Pantai Batu Lamampu – Pesona Luar Biasa Perbatasan Indonesia & Malaysia

Pulau Sebatik, salah satu pulau terluar yang menjadi batas antara Indonesia dan Malaysia ternyata menyimpan berbagai potensi wisata. Misalnya adalah Pantai Batu Lamampu, sebuah pantai indah yang menjadi ikon Pulau Sebatik.

Pantai ini berada di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Obyek wisata pantai Lamampu menjadi magnet kuat untuk mendatangkan pengunjung lokal maupun asing ke kawasan Sebatik.

Berada di Pantai Batu Lamampu, kita akan disuguhi pemandangan Ambalat yang begitu eksotis. Ambalat merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Untuk menikmati keindahan Ambalat bisa dilakukan dengan mudah, karena letaknya tidak jauh dan tepat berhadapan dengan garis pantai ini.

pantai batu lamampu marketeers.com

Pemandangan laut pantai ini sangatlah cantik. Pasirnya putih kecokelatan disertai karang-karang membatu yang mengarah ke laut lepas. Panjang garis pantainya tak tanggung-tanggung, mencapai 3 kilometer loh!

Nama Batu Lamampu berasal dari Bahasa Tidung yang berarti batu tuimbul dan tersusun ke arah lautan. Menurut informasi dari masyarakat setempat, batu ini selalu muncul ke permukaan air dan tidak pernah tenggelam walaupun terkena pasang air laut.

Disini terdapat batu yang dikeramatkan oleh masyarakat di Pantai Batu Lamampu. Batu ini menjadi obyek populer para wisawatan, yakni tumpukan batuan karang yang berada disekitar pohon beringin.

Menurut mitos yang dipercaya, jika kita mengaitkan tali ke pohon tersebut dan menyebutkan nama orang yang kita cintai, maka niat tersebut akan menjadi kenyataan. Jadi buat kalian yang belum punya pasangan dan berharap segera memiliki jodoh, tidak ada salahnya mencoba berlibur ke Pantai Batu Lamampu untuk mencobanya!

batu lamampu wartawisata.id

Kawasan pantai ini juga bisa digunakan untuk berkemah atau mendirikan tenda, mengadakan acara, serta kegiatan lainnya, Bahkan disini pernah dilakukan pengibaran bendera sepanjang 1.000 meter!

Banyak keseruan yang bisa kita lakukan disini, meliputi bersantai di pantai, berenang, bakar ikan, dan tentu saja mengabadikan momen diberbagai spor cantik yang tersedia.

Berbagai fasilitas obyek wisata dengan kunjungan lebih dari 500 orang di hari libur ini cukup lengkap. Mulai dari penjual makanan milik warga setempat hingga gazebo untuk beristirahat.

Untuk menuju ke Pantai Batu Lamampu, kita bisa melakukannya dengan mudah. Kita awali dengan menyeberang laut dengan perahu atau kapal feri menuju ke Dermaga Mantikas di Kecamatan Sebatik Barat.

Apabila menaiki perahu, kita akan menempuh rute Pelabuhan Sunga Jepun menuju Pelabuhan Binalwan. Sedangkan jika naik kapal feri, maka rutenya adalah menuju Pelabuhan Sungai Jepun kemudian Pelabuhan Feri Liang Bunyu. Bagi wisatawan dari luar negeri seperti Malaysia, maka bisa melalui Pelabuhan Tawau di Malaysia menuju Pelabuhan Sungai Nyamuk.

Ternyata pesona alam Indonesia sangat indah ya! Jadi kapan datang ke Pantai Batu Lamampu?