Jangan Pilih Warna Latar Lebih Mencolok Dibanding Warna Objek

Pemilihan warna latar belakang yang terlalu kontras dan mencolok akan meredupkan obyek atau gambar utamanya. Hindari kesalahan ini karena akan mengacaukan fokus objek gambar.

Oleh sebab itu, pilihlah warna latar yang lebih gelam daripada warna obyek. Tips ini juga akan menampilkan kesan obyek sebagai pusat dari keseluruhan bidang gambar.

4. Pastikan Warna Latar Sesuai Habitat Hewan

Untuk memberikan kesan nyata pada warna gambar hewan, maka pilihlah warna sesuai dengan habitat dan lingkungan tempat tinggal hewan tersebut. Misalnya berikan warna biru untuk latar belakang perairan atau warna hijau untuk latar belakang hutan.

5. Mulai Dari Bagian Pinggir / Sisi Luar

Tips mewarnai gambar hewan yang terakhir adalah warnailah gambar dari bagian terluar kemudian menuju ke tengah. Tujuan dari cara mewarnai ini adalah agar gambar lebih rapi dan sentuhan gradasi lebih maksimal.

Kumpulan Gambar Hewan Untuk Latihan Mewarnai

mewarnai gambar kura-kura

Kura-kura adalah hewan lucu yang sering dijadikan obyek menggambar. Binatang reptil bercangkang ini mempunyai umur panjang dan sering menjadi hewan peliharaan.

mewarnai gambar badak

Badak bercula satu adalah salah satu fauna asli Indonesia. Populasi hewan berkulit tebal ini semakin terancam. Dengan mewarnai gambar badak, diharapkan kita lebih mengenal hewan ini dan turut menjaganya.

mewarnai gambar kelinci

Binatang lucu ini berjalan dengan cara melompat. Kelinci sangat menyukai wortel dan berbagai jenis sayuran lain. Kita bisa mewarnai kelinci dengan mudah karena biasanya bulunya berwarna putih.

mewarnai gambar kucing

Banyak dari kita yang mungkin memelihara kucing. Gambar hewan yang sering menangkap tikus ini bisa kita jadikan latihan mewarnai.

mewarnai gambar kupu-kupu

Keindahan kupu-kupu teletak pada warna-warni sayapnya. Serangga ini memiliki siklus hidup unik, yaitu melalui tahap metamorfosis.

Contoh Gambar Hewan Setelah Diwarnai

Gambar binatang yang telah diwarnai akan menghasilkan karya yang cantik. Berikut ini adalah kumpulan contoh pewarnaan gambar hewan yang bisa ditiru.

mewarnai kucing
mewarnai gambar sapi
mewarnai ayam
mewarnai gambar jerapah
mewarnai hewan

Dengan mewarnai berbagai gambar jenis binatang, diharapkan kita lebih menyayang hewan dan melestarikan hutan sebagai habitat hidup hewan-hewan tersebu.