Kumpulan Gambar Mewarnai Ikan & Contoh + Sketsa

3.9/5 - (17 votes)

Mewarnai Ikan – Ikan adalah hewan yang hidup di air dan bernapas menggunakan insang. Vertebrata ini sangat beragam jenisnya, bahkan jumlah lebih dari 27.000 spesies di seluruh dunia.

Agar lebih mengenal jenis dan bentuk ikan, kita dapat mengajari anak-anak menggambar dan mewarnai ikan sesuai dengan aslinya. Beberapa jenis ikan populer yang banyak dikenali adalah ikan lele, ikan mas, ikan bandeng, ikan salmon dan sebagainya.

Cara Mewarnai Ikan

Gambar ikan akan lebih indah jika memberikan warna yang sesuai pada bagian tubuhnya. Berikut ini adalah tips bagaimana cara mewarnai gambar ikan dengan baik dan benar, yaitu:

1. Mewarnai Tubuh Ikan

Langkah pertama mewarnai ikan adalah pada bagian tubuhnya. Misalnya saat mewarnai ikan mas, maka gunakanlah pensil warna atau crayon berwarna kuning hingga menutup seluruh tubuh gambar ikan mas.

Selanjutnya gunakanlah warna oranye untuk mewarnai bagian pinggir tubuh ikan mas. Kombonasi warna kuning dan oranye akan memberikan aksesn warna keemasan sehingga gambar menjadi lebih nyata.

baca juga:  Ikan Guppy - Taksonomi, Habitat, Morfologi, Siklus Hidup dan Reproduksi

2. Mewarnai Sirip Ikan

Bagian sirip ikan mas berwarna lebih tua dari pada tubuh ikan mas. Jadi kita bisa memilih warna kuning atau oranye tua agar memberi kesan nyata. Warnailah bagian sirip dan ekor dengan warna-warna yang sesuai.

3. Mewarnai Mata Ikan

Mata ikan mas biasanya berwarna merah. Gunakanlah kombinasi pensil warna merah tua dan merah muda agar mata ikan lebih terlihat hidup. Sapukan warna secara hati-hati karena ukuran mata ikan mas cukup kecil.

4. Mewarnai Latar Belakang

Ikan adalah hewan yang hidup di air. Agar ikan mas terlihat sedang berada di dalam air, maka berikanlah efek warna biru laut dengan gelombang-gelombang yang mengesankan bentuk air.

5. Mewarnai Gelembung Air

Supaya gambar lebih hidup, kita dapat menambahkan gelembung air disekitar ikan. Pewarnaan ini akan membuat gambar ikan mas seperti asli. Kita bisa menggunakan warna biru muda dan warna putih untuk mewarnai gelembung. Usahakan membuat gelembung secukupnya agar gambar terlihat natural.

Contoh Gambar Ikan

mewarnai gambar ikan lucu

Berbagai ikan memiliki bentuk unik dan lucu. Misalnya ikan guppy yang sering menjadi ikan hias dirumah kita.

mewarnai gambar ikan

Kekayaan laut Indonesia sangatlah melimpah. Lautan nusantara menjadi tempat hidup berbagai jenis ikan, meliputi ikan tuna, ikan bandeng, ikan pari, ikan nemo dan jenis ikan lainnya.

mewarnai gambar ikan mas

Warna ikan mas memang unik. Sisiknya berwarna kuning keemasan dan sering dijadikan menu masakan lezat. Gambar ikan mas dapat dijadikan media berlatih mewarnai ikan karena keunikannya.

baca juga:  Aneka Jenis Ikan Molly Cantik Untuk Peliharaan Aquarium
mewarnai gambar ikan lele

Lele adalah ikan berkumis. Ikan ini banyak dijual di pasar dan dijadikan masakan. Ikan lele juga banyak dipelihara karena mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dengan mudah.

mewarnai gambar ikan hias

Kita dapat belajar mewarnai ikan dari ikan-ikan yang kita pelihara di aquarium. Misalnya ikan arwana yang bisa tumbuh besar dan harganya sangat mahal.

Hasil Gambar Mewarnai Ikan

Berbagai jenis ikan memiliki warna dan bentuk yang berbeda. Misalnya ikan koi yang membentuk pola unik di setiap individu, serta ikan lohan yang memiliki bentuk dahi besar. Ikan juga menjadi sumber nutrisi yang baik bagi kita.

Berikut ini adalah gambar ikan setelah diwarnai. Kita dapat meniru warna-warna yang digunakan pada gambar yang akan diwarnai.

1. Ikan Aneka Warna

gambar mewarnai ikan lucu

Kita bisa menggunakan berbagai campuran warna untuk mewarnai gambar ikan. Seperti pada contoh diatas, campuran warna tersebut akan menghasilkan gambar yang menarik.

2. Karikatur Ikan

gambar mewarnai ikan mas

Terkadang kita tidak harus menggambar ikan sesuai bentuk aslinya, melainkan berupa karikatur lucu. Berilah warna-warna cerah seperti oranye agar gambar terlihat ceria.

3. Gambar Ikan Koi

gambar mewarnai ikan koi

Gambar ikan diatas adalah jenis koi, yaitu ikan yang dianggap memberikan keberuntungan bagi yang memeliharanya. Ciri utama ikan koi adalah corak berwarna merah, putih atau hitam pada tubuhnya.

4. Ikan Nemo

Nemo atau ikan badut adalah ikan yang bersimbiosis dengan terumbu karang. Ikan dengan belang berwarna oranye, hitam dan putih ini juga menjadi tokoh animasi dalam film tentang binatang, khususnya ikan.

baca juga:  Hari Emisi Nol - 21 September

5. Gambar Ikan Cupang

gambar mewarnai ikan hias

Cupang juga dikenal dengan sebutan ikan laga. Ia memiliki sirip dan ekor panjang sebagai ciri khas utamanya. Ikan ini sering dipelihara sebagai ikan hias maupun ikan aduan.