Pantai Ngrenehan – Lokasi, Rute dan Keindahan Obyek Wisata

Kawasan pesisir selatan Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia memiliki potensi wisata pantai yang sangat mempesona, salah satunya adalah pantai ngrenehan.

Pantai yang letaknya sekitar 30 km dari Wonosari mempunyai panorama alam yang indah, gabungan antara deburan ombak pantai, pasir putih dan jajaran perbukitan kapur atau karst.

Wisata pantai yang termasuk baru di Jogja ini awalnya adalah pantai nelayan yang menjadi aktivitas berlabuhnya para perahu-perahu nelayan tradisional. Namun karena bentang alamnya yang menawan, kawasan ini dikembangkan menjadi obyek rekreasi yang mengundang kunjungan wisatawan.

Sejarah Pantai Ngrenehan

Sudah menjadi tradisi Jawa jika pemberian nama tempat atau wilayah memiliki kaitan dengan sebuah kisah atau legenda yang dipercaya turun -temurun. Asal usul nama pantai ngrenehan dipercaya diberikan oleh Raden Patah, raja pertama Kerajaan Demak.

ngrenehan visitingjogja.com

Diceritakan pada masa itu sang raja datang ke pantai ini untuk mencari ayahnya yang lari dari istana karena menolah menjadi seorang muslim. Akan tetapi dalam usaha pencariannya, ia tidak menemukan sang ayahnya di pantai ini.

Dari kejadian inilah muncul istilah pangrena (bahasa Jawa) yang berarti ajakan dalam bahasa Indonesia. Pangrena adalah kata yang berasal dari kata rene yang berarti sini. Dari julukan itulah kemudian masyarakat sekitar menamakan kawasan pantai ini menjadi ngrenehan yang berarti marilah ke sini.

Lokasi

Pantai ini berlokasi di Desa Kanigoto, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di lokasi pantai ngrenehan juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang menjadi temapt jual beli hasil tangkapan laut nelayan.

Adanya tempat pelelangan ikan menjadi nilai tambah karena wisatawan dapat membeli ikan-ikan segat secara langsung, bahkan memesan dalam kondisi matang dengan harga yang terjangkau.

Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Untuk menuju lokasi pantai, kita dapat mengikuti informasi atau petunjuk arah perjalanan berikut ini. Rute perjalanan menuju pantai nelayan ngrenehan saat ini cukup mudah, berbeda dengan beberapa tahun lain dimana kondisi jalan yang masih banyak kerusakan dan belum diperbaiki.

pantai ngrenehan jogja liburmulu.com

Kita dapat berangkat dari kota Jogja kemudian menuju ke daerah Piyungan, Kabupaten Bantul. Setelah itu, kita dapat meneruskan perjalanan menuju daerah Pathuk dan ke Sambipitu.

Selang beberapa saat, kita akan menemukan lapangan terbang bertuliskan Gading dan teruskan hingga menemukan simpang tiga. Setelah itu ambil arah menuju daerah Playen kemudian ke pasar Trowono.

Setelah tiba di Trowono, kita lanjutkan perjalanan ke Desa Kanigoro. Sesampainya disana kita akan bertemu dengan penjaga kawasan obyek wisata untuk membeli tiket masuk pantai ngrenehan dan pantai-pantai sekitarnya.

Jalur menuju pantai nelayan ini dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga kita tak perlu khawatir terhambat karena akses jalan yang cukup bagus dan memadai.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan pantai ngrenehan kita hanya ditarik tarif yang cukup murah, yakni hanya Rp 5.000 per orang. Sedangkan biaya parkirnya adalah Rp 3.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, bus sedang Rp 15.000 dan bus besar Rp 20.000.

Aktivitas Wisata

Meski tidak se-populer kawasan pantai di Yogyakarta lain, seperti parangtritis, parangkusumo, nglambor dan sebagainya. Namun keindahan alam pantai ngrenehan yang hanya sepanjang 100 m tidak kalah menakjubkan.

bermain di pantai expeditionnusantara.com

Berikut ini adalah obyek wisata dan kegiatan yang dapat kita lakukan di pantai nelayan Yogyakarta ini, yaitu:

1. Spot Foto

Banyak spot foto menarik ketika kita berwisata ke pantai ngrenehan. Pemandangan alam berupa pantai berpasir putih dan bukit-bukit kapur menjadi latar belakang yang menarik untuk mengabadikan berbagai momen indah di kawasan ini. Tak jarang lokasi pantai juga dijadikan obyek foto prewedding bagi pasangan yang akan melakukan pernikahan.

2. Keindahan Teluk

Keadaan alam pantai ngrenehan sebenarnya merupakan teluk yang dikeliling perbukitan dan karang-karang. Keindahan pantai akan semakin nampak jika kita melihatnya dari atas bukit atau mengabadikannya dalam foto ada video menggunakan drone.

3. Bukit Karang

Terdapat sebuah bukit di kawasan pantai ngerenehan yang sangat menarik. Tebing ini dipenuhi oleh cangkang dan kerang yang telah menjadi fosil. Dari atas bukit ini kita dapat menikmati bentuk teluk pantai yang sangat indah.

4. Berenang di Pantai

Bentuk pantai yang berada di kawasan teluk membuatnya tidak begitu memiliki ombak yang ganas, kondisi ini menyebabkan perairan pantai relatif aman untuk digunakan berenang bagi orang dewasa maupun anak-anak.

5. Wisata Budaya

Jika kita datang di waktu yang tepat, kita akan melihat upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat asli sekitar. Upacara yang menganut kebudayaan Jawa merupakan salah satu kearifan nusantara yang wajib terus dilestarikan. Untuk dapat melihatnya, maka datanglah ketika bulan purnama atau hari raya nyepi.

6. Wisata Kuliner

Obyek wisata ngrenehan adalah pantai sekaligus tempat kampung nelayan menjual hasil tangkapan lautnya. Selain kita dapat membeli ikan-ikan segar dari nelayan secara langsung, kita juga dapat memesan hidangan siap saji berupa ikan goreng dan sambal hijau.

Terdapat pula menu-menu lain seperti kakap, kerapu, cumi, udang dan kepiting yang sangat nikmat disantap seusai lelah beraktivitas di kawasan pantai.

Obyek Wisata Dekat Pantai Ngrenehan

Sekali mendayung dua pulau terlampaui ketika kita berwisata ke pantai nelayan ini. Hanya berjarak 2 km di sebelah barat kita dapat berkunjung ke pantai ngobaran dan pantai nguyahan.

Pantai ngobaran adalah pantai yang terkenal karena adanya patung-patung dewa dan bangunan pura. Lokasi ini merupakan tempat ibadah yang dibangun pada tahun 2003 untuk memperingati datangnya Brawijaya V, keturunan raja Majapahit di Ngobaran.

Sedangkan pantai nguyahan adalah pantai indah dengan hamparan pasir putih di Desa Kanigoro. Pantai ini terletak di sebelah barat pantai ngobaran, tepatnya dibelakang bukit sekitar pantai.