Pantai Nihiwatu – Liburan Mahal di Pantai Terbaik Asia

Pernahkah berkunjung ke Pantai Nihiwatu? atau mungkin malah belum pernah mendengar namanya?

Sangat disayangkan, sebab pantai yang terletak di Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini merupakan salah satu pantai yang masuk dalam jajaran 100 pantai terbaik di dunia.

Bahkan Pantai Nihiwatu menempati posisi 17 dari 100 pantai terbaik di dunia dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang menjadi pantai terbaik di Asia. Keindahan pantai ini juga berhasil mengalakan Habalei Bay di Hawaii!

Pantai ini berada sekitar 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Meski termasuk 100 pantai terbaik dunia, namun suasana sepi dan damai yang akan kita temukan di obyek wisata alam ini.

resort pantai nihiwatu superadventure.co.id

Untuk menuju lokasi Pantai Nihiwatu diperlukan perjalanan dan waktu yang cukup lama. Namun pengorbanan itu akan sebanding dengan pemandangan alam yang disuguhkan.

Pesona pantai ini sangat memikat, meliputi pasir putih yang bersih dan perairan yang jernih. Selain itu suasana asri khas pantai yang membuat kita betah berlama-lama disini.

Pengelolaan pantai ini diserahkan kepada Resort Nihiwatu, yakni resort bertaraf internasional sehingga tidak semua orang bisa masuk ke kawasan pariwasata. Jadi sepinya pantai ini bukan berarti tidak diminati oleh wisatawan, melainkan harus memesan dulu ke Resort Nihiwatu karena liburan disini adalah liburan private dengan penjagaan ketat.

jadiberita.com

Kita bisa memesan beberapa kamar di villa yang tersedia. Villa-villa ini dibangun menghadap ke laut, serta terdapat bungalow dengan 3 kamar di atas bukit lengkap dengan kolam renang pribadi. Luasnya Samudera Hindia akan menjadi halaman penginapan. Selain itu, terdapat pula restoran yang dibangun terbuka menghadap pantai yang indah.

Bangunan-bangunan di Pantai Nihiwatu mengusung konsep desain tradisional dan modern. Gabungan kedunya menghasilkan arsitektur menarik sekaligus memperkenalkan budaya Sumba yang eksotis. Bahkan resort ini berhasil menjadi juara ke-2 sebagai hotel terbaik di Indonesia pada tahun 2012.

Pantai ini memiliki ombak yang ganas. Akan tetapi keganasan tersebut justru menarik para peselancar kelas dunia untuk menakhlukannya. Bahkan ombak Pantai Nihiwatu memperoleh julukan sebagai Left God Waves.

resort nihiwatu betantt.com

Terdapat aturan khusus bagi peselancar disini, yaitu tidak diperbolehkannya mereka berselancar lebih dari 10 orang secara bersamaan agar keselamatan dan keamanan tetap terjaga. Oleh karena itu, para peselancar harus antri menunggu giliran menikmati belaian ombak Samudera Hindia.

Selain menjadi surga peselancar, di pantai ini kita bisa mencoba kegiatan lain, seperti snorkeling, scuba divinf, memancing, bersepeda sepanjang 2,5 km, trekking ke air terjun, serta menaiki perahu menuju teluk Pantai Konda Maloba.