Pantai Akesahu – Pemandian Air Panas di Tepi Pantai

Kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata alam di Maluku Utara, kawasan yang terkenal akan hasil rempah-rempahnya. Selain kaya akan hasil pala dan cengkeh, wilayah yang terdiri dari kepulauan ini mempunyai obyek wisata berupa pantai-pantai yang sangat indah, salah satunya adalah Pantai Akesahu.

Pantai ini terletak di bagian timur Pulau Tidore, tepatnya di wilayah administratif Kelurahan Tosa, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Pantai Akesahu adalah salah satu destinasi liburan paling populer di Kepulauan Tidore. Selain pemandangan alamnya yang indah, disini juga terdapat fenomena sumber air panas. Mata air panas ini berupa kolam yang terletak di bibit pantai.

triptrus.com

Uniknya, meski berada di pinggir pantai dan berdekatan dengan lautan, ternyata sumber air panas ini tawar dan tidak asin. Kenapa bisa ya? Karena ternyata sumber air panas ini berasal dari sela-sela pohon beringin yang tumbuh di tepi pantai.

Pohon ini juga dianggap pohon keramat oleh masyarakat lokal. Bahkan jika berendam di air panas ini maka segala penyakit kulit akan sembuh.

Pantai Akesahu merupakan pantai berpasir putih bersih dan nampak berkilauan saat disinari matahari. Perairannya berwarna biru sedangkan bagian pesisir dihiasi oleh hutan pantai yang ditumbuhi tanaman hijau di bagian bukit.

pemandian air panas akesahu medium.com

Perjalanan menuju Pemandian Air Panas Akesahu dapat dimulai dari Pelabuhan Rum, Tidore selama 30 menit menggunakan mobil. Untuk memasuki kawasan ini, kita akan dikenakan tarif Rp 20.000. Kita bisa datang pagi hingga sore hari karena lokasi wisata ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 18.00 WIT.

Bagi yang mencari tempat liburan asyik dengan pemandangan indah, maka Pantai Akesahu pantas masuk dalam daftar wisatamu!