Pantai Jungwok – Rute Lokasi, Daya Tarik dan Misteri

Gunung Kidul merupakan salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang menjadi surga pantai-pantai indah, mulai dari pantai indrayanti, siung, baron, serta pantai-pantai baru seperti pantai jungwok yang mulai populer dikunjungi karena panorama alamnya yang memukau.

Bentang alam berupa garis pantai yang melengkung menjadi magnet bagi para pengunjung. Ukuran pantai ini tidak terlalu luas dengan bibir pantai membentuk cekungan.

Pengunjung di pantai belum terlalu ramai dibanding pantai-pantai lain di Jogja, sehingga kondisi alam dan lingkungannya masih terasa alami dan bersih. Selain itu, berkunjung ke pantai jungwok juga memberikan kesan serasa berada di pantai pribadi dengan pemandangan bukit hijau dan pasir putih kekuningan mengelilinginya.

Sedikit berbeda dengan pantai di Jogja lainnya yang memiliki ombak besar karena berhadapan langsung dengan samudera hindia, gelombang di pantai jungwok ternyata cukup tenang karena terdapat tebih yang menjadi pemecah ombak alami.

Pantai ini menjadi muara dari tiga aliran sungai tawar, sehingga menimbulkan kesan jika bibir pantai terbagi menjadi tiga bagian berupa paduan air tawar dan air asin dari lautan.

Pesisir pantai jungwok juga kerap digunakan untuk mendirikan kemah karena suasananya yang masih sepi dan nyaman. Dari tepi pantai kita dapat menikmati sebuah pulau kecil yang berada di tengah laut. Pulau tersebut nampak kehijauan dan menambah sensasi rekreasi menjadi lebih berkesan.

Lokasi Pantai Jungwok

Pantai ini berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Lokasi pantai jungwok berdekatan dengan pantai wediombo, pantai ngusalan serta pantai greweng.

Meski akses jalan menuju pantai masih ada yang berupa tanah dan cukup jauh dari pusat kota Jogja, namun sesampainya di lokasi ini kita akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan.

Rute Menuju Pantai

Untuk sampai di obyek wisata pantai jungwok, kita membutuhkan waktu sekitar 2 jam jika ditempuh dari kota Jogja. Kita dapat menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil.

Bagi yeng pernah mengunjungi pantai di selatan kota Jogja, misalnya pantai wediombo mungkin telah paham tentang jalur ini. Dari kota Yogyakarta kita menuju ke arah timur melewati jalan K.H Ahmad Dahlan menuju jalan Panembahan Senopati 9.

Setelah sampai di perempatan, ambil arah selatan melalui jalan Brigjen Katamso, kemudian tiba di perempatan ke arah timur melewati jalan Kolonel Sugiyono. Selanjutnya kita akan bertemu dengan pertigaan dan ambil arah ke selatan menuju jalan Sisingamangaraja dan ikuti terus menuju jalan Imogiri Barat.

Setelah itu kita akan bertemu dengan pertigaan menuju ke arah timur melewati jalan Bakulan Imogiri hingga pertigaan menuju arah barat ke jalan Imogiti Siluk menuju jalan Siluk Panggang.

Sesampainya di pertigaan, belok ke arah timur menuju jalan raya Panggang Wonosari menuju jalur pantai selatan. Kita akan bertemu dengan perigaan ke arah selatan yang menuju jalan Wediombo Jungwok. Ikutilah jalan tersebut maka kita akan tiba ke pantai Jungwok.

Jalur atau rute ini menempuh waktu 85 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh 2 sampai 2,5 jam jika kondisi lalu lintas pada kondisi normal.

Jam Buka

Pantai ini belum menerapkan sistem buka tutup, sehingga kita dapat mengunjunginya selama 24 jam penuh setiap hari. Dengan tidak adanya aturan waktu, maka banyak pengunjung yang datang ketika sore hari untuk mendirikan kemah dan bermalam di tempat ini.

Kebanyakan dari mereka mencari suasana pesisir pantai dengan melakukan kegiatan menarik seperti membakar ikan dan pesta api unggun.

Harga Tiket

Pantai-pantai di Jogja menerapkan tarif murah bagi pengunjung, tentunya ini sangat cocok bagi kantong mahasiswa Jogja yang dikenal dengan Kota Pelajar. Tiket masuk yang dikenakan hanya Rp 5.000 per orang dan kita telah mendapat akses ke pantai lain disekitarnya.

Sedangkan untuk biaya parkir akan dikenakan biaya Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika ingin menginap maka dikenakan tarif tambahan sekitar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Fasilitas

Fasilitas dan sarana pendukung pariwisata di pantai jungwok belumlah lengkap. Disini hanya tersedia warung kecil dan toilet umum. Oleh sebab itu, disarankan ketika ingin berekreasi ke pantai jungwok kita membawa bekal dari rumah, terutama makanan dan minuman.

Daya Tarik & Kegiatan Menarik

Bagi yang pertama kali mendengar nama pantai ini, tentu akan menganggapnya berada di negara Korea Selatan. Tidak heran, sebab nama jungwok mirip dengan nama-nama orang di negara penghasil drama tersebut.

wisata pantai jungwok paketwisata.id

Obyek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri dibanding pantai di Jogja lainnya. Di pantai jungwok kita juga dapat melakukan kegiatan asyik dan seru untuk mengisi liburan kita.

1. Tiga Aliran Sungai Air Tawar

Pantai jungwok adalah pantai yang menjadi muara tiga anak sungai. Kondisi alami ini menjadikan kawasan pantai seolah terbagi menjadi 3 bagian. Fenomena ini memberikan keunikan khas yang sulit ditemukan di pantai lain di Indonesia.

2. Garis Pantai Melengkung

Garis pantai di obyek wisata ini membentuk lengkungan yang terlihat eksotis. Lengkungan garis pantai akan semakin indah jika diamati dari kejauhan atau dari atas bukit. Bentuk cekung inilah yang menjadi asal mula nama jungwok.

Paduan pasir putih, garis pantai yang melengkung dan suasana sepi menjadikan pengunjung betah berlama-lama disini. Kita dapat bermain di tepi pantai dengan airnya yang jernih dan bersih.

3. Camping di Pantai

Suasana yang sepi membuat lokasi ini sering digunakan sebagai tempat berkemah. Bagi yang ingin bermalam, kita harus membawa peralatan camping sendiri karena tidak ada persewaan tenda disini.

Kita dapat berkemah dengan kelaurga maupun sahabat untuk menghabiskan waktu liburan. Namun yang perlu diingat, kita senantiasa harus selalu menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan pantai.

4. Pulau Kecil di Tengah Samudera

Ketika kita berada di tepi pantai jungwok, kita akan melihat adanya pulau kecil di tengah lautan. Pulau tersebut menjadi pelengkap keindahan pemandangan pantai. Kita dapat menjadikan pulau tersebut menjadi latar belakang foto selfie atau obyek fotografi.

5. Batuan Karang dan Laut Biru

Dari pantai jungwok akan nampak pemandangan batu karang yang berada di tengah laut yang biru. Batu tersebut sering disebut sebagai batu topi atau watu topi dalam bahasa Jawa.

Dari atas batu baisanya masyarakat dan pengunjung menggunakannya untuk memancing. Selain itu, terdapat pula karang yang tersebar di sekitar pantai. Jika beruntung kita dapat melihat hewan-hewan laut menempel dan terjebak diantara karang, seperti ikan, lobster, kepiting, dan lainnya.

Misteri Pantai Jungwok

Meskipun memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah, ternyata kawasan ini menyimpan cerita mistis dan misteri. Pantai ini cukup sepi karena posisinya terpencil dibanding pantai lainnya.

Akses menuju lokasinya pun masih sulit dengan jalanan tanah berbatu. Selain itu, penduduk yang tinggal di daerah sekitar juga masih sedikit.

pantai jungwok jogja tehsusu.com

Di malam hari, suasana pantai ini dianggap sepi dan mencekam. Oleh masyarakat sekitar, pantai jungwok dianggap sebagai tempat angker dan kerap terjadi kejadian anek yang menimpa pengunjung. Suara lolongan anjing pun sering terdengan di tengah gelapnya malam.

Tips Liburan ke Pantai Jungwok

Agar liburan kita maksimal, berikut ini adalah tips yang dapat kamu lakukan ketika hendak berkunjung ke pantai ini, yaitu:

  • Pastikan kendaraan kita dalam kondisi prima, mulai dari penuhnya tangki bahan bakar, kondisi mesin serta ban. Sebab, rute yang akan kita lalui cukup berat dan jauh
  • Disarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil karena transportasi umum sulit ditemukan
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan taatilah aturan yang berlaku
  • Berkunjunglah ketika akhir pekan, karena pada hari-hari biasa pantai ini cukup sepi. Namun jika kita mencari keheningan, kita bisa datang pada hari-hari kerja
  • Pastikan membawa makanan dan minuman karena disini tidak banyak pedagang yang menjual makanan atau minuman
  • Bawalah peralatan camping jika ingin bermalam disini
  • Pastikan baterai kamera, smartphone serta powerbank dalam kondisi penuh agar momen seru liburan tak terlewatkan

Obyek Wisata Terdekat

Tak hanya dekat dengan pantai wediombo dan greweng, ternyata pantai ini juga berdekatan dengan pantai jogan dan nglambor, sehingga kita dapat sekaligus mengunjunginya

Pantai jogan merupakan pantai yang memiliki panorama air terjun yang berpadu dengan lautan. Sedangkan di pantai nglambor kita dapat mekalukan kegiatan snorkling.