Pantai Ngurtafur – Berjalan Membelah Laut Maluku Tenggara

Pernah membayangkan berjalan-jalan ditengah lautan? Tapi jika dipikir dengan logika, pasti tak akan bisa ya! Tunggu dulu, ternyata di Maluku ada salah satu obyek wisata alam yang memberikan sensasi lain daripada yang lain, yaitu di Pantai Ngurtafur!

Pantai ini tepatnya berada dalam kawasan Kepulauan Kei, Maluku Tenggara dan dikatakan seperti surga tersembunyi. Bagaimana tidak? Disini kita bisa berjalan-jalan sepanjang 2 km menuju ke tengah lautan. Sisi kanan dan kiri perjalanan akan ditemani dengan pemandangan jernihnya biru air laut. Jadi saat menelurusi langkah demi langkah di pasir selebar 7 meter, langkah kaki kita seakan membelah lautan.

Tidak hanya lurus, bentuknya meliuk-liuk yang jika diamati dari atas dengan drone akan membentuk alur seperti ular raksasa putih ditengah samudera biru nan jernih.

Pantai Ngurtafur backpackerjakarta.com

Selain berjalan-jalan di pasir putihnya yang lembut, liburan di Pantai Ngurtafur juga memberi kesempatan untuk bertemu beberapa jenis ikan dan terumbu karang berwarna-warni melalui kegiatan snorkeling. Selain itu, satwa langka yang bisa kita temui disini adalah Penyu Belimbing.

Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) adalah hewan yang dilindungi. Salah satu wujud perlindungan tersebut adalah adanya lokasi penangkaran yang dikelola oleh WWFN atau World Wide Fund for Nature.

Tak hanya itu, burung dari negara seberang juga kadang singgah ke tempat ini. Jika beruntung kita bisa melihat ribuan burung Pelikan dari Australia. Burung-burung ini melakukan imigrasi dari Papua Nugini dan Australia menuju kawasan Wallacea melalui Maluku, Sulawesi, Lombok, NTB dan NTT.

sixtenindo.com

Saat hendak menuju ke Pantai Ngurtafur sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri ya, karena ditempat ini kita tidak akan menemukan warung sama sekali. Bahkan kita tidak akan menemukan satupun pohon disini. Kemudian bila ingin menginap, maka bisa menyewa penginapan di kawasan wisata Pantai Ngurbloat.

Pantai ini bisa dikunjungi dari kota Ambon menuju Bandara Karel Sadsuitubun di kota Langgur. Selanjutnya menuju Pelabuhan Debut dan diteruskan ke Pantai Ngurtafur menaiki kapal motor dengan biaya sewa tertentu.