Pantai Lasiana – Keindahan & Eksotisme Pesisir Kupang

Meski Kupang dikenal sebagai kota yang panas dan kering, namun siapa ternyata memiliki deretan pantai-pantai indah yang bisa dijadikan tujuan liburan. Wisata alam ini letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, salah satunya adalah Pantai Lasiana.

Pantai Lasiana bisa ditempuh dalam 15 menit. Jaraknya sekitar 12 km ke arah timur dari pusat Kota Kupang atau Bandara El Tari Kupang. Lokasinya berada di Desa Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kabupaten Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur.

Pantai seluas 3,5 hektar ini sangat cocok dikunjungi ketika kita tengah ingin menenangkan diri. Pemandangannya yang indah dan suasa pantai yang tenang memberikan relaksasi bagi pikiran untuk kembali fresh.

Pantai Lasiana mempunyai pasir putih dengan hamparan perairan laut biru nan jernih. Berbagai kegiatan bisa kita lakukan di pantai ini, seperti berjemur, memancing, berenang, voli pantai dan berjalan-jalan di sepanjang pesisir. Selain itu, perairannya yang relatif tenang juga memberikan kita kesempatan untuk melakukan snorkeling.

Setidaknya disini ditumbuhi 65 pohon kelapa dan 230 pohon lontar yang tumbuh sepanjang pesisir pantai putihnya.

pantai lasiana visitntt.com

Sedikit agak ke tengah menuju perairan dangkal Pulau Semau. Kita bisa melihat bangkai kapal perang milik Jepang yang karam. Penyebab tenggelamnya kapal ini adalah terkena bom oleh Angkatan Udara Australia pada tahun 1942.

Agar wisata semakin maksimal, kita sebaginya berkunjung pada sorea hari karena pemandangannya akan lebih cantik. Bersantai di tepi pantai melihat terbenamnya matahari diselingi siluet pohon kelapa dan pohon lontar tentu memberikan sensasi liburan tersendiri.

Di kawasan wisata Pantai Lasiana telah ada berbagai fasilitas yang cukup lengkap, seperti kamar mandi, toilet, warung makan, kios cinderamata, kafe, kolam renang, panggung hiburan rakyat, penginapan dan homestay. Bagi yang berlimbur bersama keluarga juga tak perlu cemas, karena bermain untuk anak-anak yang menjadikan liburan semakin seru.

Warung makan di sepanjang pantai biasanya menyediakan minuman khas, seperti es kelapa muda, jagung bakar dan pisang epe bakar yang sangat lezat dinikmati sambil melihat panorama alam.

wanita pantai lasiana Twitter @audjune

Tak jauh dari sekitar pantai terdapat rumah Lopo-lopo. Lopo-lopo adalah pondok khas Timor yang bisa digunakan wisatawan untuk berteduh dan beristirahat. Keunikan dari rumah mungil ini adalahnya bentuknya yang mirip payung dengan tiang penyangga di bagian tengah, serta atapnya yang tersusun dari ijuk, daun lontar, pepah kelapa dan ilalang.

Untuk memasuki kawasan Pantai Lasiana, kita perlu mengeluarkan biaya tiket masuk Rp 2.000 dan parkir Rp 1.000 untuk motor serta Rp 3.000 untuk mobil. Bayangkan! Hanya dengan harga semurah itu kita bisa menikmati eksotisme salah satu pantai di Kupang.