Pantai Gigi Hiu – Pantai Berbatu Karang Tajam Nan Eksotik

Tak hanya kawasan perlindungan Taman Wisata Alam Way Kambas yang memiliki pesona alam memikat, ternyata pesisir Lampung juga tak kalah eksotiknya. Kali ini kita akan membahas salah satu pantai unik di Lampung, yaitu Pantai Gigi Hiu.

Pantai Gigi Hiu yang seringkali dikenal juga dengan nama Pantai Pegadungan terletak di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Pantai ini memberikan sajian bentangan alam yang agak berbeda dibanding pantai biasanya, yaitu berupa sekelompok batu karang berbentuk lancip dan tajam yang diterpa ombak terus menerus. Disini kita akan kesulitan menemukan pasir, jika pun ada maka akan sangat sempit dan sedikit.

Keunikan ini akan semakin menarik saat sunrise dan sunset tiba. Cahaya jingga akan mewarnai batuan tajam tersebut dan menambah keindahannya.

indonesiatrip.id

Karena panorama alam langka dan unik tersebut, banyak pecinta fotografi datang ke tempat ini. Akan tetapi meski memiliki keindahan memukau, perairan Pantai Gigi Hiu tidak cocok digunakan untuk kegiatan snorkeling maupun diving.

Selain karang tajam yang tingginya mencapai 10 meter siap menyambut kita, ombak disini juga cukup ganas dan besar. Namun kita bisa sedikit menikmati airnya ketika air laut sedang surut.

Pasti kita sudah bisa menebak, kenapa pantai ini diberi nama Gigi Hiu. Tidak lain adalah karena karang-karang lancip yang mirip gigi hiu terhampar di pesisirnya. Akan tetapi, sebenarnya perairan Pantai Gigi Hiu tidak dihuni oleh Ikan Hiu loh!

Untuk mencapai pantai ini, kita bisa melalui dua jalur alternatif dari Kota Bandar Lampung. Rute yang umumnya ditempuh adalah melalui Teluk Kiluan yang berjarak 80 km dari Bandar Lampung. Dari Teluk Kiluan kita akan menempuh perjalanan 5 km lagi dengan kondisi jalan yang tidak terlalu bagus.

Sedangkan rute kedua adalah dari Bandar Lampung menuju Padang Cermin. Jalur ini tak lebih baik daripada jalur pertama, akan tetapi bisa memangkas waktu tempuh di perjalanan.

pantai gigi hiu pariwisataku.com

Kita bisa masuk ke kawasan ini dengan tarif Rp 50.000. Meskipun bukan retribusi resmi, biasanya penduduk sekitar juga kerap meminta sumbangan.

Beberapa hal yang perlu dipersiapan ketika hendak berkunjung ke Pantai Gigi Hiu adalah membawa bekal makanan dan minuman, sebab disini belum ada fasilitas tersebut. Hindarilah datang ketika curah hujan tinggi, karena jalanan akan licin dan berlumpur. Tapi serunya, pantai ini kita diperbolehkan mendirikan tenda loh!

So, kapan datang liburan ke Pantai Gigi Hiu?