Mengenal Minyak Ikan dan Manfaatnya! Amankah Jika Dikonsumsi?

5/5 - (1 vote)

Sejak dulu hingga kini, tak sedikit orangtua yang sering memaksa anak-anak mereka untuk meminum minyak ikan secara rutin. Ternyata hal ini bukan tanpa alasan, sebab minyak ikan mempunyai manfaat bagi kesehatan, terutama bagi fungsi otak.

Suplemen minyak ikan dapat kita dapatkan dalam berbagai bentuk di pasaran, mulai dari berbentuk kapsul hingga sirup beraneka rasa.

Selain mampu meningkatkan kinerja otak, manfaat minyak ikan yang paling umum adalah kegunaannya untuk menjaga kesehatan tulang dan stamina tubuh. Selain, ada pula berbagai manfaat lain yang akan kita bahas dalam artikel berikut.

Apa Itu Minyak Ikan?

Minyak ikan berasal dari jaringan jenis ikan tertentu yang menghasilkan minyak alami. Awalnya, minyak ikan diambil dari lemak paus, kemudian juga diambil dari minyak ikan dan binatang laut lainnya.

lemak ikan Pixabay

Kandungan dalam minyak ikan antara lain asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan prekursor untuk eicosanoids dan mampu mengurangi peradangan pada tubuh.

Minyak hati ikan Cod adalah salah satu jenis minyak ikan yang telah dimanfaatkan selama selama ratusan tahun. Menurut sejarahnya, asyarakat miskin di Inggris bagian utara, seperti Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia dan Newfoundland menggunakan minyak hati ikan Cod untuk hewan ternak.

baca juga:  Apakah Ikan Tidur? Kenali Ikan Diurnal dan Nokturnal Berikut Ini

Berdasarkan pengalaman pemberian minyak hati ikan Cod ke hewan ternak dan menjadikannya sehat, maka penduduk ikut mengonsumsi minyak ikan tersebut. Salah satu cara penggunaannya dilakukan oleh para nelayan, mereka menggosokkan minyak hati ikan Cod pada kulit dan sendi yang terasa nyeri. Selain itu, minyak ikan juga dikonsumsi untuk mengobati pilek dan flu saat melaut.

Manfaat Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan cairan yang diperoleh dari jaringan tubuh ikan. Terkadang, cairan ini diproduksi di bagian hati ikan. Biasanya, ikan yang digunakan untuk pembuatan suplemen semacam ini adalah ikan yang tinggi kandungan lemak, seperti ikan tuna dan makarel.

Pixabay

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Menyehatkan kulit

Kulit adalah organ manusia terluar dan wajib dijaga kesehatannya. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan minyak ikan bagi kesehatan kulit. Salah satu keampuhannya adalah bisa mengatasi jerawat dan melindungi dari risiko kanker kulit.

2. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan akan memberikan penampilan tubuh langsing sekaligus menghindarkan kita dari berbagai risiko penyakit komplikasi. Mengonsumsi minyak ikan disertai olahraga secara teratur terbukti dapat mengurangi kadar lemak tubuh sekaligus meningkatkan sistem kardiovaskular dan metabolisme.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat minyak ikan yang paling populer adalah khasiatnya dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini bukan hanya rumor belaka, sebab minyak alami dari ikan terbukti mampu mencegah dan mengobati keretakan tulang.

baca juga:  Pembangkit Listrik Tenaga Angin - Pengertian, Sejarah, Komponen, Keunggulan & Kelemahan

4. Melindungi Jantung

Minyak ikan mampu mengurangi kadar lemak trigliserida berlebih pada tubuh, meningkatkan kolesterol baik dalam darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, sekaligus menurunkan tekanan darah. Inilah yang membuat minyak ikan diklaim sangat ampuh untuk menjaga kesehatan jantung. 

5. Mengurangi Inflamasi

minyak ikan mengandung zat anti-peradangan yang mampu menurunkan senyawa sitokin dalam tubuh. Sitokin adalah salah satu penyebab terjadinya peradangan pada penderita stres dan obesitas.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Minyak ikan mengandung omega-3 dosis tinggi yang berperan dalam fungsi otak. Bahkan, minyak ikan terbukti mampu memperlambat sekaligus mencegah perkembangan gangguan psikotik. Selain itu, minyak ikan juga bisa membantu meringankan gejala gangguan bipolar dan meringankan gejala depresi pada remaja.

7. Menurunkan Kadar Lemak Pada Liver

Liver atau hati berfungsi untuk mengolah lemak yang berasal dari asupan makanan saat masuk ke dalam tubuh. Lemak yang menumpuk pada liver sangat berpotensi memicu berbagai penyakit berbahaya. Nah, kita bisa mencegah terjadinya penyakit ini dengan mengonsumsi minyak ikan agar kadar lemak dan trigliserida tidak terlalu tinggi.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa sangka, minyak ikan ternyata juga mampu mengurangi risiko adanya gangguan mata saat usia lanjut. Sebuah penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi minyak ikan selama kurang lebih empat bulan mampu meningkatkan penglihatan pada kaum lansia. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat klaim tersebut.

9. Menjaga Pertumbuhan Janin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak ikan tinggi akan omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Bagi ibu hamil yang mengonsumsi minyak ikan, dipastikan janin yang dikandungnya akan memiliki koordinasi tangan dan mata yang baik setelah dilahirkan.

baca juga:  Infografis - 8 Rekomendasi Wisata Kekinian

10. Mengatasi ADHD

Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD merupakan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas yang bisa diatasi dengan bantuan minyak ikan. Biasanya, gangguan perilaku ini ditandai kesulitan untuk fokus terhadap sesuatu yang umumnya terjadi pada anak-anak.

11. Mengurangi Gejala Asma

Asma dan alergi adalah dua jenis gangguan yang paling sering ditemui pada anak-anak hingga orang dewasa. Jika kita atau keluarga mengalami asma, maka coba pertimbangkan untuk mengonsumsi minyak ikan yang memang dipercaya ampuh dalam mengatasi gejala asma.

12. Mencegah Alergi Pada Bayi

Minyak ikan ternyata mengandung banyak manfaat yang bisa diberikan oleh ibu kepada bayinya. Menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang mengonsumsi minyak ikan secara teratur dipercaya mampu membantu mencegah risiko alergi pada bayi setelah dilahirkan.

Apakah Minyak Ikan Aman?

Perlu kita ketahui, manfaat minyak ikan bisa diperoleh bukan hanya dari mengonsumsi suplemen, tapi juga dengan mengonsumsi ikan secara langsung setelah diolah menjadi menu kuliner.

Umumnya, minyak ikan sangat aman untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskannya untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Misalnya, pada orang yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah, penurun berat badan, pengencer darah, pil kontrasepsi, ataupun suplemen vitamin E.