Pantai Maluk – Surga Peselancar di Sumbawa Barat

Jika Bali dan Lombok punya pantai indah yang sama-sama bernama Kuta, maka di Sumbawa Barat ada pantai yang tak kalah indah dan dijuluki sebagai Kuta-nya Sumbawa Barat, yaitu Pantai Maluk. Pantai berpasir putih ini menjadi tempat liburan favorit karena punya pemandangan yang menakjubkan.

Pantai Maluk berada di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Pantai eksotis ini memiliki bentangan alam memukau karena dikelilingi oleh beberapa bukit indah.

Hamparan pasir indah dan panjang serta garis pantai datar dengan perairan tenang adalah daya tarik obyek wisata ini. Kita bisa sepuasnya berenang di perairannya dan bermain-main di pesisir pantainya. Pantai Maluk ramai dikunjungi oleh wisatawan keluarga pada akhir pekan, karena disini juga ada sarana bermain untuk anak-anak.

Pantai Maluk oleh para peselancar dijuluki sebagai Super Suck karena mempunyai ombak ideal untuk berselancar. Bentuk pantai berupa teluk yang menghadap lautan lepas membuat jenis ombak di tempat ini besar namun tidak sampai menyentuh bibir pantai.

Keganasan ombak yang mencapai 2 meter berada jauh di perairan dan dianggap sebagai gelombang yang menantang. Menurut para peselancar, gelombang seperti ini jarang ditemukan dan sangatlah unik.

Selain perairan yang menjadi surga peselancar, Pantai Maluk juga menyajikan pemandangan senja yang memukau. Cahaya kuning keemasan nampak menghiasi langit dan lautnya. Panorama ini sangat cocok dinikmati sambil duduk-duduk di tepi pantai dengan ditemani segarnya es kelapa muda.

pantai maluk Pinterest

Pantai ini cocok bagi kita yang ingin bersantai dan menyegarkan pikiran. Beberapa fasilitas yang ada disini antara lain warung makan, arena bermain ana, pancuran, serta lapangan voli pantai.

Tidak jauh dari Pantai Maluk juga terdapat tempat budidaya penyu dan pelepasan tukik. Beberapa jenis penyu yang dibudidayakan adalah Penyu Sisik, Penyu Hitam dan Penyu Hijau.

Selain itu, bagi yang ingin berkeliling bisa menyewa kano dengan biaya Rp 10.000. Kemudian bagi yang ingin menginap, tersedia pula penginapan dengan harga terjangkau, yaitu Rp 150.000 sampai Rp 500.000 per malam.