Pantai Gili Putih Sumberkima – Gundukan Pasir Putih di Pesisir Buleleng

Mungkin jika dihitung, ada ratusan tempat wisata alam berupa pantai di Bali. Seluruhnya menjadi tujuan dan destinasi populer bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya adalah Pantai Gili Putih Sumberkima.

Sesuai namanya, pantai ini berada di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Bagi yang ingin berkunjung ke pantai ini, kita bisa menempuhnya dari obyek wisata Nusa Dua dengan jarak 136 km atau 3-4 jam perjalanan.

Gili Putih Sumberkima mirip delta yang ada ditengah aliran sungai,. Letaknya berada ditengah-tengah laut yang dipengaruhi oleh pasang surut, sehingga menyerupai pulau yang tak berpenghuni karena memang tak ada satu pun rumah warga disini.

Tumpukan pasir putih ini luasnya terus bertambah seiring waktu dan selalu berubah-ubah mengikuti pasang surut air laut.

qupas.id

Ketika air pasang, luas gundukan pasir putih ini sekitar 600 meter persegi. Sedangkan ketika surut luasnya akan bertambah, sehingga bisa dijangkau dari Pantai Penggambetan dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km. Daratan gili ini juga sering menjadi tempat memancing oleh nelayan-nelayan Bali.

Pantai Gili Putih Sumberkima dikelilingi oleh air laut yang jernih dan panorama pantai yang indah. Berkat airnya yang seperti kaca, bahkan kita bisa melihat terumbu karang, ikan-ikan laut, serta berbagai makhluk lain di perairan Gili Putih Sumberkima.

Obyek wisata bahari ini memiliki fasilitas belum selengkap tempat wisata di Bali lainnya. Disini hanya tersedia gazebo untuk beristirahat dan ayunan yang menjadi spot foto favorit. Selain menjadi tujuan wisata, Gili Putih juga menjadi tempat persinggahan saat akan menyeberang ke Pulau Menjangan.

pantai gili putih sumberkima palm-living.com

Tidak seperti tempat wisata kebanyakan di Bali, masuk di kawasan Pantai Gili Putih ternyata gratis dan bisa dilakukan selama 24 jam penuh. Jadi buat yang bilang liburan ke Bali itu mahal, sepertinya harus menarik ucapannya kembali.

Akan tetapi, jika kita ingin berkeliling di perairan sekitarnya maka perlu mengeluarkan biaya. Misalnya membayar Rp 350.000 sampai Rp 400.000 untuk menyewa perahu kapasitas 5 orang.

Tips agar liburan semakin asyik berkunjunglah saat pagi atau sore hari. Sebab pada waktu tersebut air tengah surut dan daratan pasir putih akan semakin luas. Selain itu, udara dan terik matahari pagi dan sore lebih sejuk dan bersahabat bagi kita. Jangan lupa membawa bekal minuman dan makanan ya!

Nah, kapan jadwal kamu berkunjung ke Pantai Gili Putih Sumberkima?