Pantai Mananga Aba, Sumba – Seakan Milik Sendiri

Berada di kawasan selatan Indonesia sekaligus berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, menjadikan Pulau Sumba memiliki pesona pantai yang sangat kaya. Kali ini kita akan membahas tentang Pantai Mananga Aba, tepatnya berada di bagian ujung barat daya Pulau Sumba.

Untuk menuju pantai ini, kita memerlukan waktu 20 menit perjalanan dari Kota Waitabula, Kecamatan Laura, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Perjalanannya tak begitu sulit, karena kondisi jalan telah di aspal. Kita akan melalui perkampungan di kanan dan kiri jalan. Melihat warga lokal beternak kambing dan babi yang dibiarkan di padang rumput.

Fasilitas penunjang pariwisata di Pantai Mananga Aba cukup memadai. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya penginapan berupa homestay meskipun masih sederhana dan jauh dari kesan mewah layaknya tempat wisata premium. Terdapat pula saung-saung yang cantik dengan ciri khas atap Sumba.

pantai mananga aba jurnalsumbar.com

Pantai ini memiliki panorama alam yang indah sehingga membuat siapapun betah menikmatinya. Hamparan pasir putih menghiasa kawasan pesisir sejauh mata memandang. Deburan ombak serta semilir angin pantai memberikan pengalaman menyenangkan. Air lautnya membentuk gradasi hijau toska bercampur pantulan birunya langit digaris horizon sangatlah memukau.

Tak seperti pantai-pantai yang banyak dikunjungi wisatawan, Mananga Aba masih sepi pengunjung. Sebagian besar wisatawan yang berlibur hanya berasal dari Kota Waitabula dan Waikabubak. Kondisi ini memberikan keuntungan bagi kita karena seakan berada di pantai pribadi. Alam di pantai ini masih sangat asri, jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang membuat pikiran penar.

Namun sayangnya ada kegiatan yang mengancam kelestarian pantai ini, yaitu penambangan pasir pantai. Padahal telah ada larangan pengambilan pasir, namun kegiatan ini tetap terjadi. Bahkan jalan masuk ke penambangan itu dibuat oleh oknum yang tak bertanggungjawab. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada malam hari agar dapat mengelabuhi petugas keamanan.

Tentunya agar kawasan wisata alam Pantai Mananga Aba tetap lestari, harus ada tindakan tegas dari semua pemangku kepentingan. Pemerintah harus membuat kebijakan terhadap kegiatan ilegal yang merusak lingkungan ini.