Pantai Bahuluang – Pulau Unik Dari Pecahan Karang

Pantai Bahuluang – Berwisata ke pantai adalah salah satu opsi favorit saat musim liburan tiba. Indonesia yang merupakan negara kepulauan sudah pasti memiliki banyak pantai yang bisa kita kunjungi.

Mulai dari berwisata ke pantai-pantai populer yang dikenal secara luas. Bahkan mendatangi pantai-pantai baru yang dikembangkan menjadi obyek wisata bahari tentu sangat menyenangkan. Salah satunya adalah Pantai Bahuluang di Kepulauan Selayar.

Pantai ini berada di Pulau Bahuluang, tepatnya di Desa Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Panorama alam berupa bebatuan, hamparan pasir putih serta jernihnya air laut menjadikannya begitu indah. Dilihat dari sejarah terbentuknya, Pulau Bahuluang sebenarnya adalah patahan karang yang secara alami terbawa arus kemudian membentuk daratan kecil di tengah lautan.

pulau bahuluang cyberspaceandtime.com

Karena alasan tersebut, pulau ini bisa berubah-ubah bentuk setiap musim. Meski secara teori berkaitan dengan hal itu, namun masyarakat setempat percaya jika berubah bentuknya pulau disebabkan oleh gurita raksasa penunggu laut sekitar Pulau Bahuluang.

Kegiatan wisata yang bisa kita lakukan disini ialah berjalan-jalan di hamparan pasir putih sekaligus melihat patahan-patahan karang yang sulit ditemukan ditempat lain. Selain itu menikmati terik matahari dengan berjemur adalah pilihan tepat, namun pastikan menggunakan tabir surya ya.

Akan tetapi bagi yang ingin berlibur kesini, sebaiknya bawa bekal dan peralatan sendiri ya! Sebab di Pulau Bahuluang belum ada fasilitas apapun. Jadi bawalah makanan dan minuman, namun tentu sampah-sampahnya jangan dibuang sembarangan.

Pantai Bahuluang Jolygram

Untuk menuju Pulau ini, kita bisa berangkat dari kota Makassar menuju pelabuhan penyeberangan Bulukumba menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Setidaknya perjalanan ini akan dtempuh selama 4 sampai 5 jam.

Setelah itu, dari Pelabuhan Bulukumba kita bisa melanjutkan perjalanan selama 2,5 jam dengan menaiki kapal fery menuju Pelabuhan Selayar. Sesampainya di kabupaten berjuluk Kota Benteng ini, kita lanjutkan perjalanan menaiki perahu jolloro selama kurang dari 1 jam sejauh 40 km. Perahu ini hanya bisa dinaiki antara 10 sampai 15 orang.

Perjalanan tersebut setidaknya membutuhkan biaya sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000. Jadi agar biaya perjalanan liburan dapat dihemat, sebaiknya berkunjunglah secara rombongan. Selain menekan biaya, tentu rekreasi jadi lebih seru jika dilakukan bersama-sama.