Pantai Katapiang – Pohon Jomblo Unik Dekat Bandara Minangkabau

Pernah berkunjung ke Pariaman, Sumatera Barat? Disini adalah wisata bahari yang bisa kita kunjungi loh, yaitu Pantai Katapiang. Wisata bahari ini lokasinya dekat dengan bandara, sehingga bisa menjadi alternatif saat bosan menunggu keberangkatan pesawat.

Pantai ini berada sekitar 5 km dari Bandara Minangkabau, tepatnya di wilayah Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat. Akses transportasinya juga sangat mudah, kita bisa naik taksi, motor atau mobil.

Jika dilihat sekilas, sepertinya disini tidak ada pantai karena tak ada haris pantai yang nampak. Namun dibelakang pemukiman warga inilah pantai ini berada. Maka untuk memasukinya kita harus memasuki jalan kecil diantara rumah-rumah warga.

Pantai Katapiang biasanya ramai dikunjungi di akhir pekan, namun di hari-hari biasa pantai ini masih cukup sepi dari wisatawan. Untuk tiket masuknya adalah Rp 10.000 dan buka setiap jam 08.00 hingga 18.00.

Pasir pantai ini berwarna cokelat dengan ombak yang tidak terlalu besar. Akan tetapi bila ingin bermain jangan terlalu ke tengah, karena peralatan dan penjaga pantai disini masih kurang memadai.

Angin di Pantai Katapiang tidak terlalu kencang, sehingga ideal untuk bermain layang-layang. Kita bisa membeli layang-layang ke para pedagang dengan harga sekitar Rp 15.000.

Liburan tentu tak akan lengkap jika kita tak mencicipi kuliner setempat. Oleh karena itu, kita tak perlu khawatir karena ada beberapa warung yang menjual makanan serta minuman khas pantai, yakni es kelapa muda. Menikmati kesegaran es kelapa muda dipadu dengan deburan ombak dan semilir angin pasti memberi sensasi ketenangan bagi jiwa bukan?

Di pantai ini kita juga bisa berjumpa dengan nelayan lokal yang pulang menjala ikan dan melakukan perdagangan di pinggir pantai. Namun kegiatan ini biasanya dilakukan sebelum jam 12 siang.

pohon jomblo travelingyuk.com

Sebenarnya pantai ini lebih dikenal karena ada pohon unik yang disebut pohon jomblo! Pohon ini adalah satu pohon kering yang berdiri tanpa tumbuhan lain disekitarnya. Ya! Jomblo = Sendiri!

Jadi jika kamu menyempatkan diri berlibur ke Pantai Katapiang, jangan lupa berfoto dibawah pohon ini ya!