Pantai Jogan – Gabungan Panorama Pesisir dan Air Terjun

Diantara beberapa pantai berpasir putih di Gunungkidul, Pantai Jogan menawarkan panorama alam yang berbeda. Jika pantai-pantai di Jogja umumnya hanya sekedar pantai, di Pantai Jogan terdapat air terjun yang mengalir deras persis bersebelahan dengan bibir pantai.

Pantai ini berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Jogan berada disebelah barat Pantai Siung dan Pantai Nglambor yang juga memiliki pemandangan alam nan apik.

Berwisata alam ke Pantai Jogan, kita akan disuguhi keindahan batuan karst dan karang-karang yang berdiri dengan kokohnya. Pantai ini mempunyai keunikan dibanding pantai-pantai di Yogyakarta lainnya. Sebab disini kita akan bertemu dengan air terjun yang airnya mengalir menuju bibir pantai.

liburmulu.com

Ketinggian air terjun ini sekitar 10 meter dengan aliran air sangat deras saat musim penghujan. Akan tetapi debit airnya akan menurun saat musim kemarau.

Pengunjung yang datang ke pantai ini dipastikan terhipnotis akan keindahan pantai, sepoi angin laut, deburan ombak serta gemericik air terjun.

Untuk memasuki kawasan Pantai Jogan, kita harus membayar tiket masuk Rp 10.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk berkunjung ke pantai disebelahnya, yaitu Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Sedangkan biaya parkir motor adalah Rp 3.000, mobil Rp 5.000 dan rombongan bus Rp 20.000.

Fasilitas pariwisata di Pantai Jogan belum terlalu lengkap, mengingat tempat ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Disini hanya tersedia toilet serta kamar mandi untuk ganti baju para pengunjung. Selain itu juga ada beberapa warung yang menjual makanan kecil, minuman dan nasi.

pantai jogan gunungkidul limakaki.com

Bagi yang ingin liburan sekaligus menginap, sayangnya belum bisa dilakukan disini karena belum ada penginapan. Namun tak perlu khawatir, kita bisa menuju area Pantai Indrayanti karena tersedia beberapa penginapan.

Selain itu, bagi yang suka dengan aktivitas outdoor bisa mendirikan tenda di area wisata Pantai Jogan. Akan tetapi harus seizin pihak pengelola dan wajib menjaga kebersihan pantai. Pantai ini buka 24 jam penuh sehingga kita bisa leluasa berkegiatan disini.

Liburan di Pantai Jogan tak hanya diisi dengan kegiatan menikmati pemandangan alam. Di tempat ini kita bisa mencoba rappelling atau canoying. Tak perlu khawatir, karena kegiatan ini didukung oleh peralatan yang aman dan memadai.

Nah, kapan berlibur ke Pantai Jogan? Nikmatilah suasana senja di pantai ini ya!